Friday, October 7, 2016

Soal Pendidikan Kewarganegaraan

PAI 1.C
  1. Bagaimana relevansi pendidikan kewarganegaraan dalam konteks kehidupan bangsa dan Negara Indonesia saat ini?
  2. Berikan penjelasan tentang Globalisasi, apakah ada korelasi secara langsung antara globalisasi dengan pelemahan identitas atau jati diri bangsa Indonesia?
  3. Jelaskan reformasi tahun 1998 telah membawa perubahan terhadap struktur ketatanegaraan dan sistem pemerintahan Indonesia?
  4. Bagaimana pelaksanaan demokrasi di Indonesia, apa permasalahannya serta bagaimana upaya yang dapat dilakukan untuk pemecahan masalah tersebut?
  5. Bagaimana cara manajemen konflik yang terjadi dalam kehidupan masyarakat, baik konflik lingkungan kota sampai pada konflik beda agama dan sesama agama?



PAI 1.H
  1. Jelaskan pentingnya pendidikan HAM bagi warga Negara Indonesia, untuk mewujudkan Indonesia yang baru?
  2. Bagaimana cara mencegah disintegrasi bangsa?
  3. Indonesia merupakan salah satu Negara yang berdasarkan atas hukum. Bagaimana pelaksanaan hukum di Indonesia?
  4. Beberapa jaminan hak asasi manusia diberikan adalah hak untuk memilih agama sesuai dengan keyainannya, selain itu diberikan hak untuk membentuk sebuah keluarga yang sah baik secara hukum maupun secara agama. Bagaimana pelaksanaan pernikahan beda agama di Indonesia?
  5. Jelaskan prinsip-prinsip dan nilai-nilai demokrasi? Berikan contoh realisasi dalam kehidupan sehari-hari?


PAI 1.I
  1. Mengapa konstitusi mencakup juga peraturan yang tidak tertulis? Bagaimana dengan Indonesia? serta berikan contohnya?
  2. Masyarakat di Indonesia sangat menjunjung nilai-nilai demokrasi. Jelaskan hubungan antara masyarakat madani dengan demokrasi?
  3. Kemajuan tekhnologi dan pengetahuan manusia semakin berkembang. Salah satunya memberikan dampak terhadap bentuk identitas nasional. Jelaskan apa saja yang dapat melunturkan identitas nasional bangsa serta bagaimana pemecahannya?
  4. Salah satu fungsi dari sebuah konstitusi adalah pembatasan atas kekuasaan Pemerintah dalam suatu Negara. Jelaskan cakupan batasan tersebut?
  5. Permasalahan yang sering menimbulkan keresahana bagi sebagaian besar masyarakat adalah adanya terorisme. Bagaimana solusi permasalahan terorisme di Indonesia?


146 comments:

Unknown said...

3)kalau menurut saya pelaksanaan hukum di indonesia itu masih kurang atau masih memprihatinkan,karena hukuman yang diberikan tidak sesuai dengan apa yang dilakukan orang tersebut .contohnya saja maling ayam, maling ayam tersebut bisa dihukum lebih dari satu tahun. sedangkan orang-orang besar yang melakukan korupsi hukumannya bisa lebih sedikit dari maling ayam tersebut.

4)menurut pendapat saya pelaksanaan pernikahan beda agama di indonesia itu tidak di perbolehkan dan tidak di setujui oleh pemerintah dan agama.Dan hukum di indonesia juga melarang pernikahan yang berbeda, juga menurut agama pelaksanaan pernikahan beda agama di indonesia itu haram. (PAI IH /17201163034)

Unknown said...

ALI MA'RUF
17201163463
PAI 1 H

3. Pelaksanaan hukum di Indonesia masih sangat buruk dan jauh dari UUD 1945. Hukum di Indonesia tumpul ke atas dan tajam kebawah, bahkan hukum di Indonesia bisa diperjual belikan. Banyak para pejabat-pejabat yang korupsi milyaran rupiah tapi tidak ada hukuman atau hukumannya ringan sedangkan rakyat kecil yang mencuri sandal, 3 butir kakao di penjara selama beberapa tahun/bulan, itu bukti hukum di Indonesia masih sangat buruk

2.- membangun dan menghidupkan terus komitmen, kesadaran dan
kehendak untuk bersatu.
- menanamkan nilai-nilai Pancasila, jiwa sebangsa dan setanah air
dan rasa persaudaraan, agar tercipta kekuatan dan kebersamaan di
kalangan rakyat Indonesia.
- selain itu juga harus ada kesadaran dari setiap individu untuk saling terus bersatu dan menghindari perpecahan
- perlu adanya penanaman jiwa persatuan dalam setiap bangsa
- pembangunan yang merata agar tidak ada suatu daerah yang merasa dianak duakan

Unknown said...

4. pembatasan yang bisa dilakukan adalah pembatasan terhadap 3 pemerintahan kekuasaan negara. misalnya pemerintahan legislatif hanya menangani masalah yang berkaitan dengan pembentukan undang-undang, pemerintahan eksekutif hanya menjalankan undang-undang yang telah dibuat oleh pemerintahan legislatif, dan untuk pemerintahan yudikatif hanya bertugas untuk mengawasi pelaksanaan undang-undang.sehingga dengan adanya pembatasan kekuasaan tersebut tidak menjadikan presiden dan wakil presiden saja yang mengurus negara.

3. yang dapat melunturkan identitas nasional bangsa salah satunya adalah masuknya kebudayaan asing yang tidak disertai dengan adanya penyaringan terlebih dahulu, sehingga mengakibatkan para remaja saat ini lebih menyukai hal-hal yang berkaitan dengan budaya asing daripada budaya negeri sendiri. menurut pendapat saya seharusnya ketika ada budaya luar yang masuk ke indonesia kita harus menyaringnya terlebih dahulu, antara yang sesuai dengan kebudayaan kita dengan yang tidak sesuai. selain itu kita bisa mengadakan pagelaran berbagai seni indonesia dalam suatu acara untuk menumbuhkembangkan kesadaran para masyarakat bahwa kita bangsa indonesia memiliki budaya yang jauh luar biasa daripada budaya asing tersebut. (1b/17201163156)

Unknown said...

Jawaban nomer 2).
2.Menurut saya yaitu,dengan mengajarkan nilai pancasila yang ada.Dengan mengajarkan pancasila tersebut,jiwa nasionalisme bisa tertanam erat dalam pribadi bangsa.Selain itu,dalam pancasila terdapat sila - sila yang mempunyai makna masing - masing.Dengan melihat nilai yang ada di pancasila,bangsa indonesia dapat melakukan suatu hal dengan melihat patokan (dasar) yang ada pada pancasila.Jadi suatu bangsa dapat berhati - hati dalam melakukan suatu tugas negara,dan tidak dapat mengakibatkan disintegrasi bangsa.

Jawaban nomer 3).
3.Menurut saya yaitu,hukum yang ada di indonesia belum berjalan dengan baik (kurang tegas).Karena hukum yang ada ,tidak digunakan sesuai penempatannya.Bahkan banyak oknum - oknum yang menyalahgunakan hukum tersebut.


NAMA : SIFA' RAIS FATKHURROHMAT
NIM : 17201163027
KELAS : PAI 1-H

Rinai Salsabila said...

1. Pendidikan HAM sangat penting untuk diajarkan kepada masyarakat Indonesia. Sebab dengan mengetahuinya, seseorang bisa lebih menghargai hak orang lain, dan dia juga bisa melakukan kewajibannya sebagai makhluk sosial. Jika semua orang sadar akan hak asasinya sendiri dan hak asasi orang lain, maka diharapkan tidak akan ada lagi pelanggaran ataupun pengabaian kewajiban yang harus dilakukan seseorang. Maka dengan begitu, Indonesia baru yang lebih baik akan terwujud.
4. Menurut saya, pernikahan beda agama di Indonesia memang tidak bisa dicatat sah. Karena saya pernah tahu sebuah pasal yang menyebutkan bahwa pernikahan akan dianggap sah apabila agama juga menganggap sah. Misalnya saja dalam Islam, sebuah pernikahan yang dua pengantinnya berbeda agama tidak akan dianggap sah karena Allah melarangnya. Maka, jika agama tidak menganggap pernikahan beda agama itu sah, negara Indonesia juga tidak dapat mengesahkan pernikahan tersebut, sesuai dengan undang-undang yang ada.
(PAI 1H/17201163194)

Unknown said...

3. Hukum di indonesia sepenuhnya belum berjalan dengan adil, seolah olah tajam ke bawah dan tumpul ke atas, orang yang kaya raya bisa membeli hukum dan meringankan hukuman dengan se enak2nya.
4. Pernikahan beda agama di indonesia tidak di akui oleh pemerintah di karnakan agama juga tidak memperbolehkan pernikahan beda agama tersebut.
Kelas. PAI 1H
Nim. 17201163415
Nama. Muhammad yusuf setiawan

Unknown said...

no.3
Pelaksanaan hukum di indonesia masih kurang baik atau masih memprihatinkan, mulai dari keadilan hukum dan ketegasan hukum tersebut. Contohnya para pelaku korupsi yang dihukum ringan atau tidak sesuai dengan pelanggaran yang dilakukan. Sedangkan masyarakat kecil yang mencuri kakao dihukum lebih dari hukuman perilaku korupsi.
no.4
Tidak diperbolehkan, karena dalam agama sendiri pernikahan beda agama itu tidak diperbolehkan atau diharamkan dan dalam hukum negarapun tidak diperbolehkan.
INDAH PUTRI RAHAYU
PAI 1H
17201163320

Rinai Salsabila said...

1.pendidikan HAM bagi warga negara penting karena untuk mengetahui nilai-nilai HAM, memahami arti kebebasan, kehormatan, perlindungan tanpa pandang bulu, juga untuk mengetahui cara menghargai hak-hak orang lain.
3. Pelaksanaan hukum di Indonesia menurut saya belum baik, karena banyak penegak hukum masih banyak yang pandang bulu, misal: suap menyuap, sewenang-wenang dengan kekuasaannya, menindas orang yang lemah, dan hukum bisa dibeli dengan uang.
(PAI 1-H/17201163020)

JAMAL said...

1. Jelaskan pentingnya pendidikan HAM bagi warga Negara Indonesia, untuk mewujudkan Indonesia yang baru?
Pada dasarnya pendidikan HAM bagi waraga Negara Indonesia sangat penting mengingat HAM adalah hak yang dimiliki seseorang sejak lahir. Akan tetapi di Indonesia pelaksanaan HAM masih sangat jauh dari kata sempurna dengan alasan itu perlu adanya pendidikan HAM di Indonesia agar merubah pola pikir rakyat Indonesia tentang Ham yang jika di Indonesia HAM masih di salah gunakan, seperti hal yang sepele contoh kasus guru mencubit murid,murid menuntut guru dengan alasan HAM ini kan bukan sesuatu yang pas. maka dari itu perlu diadakan pendidikan HAm yang lebih mulai di tingkat dasar sampai jenjang pendidikan lanjut atau perguruan tinggi dalam hal ini kita mambangun generasi mudanya yang akan menjadi penerus bengsa,jika Rakyat yang sudah menjadi orang-orang yang berpengaruh maka perlu adanya sangsi tegas dan tidak pandang bulu terhadap pelanggar HAM,namun juga harus tahu apakah hal tersebut cocok atau tidak,jadi harus tahu hal tersebut benar-benar melanggar HAM atau tidak,jika polapikir dan pengetahuan tentang HAM kurang maka akan menjadikan rakyat salah kaprah mengartikan tentang HAM. DAn akan membuat kesalahan dalam penerapannya. JAdi pendidikan HAM berlaku unntuk semua orang bahkan bagi para aparat penegak hukum,bahkan lembaga yang menangani tentang HAM atau KOMNASHAM

2. Bagaimana cara mencegah disintegrasi bangsa?
sebenarnya disintegrasi bangsa terjadi karena banyak faktor bisa dari faktor ekonomi,politik, dan sosial .
Dari faktor ekonomi di Indonesia kebanyakan kebanyakan rakyat Indonesia adalah pada taraf menegah kebawah dan beberapa lainnya menengah ke atas. di Indonesia sekarang terjadi kesenjangan ekonomi yang berakibat pada semakin banyaknya tingkat pengangguran,kejahatan dan lain sebagainya faktor ini yang akan membuat kesenjangan sosial yang membuat mulai bertambahnya faktor permasalahan lain pada bangsa.
faktor politik juga berpengaruh terhadap disintegrasi bangsa ini terjadi karena jika politik di indonesia mengalami kemunduran seperti pada pemerintah yang tidak memperhatikan rakyat akan membuat rakyat tidak percaya lagi dengan pemerintahannya. halini juga akan memancing pelanggaran-pelanggran hukum di negara tersebut dan permasalahan lainnya.
faktor sosial ini adalah akibat akhir dari permasalahan di ekonomi dan politik di Indonesia terdapat banyak ras, suku,dan agama. jika diantara rakyat terjadi permasalahn ekonomi yang membuat semakin meningkatnya angka pengangguran akan terjadi kesenjangan sosial yang mengakibatkan semakin banyak tingkat kejahatan dan rakyat akan mulai meninggalkan nilai-nilai luhur bangsa yakni rasa saling percaya,eratnya persatuan juga akan hilang antara rakyat indonesia. dan hal ini yang terjadi di Indonesia saat ini rasa nasionalisme mulai pudar generasiu muda sudah tidak cinta dengan budaya indonesia masyarakat hilang rasa persatuannya, antar ras, suku, dan agam terjadi konflik dan masih banyak lagi permasalahannya yang terjadi.
salah satu cara mengtatasi disintegrasi bangasa adalah dengan mulai menuntaskan permasalahan di tiga poin tersebut, karena tiga poin tersebut adalah beberapa akar permasalahan di Indonesia. pemerintah harus mendengar keluh kesah rakyat mulai membenahi pemerintahan atau politik dan juga tentang perekonomian bangsa. generasi muda harus mendapat pendidikan atau perlu di bangunnya rasa nasiaonalisme dan cinta tanah air pada generasi muda. mulai ditanamkan kembali di masyarakat sikap-sikap luhur bangsa,nenek moyang kita. kita junjung budaya kita dan juga mengingat prinsip kebhinekaan kita. jadi untuk mencegah disintegrasi bangsa merupakan tanggung jawab seluruh Rakyat Indonesia
JAMALLUDIN
PAI 1H/17201163464

Unknown said...

2. Bangsa indonesia harus memiliki ketahanan politik yang rangguh, untuk itu di perlukan adanya konsep dan implemensi secara terpadu, meliputi aspek inteliien, pertahanan dan kemampuan, hujum, politik, ekonomi dan juga sosio budaya. Adapun dengan cara lain yaitu dengan memegang teguh pancasila sebagai dasar negara

4. Tidak boleh. Karena menurut agama diharamkan, dan di dalam hujum indonesia juga tidak menyetujui atau di akui oleh pemerintah

NAMA : AULA ALFI AFIYAH
NIM : 17201163207
KELAS : PAI 1-H

Unknown said...

no.3
pelaksanaan hukum di Indonesia begitu memprihatinkan. bisa dilihat hukum di Indonesia bisa dijual belikan seenaknya. contohnya pada kasus Gayus yang bisa jalan-jalan ke Bali, padahal Gayus tersebut dalam penjara, sedangkan pada orang yang mencuri kayu dihukum lebih berat. pada intinya ketajaman dari hukum dari hukum di Indonesia sangat tumpul dan belum ada ketegasan tentang hukum di Indonesia.(SUKMA INDAH LESTARI-17201163260-PAI-1 H)
4. menurut saya, pernikahan beda agama jelas tidak boleh. karena didalam agama sendiri diharamkan dan begitu juga hukum di Indonesia juga tidak menyutujui adanya pernikahan beda agama.

Unknown said...

jawaban no2.
pengertian disentegrasi bangsa sendiri itu artinya hilangnya sebuah rasa persatuan yang terjadi disuatu bangsa yang mengakibatkan perpecahan di bangsa itu.
menurut saya untuk pencegahannya sendiri adalah :
-hukum di indonesia itu harus lebih di tegaskan lagi, agar tidak ada lagi yang berani melanggarnya.
-kita harus mempunyai sikap toleransi dan lebih menghargai antara suku,ras,agama, dan golongan, karena meskipun kita berbeda-beda adat dan istiadat tetapi tetap sama dalam pandangan negara.
-sikap adil harus dijunjung tinggi, artinya tidak ada perbedaan dalam kalangan orang bawah maupun orang atas.
- hukum di indonesia harus sejajar atau sama dengan pancasila,dan kita tidak harus mementingkan golongan maupun pribadi.

No4 .pernikahan beda agama itu sendiri menurut agama tidak diperbolehkan atau diharamkan. dan sedangkan menurut hukum indonesia juga tidak menyetujui pernikahan beda agama dan tidak diakui oleh negara, kecuali salah satu pesangan berpindah agama.
(PAI 1-H/ 17201163059)
NAMA: DWI RIYANTI SHOLIKAH

Unknown said...

3. Hukum di indonesia sepenuhnya belum berjalan dengan adil, seolah olah tajam ke bawah dan tumpul ke atas, orang yang kaya raya bisa membeli hukum dan meringankan hukuman dengan se enak2nya.
4. Pernikahan beda agama di indonesia tidak di akui oleh pemerintah di karnakan agama juga tidak memperbolehkan pernikahan beda agama tersebut.
Kelas. PAI 1H
Nim. 17201163415
Nama. Muhammad yusuf setiawan

Unknown said...

Nama :muhammad ali mansyur
Kelas: PAI 1 H
NIM : 17201163093

1. Pendidikan HAM di indonesia sangatlah penting, mengingat banyak dan maraknya pelangara-pelangaran hak asasi manusia yang ada di indonesia ini, jadi melalui pendidikan HAM masyarakat bisa lebih memahami akan penyimpangan-penyimpangan yang ia lakukan dan masyarakat akan lebih menghargai hak hak setiap manusia sehingga terbentuklah indonesia yang baru akan toleransi toleransi hak asasi manusia antar sesama masyarakat.

3. Kasus hukum yang ada di indonesia belum berjalan sesuai dengan kaidah dan aturan aturan hukum yang semestinya atau bisa dikatakan masih memprihatinkan, karena masih banyak penyimpangan- penyimpangan yang dilakukan oleh pihak hukum. Sebagai contohnya ialah orang yang memiliki uang banyak mereka bisa mengurangi masa tahananya sedangkan orang miskin mereka hanya bisa diam akan keputusan-keputusan hakim tanpa bisa berbuat apa-apa akan pidana yang dijatuhkan kepadanya. Jadi bisa dikatakan hukum yang ada di indonesia ini bisa dituntaskan dengan uang atau masih bisa dibeli dan juga bisa di suap

Unknown said...

3.pelaksanaan hukum di indonesia belum berjalan dengan baik,masih banyak penegak hukum yang bertindak sewenang wenang dengan kekuasaanya. Hukuman yang di berikan pada yang bersalah terkadang tidak sesuai. Selain itu di indonesia juga berlaku sistem hukum adat istiadat dan sistem hukum agama yang mengikat masyarakat. Penegak hukum indonesia yang masih terbilang lemah dan tegas dapat kita lihat dari kasus lalu lintas dan persidangan yang sering kita lihat di tv.
4. Undang undang perkawinan yang tertuang dalam uu no 1 th 1974 dalam uu tersebut dijelaskan bahwa pernikahan dianggap sah jika dilakukan sesuai dengan hukum yang berlaku di setiap agama dan kepercayaan. Dalam uu pernikahan ini negara tidak mengenal pernikahan beda agama. Pada dasarnya di dalam hukum di indonesia pernikahan beda agama ini tidak memikiki peraturan resmi,oleh sebab itu ada kekosongan hukum. Pemerintah menyerahkan tata cara pernikahan sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing.
Nama:Amalia Munadziroh
NIM :17201163003
Kelas: PAI 1-H

Ahshon_Kamal said...

AHSHON KAMAL ZAINUL ADHA
17201163402
PAI 1 H

Unknown said...

1. Pendidikan HAM memang sangat penting bagi warga negara Indonesia untuk mewujudkan Indonesia yang baru karena setiap individu yang telah menerima pendidikan HAM sejak dini sesuai dengan kebutuhan dan perkembangannya akan lebih mudah memahami, mengerti, serta memaknai akan hak-hak pribadi dan hak-hak orang lain. Tentunya mereka yang belajar pendidikan HAM akan bersifat toleran dan menghargai sesama. Mereka juga akan lebih bersifat terbuka dalam menyelesaikan masalah maupun dalam pengambilan keputusan. Oleh karena itu mereka yang mendapat pendidikan HAM akan menjunjung tinggi hak-hak orang lain serta menghargai persatuan demi membangun Indonesia baru yang lebih baik.
3. Menurut saya pelaksanaan hukum di Indonesia masih belum adil. Melihat realita yang terjadi saat ini jelas-jelas terlihat bahwa hukum di negara kita ini masih tumpul ke atas dan runcing ke bawah dimana para koruptor yang menggelapkan ratusan juta uang negara hanya dihukum penjara dalam jangka waktu pendek dan fasilas penjara yang mewah sedangkan nenek yang mencuri 2 batang pohon di vonis penjara satu tahun.
Pai 1-h cholifatun annisa' 17201163166

Unknown said...

2. cara mencegah disintegrasi bangsa adalah mengubah diri sendiri kemudian baru merubah orang lain.
a. menanamkan pendidikan agama, pendidikan kewarganegaraan dan pendidikan pancasila kepada semua orang
b. patuhilah semua uturan yang ada di suatu negara
c. menghilangkan sifat yang buruk seperti egois, kikir, selalu mementingkan diri sendiri, selalu mempunyai sifat tidak puas akan yang didapatkan
d. bersikap adil, membela yang benar
e. saling menghargai antar suku, ras dan agama (toleransi)
f. tidak menjadi orang yang individualis (selalu bersosialisasi dengan orang lain)
g. saling gotong royong (bantu membantu)
h. tidak berperilaku konsumtif
i. moral yang baik
3. menurut saya, hukum di indonesia itu sudah baik dapat di liat dari UUD, namun belum terlaksanakan dengan maksimal karena masih banyak penegak hukum yang bertindak sewenang-wenang dengan kekuasaannya dan lebih mementingkan uang. contohnya seorang A yang melakukan korupsi lalu dipenjara, dia cuma mendapat hukuman 5 tahun dan sel nya berbeda dengan sel penjara lain (mendapat keistimewahan sendiri/ sel mewah), sedangkan seorang B yang kesalahannya hanya mengambil buah pepaya tanpa izin, ia mendapat hukuman yang lebih berat dari pada seorang koruptor yang telah memakan uang rakyat yang bukan haknya.
(1-H/ 17201163351)

Ahshon_Kamal said...

AHSHON KAMAL ZAINUL ADHA
17201163402
PAI 1 H

2.-. Menanamkan nilai-nilai Pancasila, jiwa sebangsa dan setanah air dan rasa persaudaraan, agar tercipta kekuatan dan kebersamaan di kalangan rakyat Indonesia.
- Menghilangkan atau membersihkan kegiatan kegiatan diluar rancangan pemerintah, agar tidak terjadi KKN.
- Kesadaran individu terhadap nilai dan norma pancasila
-Menyebarkan wawasan ataupun memahamkan tentang isi dari keseluruhan butir butir pancasila agar ideologi bangsa semakin kuat.
- membentuk satuan sukarela yang terdiri dari unsur masyarakat, TNI,POLRI.

4. Menurut saya, bahwa pernikahan berbeda agama itu tergantung peraturan agamanya masing masing. Jika ke 2 agama itu memperbolehkan pernikahan berbeda agama maka itu boleh, akan tetapi menurut sepengetahuan saya di dalam ajaran agama islam itu tidak memperbolehkan pernikahan berbeda agama.
Kesimpulannya bahwa pernikahan berbeda agama itu dapat dilaksanakan apabila dari ke 2 agama tersebut memperbolehkan pernikahan berbeda agama.

Unknown said...

ELITA DHIAZ PRAMUDITA
17201163259
PAI 1 H
2. Pemerintah harus bersikap adil terhadap masyarakat. Masyarakat harus menjaga kesatuan dan persatuan antar suku, ras, dan agama dan meningkatkan rasa nasionalisme.
3. menurut saya hukum di Indonesia belum sepunuhnya belum berjalan dengan baik. Karena hukuman yang diberikan kepada rakyat kecil dan para pejabat sangatlah berbeda hukum di Indonesia bisa dibeli dengan uang. Aparat penegak hukum di Indonesia sangatlah lemah menangani masalah yang berasal dari para pejabat negara.

Rinai Salsabila said...

1. Pendidikan HAM di Indonesia menurut saya sangat penting, karena dengan adanya pendiddikan HAM di Indonesia seseorang bisa lebih mengetahui adanya hak asasi manusia. Jika seseorang mengetahuinya maka lebih bisa menghargai orang lain, tidak semena-mena, memahami nilai-nilai HAM, sehingga bisa mewujudkan Indonesia baru.
3. Menurut saya, hukum di Indonesia belum sesuai. Karena, di Indonesia hukumnya masih belum adil. Seperti penegak hukum dan pemerintah masih bisa disuap, orang yang miskin hukumannya lebih berat, sedangkan orang yang kaya jika menyuap maka diringankan hukumannya. Sebaiknya hukum di Indonesia harus lebih adil pada semua orang, kaya ataupun miskin.
(PAI 1-H/17201163414)

Unknown said...

3. Menurut saya, pelaksanaan sistem hukum diindonesia masih belum berjalan dengan lancar dan belum ada reformasi hukum diindonesia. Karena banyak penegak hukum yang bertindak sewenang-wenang dengan kekuasaannya, kebanyakan hukum diindonesia itu selalu memenangkan yang mempunyai kekeasaan dan memiliki uang yang banyak pasti akan aman dari hukuman hukum walaupun dia koropsi bermiliyaran dan melanggar aturan hukum.sedangkan org yang biasa atau sederhana melakukan kesalahan dan ketahuan melanggar hukum walaupun kesalahan tersebut kecil lansung dikenai hukuman berlapis-lapis untuk dijebloskan kepenjara.
4.bukti perkawianan ini wajib dicatat kepihak yang berwenang jika agama islam mencatan pernikahan itu ke petugas KUA. Pada dasarnya didalam hukum indonesia yang membahas persoalan pernikahan beda agam ini tidak memiliki peraturan yang resmi, oleh sebab itu ada kekosongan hukum dan pemerintah menegakan tata cara pernikahan sesuai agama dan kepercayaan masing -masing
Nama: iftina dwi nurul huda
Nim: 17201163273

Unknown said...

1. Pendidikan HAM memang sangat penting bagi warga negara Indonesia untuk mewujudkan Indonesia yang baru karena setiap individu yang telah menerima pendidikan HAM sejak dini sesuai dengan kebutuhan dan perkembangannya akan lebih mudah memahami, mengerti, serta memaknai akan hak-hak pribadi dan hak-hak orang lain. Tentunya mereka yang belajar pendidikan HAM akan bersifat toleran dan menghargai sesama. Mereka juga akan lebih bersifat terbuka dalam menyelesaikan masalah maupun dalam pengambilan keputusan. Oleh karena itu mereka yang mendapat pendidikan HAM akan menjunjung tinggi hak-hak orang lain serta menghargai persatuan demi membangun Indonesia baru yang lebih baik.
3. Menurut saya pelaksanaan hukum di Indonesia masih belum adil. Melihat realita yang terjadi saat ini jelas-jelas terlihat bahwa hukum di negara kita ini masih tumpul ke atas dan runcing ke bawah dimana para koruptor yang menggelapkan ratusan juta uang negara hanya dihukum penjara dalam jangka waktu pendek dan fasilas penjara yang mewah sedangkan nenek yang mencuri 2 batang pohon di vonis penjara satu tahun.
Pai 1-h cholifatun annisa' 17201163166

Unknown said...

2. Menurut saya,yang pertama kita harus, menanamkan nilai-nilai pancasila,menjunjung tinggi nilai rasa persaudaraan, agar terciptanya kekuatan dan kebersamaan rakyat indonesia. Yang kedua,membangun dan menghidupkan terus komitmen,kesadaran, dan kehendak utk bersatu. Yang ketiga, kita harus menumpas setiap gerakan separatis (orang/golongan yg menghendaki pemisahan diri dr suatu persatuan) secara tegas dan tidak kenal kompromi/tegas.

3. Menurut saya, hukum di Indonesia masih belum sepenuhnya berjalan dengan adil, karena hukum yang ada di Indonesia masih bisa dibeli. Misalnya orang yang kaya raya bisa membeli/meringankan hukum dengan seenaknya sendiri berbeda dengan orang yang tidak kaya/kurang mampu mereka selalu ditindas,diberlakukan secara tidak adil dan selalu diabaikan (tidak digubris).

NAMA : MUSTOFA
NIM : 17201163062
KELAS : PAI 1-H

Unknown said...

Jawaban nomer 3
Pelaksanaan demokrasi di Indonesia mengalami pasang surut dengan sejarah ketatanegaraan Indonesia. Tetapi saat ini demokrasi di Indonesia kurang tegas dan sangat tidak adil, antara demokrasi untuk para petinggi atau pejabat negara dengan orang-orang ekonomi rendah. Demokrasi DiIndonesia seakan-akan dapat di beli dengan uang dan kekuasaan, misalnya saja jika para pejabat korupsi hukumannya tidak sesuai dengan apa yang diperbuat dan hubungannya sangat ringan karena bisa disogok dengan uang. Tetapi sedangkann orang ekonomi rendah hanya melakukan kesalahan sedikit saja hukumannya sangat berat karena tidak bisa membelinya dengan uang. Dapat disimpulkan bahwa demokrasi di Indonesia dapat dibeli dengan uang dan tidak adil.
Jawaban nomor 2
cara yang dilakukan antara lain, pertama menanamkan nilai-nilai pancasila dalam diri sendiri;menghilangkan kesempatan untuk berkembangnya primodialisme sempit pada setiap kebijaksanaan dan kegiatan agar tidak terjadi KKN; menghilangkan atau menghapus gerakan separatis; membentuk satuan sukarela seperti masyarakat, TNI, dan POLRI; melarang dengan melengkapi dasar dan aturan hukum setiap usaha untuk menggunakan kekuatan massa
(PAI I-H/ WIDI ASTUTIK/17201163055)

Unknown said...

Jawaban nomer 2 : Menurut saya yang 1) dalam mengenai nilai yang menjunjung tinggi demokrasi adalah membentuk satuan sukarelawan untuk mendirikan unsur masyarakat,TNI,dan polri dalam memerangi sparatis
2)Menanamkan nila-nilai pancasila,sosial,dan jiwa tanah air dan rasa solidaritas sesama yang membuat terciptanya kekuatan,kebersamaan,dan kekompakan bagi rakyat indonesia
3)menghilangkan kesempatan untuk berkembangnya primodialisme sempit pada setiap kebijaksanaan didalam kegiatan

Jawaban nomer 3 : menurut saya hukum di indonesia tidak peemanen soalnya hukumnya itu terkadang tajam kebawah tumpul ke atas.dan orang yang kaya pun kadang bisa membeli hukum dengan cara meringankan beban kesalahan atau hukuman dengan uang.maka dari itu hukum di indonesia masih belum berjalan dengan sepenuhnya bahkan bisa di katakan belum seperti apa yang di landaskan oleh pancasila.
Nama: ANDRA FAJAR SETYA
NIM :17201163467
Kelas :PAI 1 H

Unknown said...

Nama :SHAHRUL RAMADHAN
NIM :17201163309
Kelas:PAI 1 H

2. Untuk mencegah disintegrasi yang ada di INDONESIA kita sebagai mahasiswa bisa menjadi pelopor perubahan untuk menjadi lebih baik. Jadi kita bisa menanamkan toleransi antar sesama dan lebih mementingkan kepentingan umum khususnya untuk bangsa ini daripada kepentingan pribadi. Dan juga meningkatkan ketahanan dan persatuan seluruh rakyat.

3. Belum terlaksana dengan adil, dikarenakan masih ada pelanggaran-pelanggaran yang terjadi di INDONESIA.
Contoh :Kasus hukum di INDONESIA masih bisa di tuntaskan dengan uang.

Unknown said...

nama:putri nur janah
nim :17201163145
klas:Pai I h

2.cara mencegah disintegrasi bangsa
A.membangun dan menghidupkan terus komitmen kesadaran dan kehendak untuk bersatu
b. membangun pranata yg berakarkan nilai dan moral yg menyuburkan persatuan kesatuan bangsa
c.merumuskan kebiijakan dan regulasi yg konkret
d.upaya bersama dan pembinaan integrasi nasional memerlukan pemimpin yg arif dan bijaksana serta efektif
e.menciptakan kondisi dan membiasakan diri untuk selalu membangunconsesus


3. hukum di indonesia ini sangat tidak adil ,yg mempunyai uang banyak pasti aman dari gangguan hukum walau aturan negara di langgar , orang biasa yg melanggar tindakan pencurian kecil langsung di jebloskan di penjara , pejabat negara yg melakukan korupsi uang milyran milik negara dapat berkeliaran bebas . jadi , hukum di indonesia masih kurang baik , karena hukum di berikan kpd yg bersalah terkadang tidak sesuai selain itu bnyak pemerintah yg menyalah gunakan kekuasaannya dn bertindak sewenang.

Unknown said...

NIM:17201163200
KELAS:PAI 1H
NAMA:FIFI YUNI KUSUMAWATI

1. pentingnya pendidikan HAM di indonesia adalah untuk menanamkan kesadaran diri akan pentingnya hak asasi di indonesia agar dapat menghargai serta menghormati hak-hak dan kewajiban sesama warga negara agar terciptanya indonesia yang baru yang aman dan tentram.

3. indonesia termasuk negara hukum tetapi pelaksaan hukum diindonesia masih belum berjalam sesuai dengan apa yang diinginkan .masih banyak terjadinya pelanggaran-pelanggaran hukum yang dilakukan warga serta dewan-dewan serta aparat-aparat pemerintah dan mereka pun tidak jera karena mereka sudah bisa mengatasi hukum yang ditujukan kepada mereka.bahkan dengan uang. hkum diindonesia masih kalah dengan UANG .hukum bisa dibeli.

Unknown said...

amroini nurina
PAI 1 H
17200163097

Jawaban no. 2
Diperlukan suatu upaya pembinaan yg efektif dan berhasil diperlukan tatanan perangkat dan kebijakan yg tepat guna memperkokoh intregasi nasonal antara lain :
A. Membangun dan menghidupkan komitmen dan kesadaran untuk bersatu
B. Menciptakan kondisi dan membiasakan untuk selalu membangun konsensus
C. Merumuskan kebijakan dan pembangunan bangsa yg menxerminkan keadilan bagi semua pihak dan wilayah
Jawaban no 3 :
Menurut saya pelaksanaan sistem hukum di indonesia tergolong masih kurang baik. Karena hukuman yang diberikan pada yg bersalah terkadang tidak sama. Dan pemerintah menyalahgunakan kekuasaannya bertindak sewenang wenang

Unknown said...

Nama: mohamad nurudin
Kelas : pai 1h
Nim:17201163016

1. Ham dinegara kita sangatlah penting apalagi negara indnesia menganut negara hukum jadi fungsi HAM tersendiri untuk pedoman bagi masyarakat di indonesia. Jadi masyarakat bisa paham akan penyimpangan yang ia lakukan dan masyarakat lebih menghargai hak hak setiap manusia. Sehinhha terbentuk indonesia yang baru akan toleransi HAM antar bersama.

2. -Membangun terus komitmen dan kehendak untuk bersatu
-menanamkan nilai-nilai pancasila
-meningkatkan ketahanan dan persatuan seluruh rakyat

Unknown said...

Amroini nurina
PAI 1 H
17201163097

Unknown said...


NAMA: IFTINA DWI NURUL HUDA
NIM: 17201163273
KELAS: PAI 1H

Anonymous said...

Nama : Ulfa Russyana Alim
NIM : 17201163188
Jurusan/Kelas : PAI/1-H

1. Untuk mewujudkan Indonesia yang baru sangat diperlukan adanya pendidikan HAM bagi warga negara Indonesia. Karena pendidikan HAM mengajarkan tentang pentingnya HAM dan upaya untuk mewujudkan sikap serta perilaku yang sesuai dengan nilai-nilai HAM. Sebab HAM harus dilindungi, dihormati dan ditegakkan oleh pemerintah, negara, hukum, dan setiap warga negara Indonesia. Oleh karena itu pendidikan HAM harus dipelajari dan diamalkan untuk menegakkan HAM yang bersifat abadi dan universal. Sehingga setiap orang dapat memiliki haknya untuk menegakkan kehormatan dan martabat manusia.

2. Untuk mencegah disintegrasi bangsa maka dibutuhkan usaha yang serius dari seluruh bangsa. Untuk mencegah disintegrasi bangsa dapat dilaksanakan cara seperti berikut ini :
1. Menanamkan rasa cinta sebangsa dan setanah air sehingga timbul kesadaran pada setiap individu akan pentingnya kesatuan dan keutuhan bangsa
2. Mengamalkan nilai-nilai Pancasila dan melaksanakan UUD 1945

JAMAL said...

2.Bagaimana cara mencegah disintegrasi bangsa?
Menurut saya, mencegah disintegrasi bangsa bisa dengan cara yaitu:
a. Menanamkan nilai-nilai Pancasila, jiwa sebangsa dan setanah air dan rasa persaudaraan, agar tercipta kekuatan dan kebersamaan dikalangan rakyat Indonesia.
b. Menghilangkan kesempatan untuk berkembangnya perasaan kesukuan yang berlebihan pada setiap kebijakan dan kegiatan, agar tidak terjadi KKN.
c. Menumpas setiap gerakan separatis secara tegas (Membentuk satuan sukarela yang terdiri dari masyarakat, TNI dan polri dalam memerangi separatis).
5. Jelaskan prinsip-prinsip dan nilai-nilai demokrasi? Berikan contoh realisasi dalam kehidupan sehari-hari?
Prinsip-prinsip demokrasi secara umum:
a. Adanya jaminan hak asasi manusia, merupakan hak dasar yang melekat dari sejak lahir merupakan anugerah Tuhan Yang Maha Esa untuk tidak boleh dirampas oleh siapapun termasuk bagi negaranya.
b. Persamaan kedudukan di depan hukum.
c. Adanya pengakuan hak politik, seperti berkumpul, beroposisi, berserikat dan mengeluarkan pendapat.
d. Pemerintah berdasar konstitusi, agar tidak adanya penyalahgunaan kekuasaan.
e. Terdapat saran atau kritik rakyat mengenai kinerja pemerintah dengan media massa atau wakil rakyat sebagai tempat penyalur aspirasi.
f. Pemilihan umum bebas,jujur dan adil.
Realisasi demokrasi dalam kehidupan sehar-hari, misalnya: Ikut dalam pemilihan umum, kebebasan pers, kebebasan dalam berpendapat, mengedepankan musyawarah mufakat dalam penyelesain berbagai masalah.
Nama: Ricca Ari Kusuma
NIM: 17201163437
Kelas: PAI 1H

Unknown said...

NAMA YULITA FATMA DEVI
PAI 1 H 17201163015
OCTOBER 13,2016 AT 2:53PM
NO 2 MENINGKATKAN KETAHANA DAN PERSATUAN INDONESIA
menanamkan nilai daripada pancasila
no 1 pentingnya ham di indonesia agar kita menghargai setia keputusan dari setiap manusia agar kita tidak terpecah belah karena kita tidak saling menghargai atau menghormati has asasi manusia

Unknown said...

Amroini nurina
PAI 1 H
17201163097

Unknown said...

Nama : irma rizqi fadhilah
NIM : 17201163424
Kelas : pai 1 H
1. penting ,adanya pendidikan HAM untuk mencgah terjadinya pelanggaran hak asasi manusia, Untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang arti penting keberadaan HAM.
3. pelaksanaan hukum di Indonesia masih tergolong memiliki kelemahan yang di latarbelakangi oleh sanksi hukum. Secara keseluruhan bentuk sanksi yang diterima oleh pelaku kejahatan yang merugikan banyak orang sering tidak sebanding dengan kejahatan yang tergolong kecil. Meskipun kecil maupun besar kejahatan tersebut tetap saja hal tersebut dapat di katakan sebagai kejahatan yang harus di tegakan keadilannya.Karena di indonesia hkum dapat di perjual belikan pada pihak yang mempunyai kekuasaan.

misbakk said...

nama;muhammad misbakhul munir
nim;17201163405
kelas;pai-1h

1.agar semua warga di indonesia mengetahui bahwa mereka semua memiliki hak dan kewajiban masing masing sebagai warga indonesia,dan agar mereka semua warga indonesia mengetahui bahwa sebagai warga indonesia hak perlidungan yang sama,sebagai manusia mereka mempunyai harga diri harkat dan martabat kemanusiaan yang tidak bisa di buat atau di rubah orang lain,untuk mewujutkan indonesia yang baru kalau menurut saya pribadi seharusnya di indonesia lebih di tegaskan lagi hukuman hukuman buat orang orang yang melangar HAM karna sekarang ini HAM di indonesia banyak di salah gunakan oleh orang orang yang memiliki harta atau wawasan lebih misal kaya guru sekolah yang mencubit siswanya itu sudah di kira sebagai pelangaran HAM padahal semua itukan media pembelajaran buat siswa yang nakal. sebaiknya sebelum membuat indonesia yang baru kita tata dulu kita pahami dulu apa sebenarnya HAM itu kita mulai dari lingkungan keluarga selanjutnya ke yang lebih tinggi dari antar keluarga masyarakat baru ke yang umum menyangkup keseluruan negara.

3.untuk saat ini pelaksanaan hukum di indonesia berjalan sangat buruk karna siapa yang punya uang pasti dia berkuasa seperti kongkalikongnya orang yang mempunyai kekuasaan.dari masyarakat sediri seharusnya jangan menyalahkan pemerintah dikalau hukum tidak bisa di tegakkan, kita mulai dari diri kita sendiri saja kalo kita bisa menaati hukum dan menerima hukuman kalo kita melangarnya jangan saling menyalahkan orang lain dan mengangap selalu benar kalo tidak di mulai dari diri sendiri atau kita sebagai masyarakat bagai mana bisa berjalan hukum di indonesia walaupun pemerintah tegas akan hukum kalo masyarakat nya menyeleweng tetap gag bisa berjalan kan ? mungkin segitu aja komentar saya maav telat sulit log in emailnya ..... maav kan yaa .... ????

Unknown said...

Nama:Anshorudin Zulkarnain
Nim:17201163449
Jurusan/Kelas:PAI/1-H
Matkul:pendidikan kewarganegaraan

Nomer (2):karena itu untuk mencegah ancaman disintegrasi bangsa harus diciptakan keadaan stabilitas keamanan yg mantap dan dinamis dalam rangka mendukung integrasi dan menegakkan hukum yg berlaku
Nomer (3):penegakan hukum di indonesia belum di jalankan secara adil kebanyakan hukum di indonesia menang mempunyai kekuasaan yg mempunyai banyak uang pasti aman dari hukum sebaliknya kalau orang kecil ketahuan mencuri langsung di masukkan kedalam penjara

Unknown said...

Nama: Ahmad Ilham Zuhri
Nim :17201163382
Kelas ;PAI 1 H

1. Pendidikan HAM itu bukan penting tapi sangat penting. KArena HAm itu sudah ada sejak lahir dan itu menyangkut martabat manusia. karena diindonesia banyak bahkan setiap hari selalu ada pelanggaran ham dari yang sedang sampai yang berat. Pendidikan harus Diterapkan sejak dini agar pelaku pelanggaran tidak menjadi marak dan terus menerus berkelanjutan hingga generasi lanjut.

4. perkawinan beda agama diindonesia . jika menurut UU Perkawinan pasal 2 ayat 1 itu sah ketika masing masing agama tersebut membolehkannya. tapi UU Perkawinan pasal 8 huruf f itu dilarang.
menurut saya sendiri. hukum menikah berbeda agama itu tidak sah karena menyepelekan agama .kenapa harus memilih berbeda agama kalau sesama agama saja masih banyak . kecuali kalau terjadi kecelakaan diantara mereka yang berbeda agama salah satu dari mereka harus memilih agamanya, biar sama sama memeluk agama yang sama.

Unknown said...

nama;muhamad mustakim
nim;17201163452
kelas;pai h

2.dengan cara menerapkan dan memahami isi dari panca sila di kehidupan masyarakat,dengan cara memberikan hukuman yang tegas kepada orang yang melanggar bagi pelaku pelangaran,memangfaatkan apa yang sudah ada,men
lakukan pencegahan sebelum terjadi desitegrasi upaya mengatasi bangsa perlu mengetahui terlebih dahulu karakter dan proses terjadinya secara komperehesip serta dapat menentukan faktor faktor yang mengetahui pada tahap selanjutnya

4.menurut negara itu sah, kalo di agama islam tidak sah pernikahan antara dua keagamaan yang berbeda tapi kenapa sekarang kok banyak pernikahan yang berbeda agama ya karna sekarang mulai dengan cara nikahannya,sekarang banyak nikah masal, kawin lari ,nikah siri ,dll ya mungkin nikah di indonesia di salah gunakan oleh oknum oknum tersebut

Unknown said...

Nama : Muhamad Sholehudin k
Kelas : Pai 1 H
Nim : 17201163447

2. Dengan cara, pertama, menanamkan rasa kesatuan, persatuan, jiwa nasionalisme kebangsaan, terutama penanaman nilai pancasila. sehingga tercipta rasa kebersamaan antar suku dan bangsa di Indoesia. kedua, menindak tegas orang orang/kelompok yang menjadi penyebab masalah disintegrasi tersebut, dg melalui penegakkan hukum yang berlaku di Indonesia. Memupuk rasa kekeluargaan dan toleransi antar suku bangsa sehingga tercipta rasa aman nyaman dalam kebersmaan yang damai.
3. Menurut saya, pelaksanaan hukum di Indonesia masih jauh dari harapan yang tertuang dalam pancasila maupun UUD 1945. dalam prosos penegakannya masih terbilang sangat kacau alias jika tak ada pemulusnya maka peluang keadilan sangatlah sulit. Penegak hukum di indonesia menilai semua itu karena Uang, mereka kurang tegas dalam bertindak. Kebanyakan hanya memihak kepada orang yang kaya, dan melemahkan orang yang miskin. sehinga kalangan bawah hanya menjadi semut yang seringkali terinjak atas penindasan kaum atas. contoh sederhananya, Dalam kasus korupsi, yang dilakukan kalangan intelektual dan pejabat. dengan stimulus yang mereka miliki yaitu uang, mereka sanggup membeli hukum yang sudah di tetapkan sehingga yang sebenarnya mereka di penjara selam puluha tahun, merak bisa memperpendeknya menjadi beberapa tahun bahkan beberapa bulan padahal berapa milyar yang ia curi. Namun hal ini sangat berlawanan sengan orang yang dari kalanganbawah, ketika ia mencuri ayam, sandal. mereka dapat dihukum penjara hingga 5 tahun.

Unknown said...

Nama : abdul ally sa'id
Nim. : 17201163219
Kelas: pai I-H

1. Pendidikan HAM sangatlah penting bagi masyarakat dengan diadakannya pendidikan HAM akan membuat warga indonesia mengerti tentang batasan batasan dalam berprilaku dalam masyarakat sehingga bisa mewujutkan indonesia baru
2. Dengan membangun akidah masyarakat. Dengan mengadakan kerja bakti sehingga mempererat masyarakat sehingga terhindarnya perpecahan. Dengan mengadakan rutinan seperti yasinan arisan dan sebagainya. hal hal tersebut akan mempererat masyarakat sehingga mencegah disintegrasi bangsa

Unknown said...

Nama:MUSLIMATUL MILADIAH
NIM:17201163037
Kelas:PAI 1H

5. Demokrasi mempunyai prinsip dan nilai-nilai. Prinsip dan nilai-nilai tersebut saling berhubungan antara satu dan lain. contohnya pemilu, kita sebagai warga negara mempunyai hak untuk memilih dengan kata hati mereka yang pantas untuk di jadikan seorang pemimpin. Di dalam pemilu di butuhkan partisipasi masyarakat. dan partisipasi tersebut termasuk dalam nilai-niai demokrasi. Realita yang ada di kehidupan sehari-hari contohnya pemilihan ketua kelas.

3.Pelaksanaan hukum di Indonesia menurut saya belum begitu sempurna. Pelaksanaan Hukum di Indonesia masih tergolong lemah karena kurangnya disiplin dari semua masyarakat maupun pejabat sendiri. Contohnya pejabat bisa membuat peraturan di larang korupsi ternyata mereka berkorupsi, hukumannya pun tak sebanding dengan kejahatannya tersebut. Pelaksanaan Hukum di Indonesia bisa di perjualbelikan contohnya hukuman bisa disuap dengan uang.

Unknown said...

Nama : Yoga Eka Pratama
NIM : 17201163386
Kelas : PAI 1-H

1. Pendidikan HAM bagi warga Negara Indonesia guna mewujudkan Indonesia yang baru sangat lah penting, karena pendidikan HAM penting untuk memberikan pelajaran dan pemahaman dalam pelaksanaan HAM di kehidupan. Sebab jika setiap orang melaksanakan HAM tanpa adanya batasan yang mereka mengerti, ini akan menimbulkan konflik dan perpecahan karena bertinak semaunya sendiri. Apalagi dalam perwujudan untuk Indonesia baru, Pendidikan HAM sangat lah diperlukan agar setiap warga negara Indonesia mampu bersikap baik dalam melaksanakan haknya, mampu menyeimbangkan antara hak dan kewajibanya. Dan menghormati hak serta kewajiban orang lain, sehingga bisa menjadi seorang WNI yang baik


2. Cara mencegah disintegrasi bangsa adalah sebagai berikut :
• Membangun dan menghidupkan terus komitmen , kesadaran dan kehendak untuk bersatu
• Menciptakan kondisi dan membiasakan diri untuk selalu membangun consensus
• Membangun kelembagaan (pranata) yang berakarkan nilai dan norma yang menyuburkan persatuan dan kesatuan bangsa
• Merumuskan kebijakan dan regulasi yang konkret, tegas dan tepat dalam aspek kehidupan dan membangun bangsa yang mencerminkan keadilan bagi semua pihak dan semua wilayah
• Upaya bersama dan pembinaan integrasi nasional memerlukan kepemimpinan yang arif, bijaksana serta efektif.


3. Menurut pendapat saya, memang benar Indonesia sendiri merupakan salah satu negara yang berdasarkan atas hukum, dimana setiap peristiwa / hal itu semua telah diatur didalam hukum. Tetap dalam pelaksanaannya sendiri, dirasa masih meliliki banyak kekurangan dan perlu adanya pembenaah. Hukum yang berlaku di Indonesia saat ini dapat dibaratkan sebuah pisau. Pisau yang sejatinya tumpul keatas tetapi lancip kebawah. Dimana seolah hukum / peraturan itu hanya lebih condong ke kakalangan bawah (Kaum Miskin), dimana jika mereka melakukan kesalahan sekecil apapun masih mendapatkan hukuman yang dirasa melebihi / tidak setara dengan tingkat kesalahan yang diterima.
Berbeda dengan kalangan (Golongan Kaya) yang seolah-olah hukum itu dapat dibelinya dengan kekayaan. Bahkan korupsi, kolusi dan nepotisme (KKN) yang seringkali dilakukan oleh para pejabat kalangan atas kurang mendapat respon yang kuat atas hukuman yang seharunya mereka dapatkan. Contoh lainya : Suap yang dilakukan pengendara ketika ditilang polisi karena kedapatan menyalahi aturan, dan masih banyak lagi ..

4. Terkait dengan pemasalahan pernikahan beda agama, disini saya memiliki dua pendapat yaitu pendapat saya sebagai Kaum Muslim dan yang kedua memposisikan secara umum.
Dalam hal secara umum, saya berpendapat bahwasannya permasalahan beda agama dalam pernikahan, sah sah saja . karena ini merupakan kebebasan setiap individu manusia dalam menentukan masa depanya. Tidak ada unsur paksaan dan sesuai dengan hati nuraninya. Toh mereka sendiri yang akan mengarungi bahtera rumah tangga yang sejatinya menginginkan kebahagia.



5. Prinsip-prinsip dan nilai Demokrasi, yaitu :
Prinsip :
• Adanya Jaminan HAM
• Persamaan kedudukan didepan hukum
• Pengakuan terhadap hak-hak politik
• Adanya pengawasan / kontrol rakyat kepada pemerintah
• Pemerintahan berdasar konstitusi agar pemerintah tidak menyalahgunakan kekuasaannya secara sewenang-wenang
• Adanya saran dan kritik rakyat terhadap kinerja pemerintah melalui media massa
• Pemilu yang berasaskan bebas jujur dan adil
• Adanya kedaulatan rakyat

Nilai :
• Kebebasan berpartisipasi
• Kesetaraan antarwarga
• Kesetaraan gender
• Kedaulatan rakyat
• Rasa percaya
Contoh realisasinya dalam kehidupan:
Salah satunya diterapkan dalam sistem pemilihan umum ( pemilu ) ada Pemilihan kepala daerah (pilkada), dimana rakyat ikut berpatisipasi dam menyalurkan aspirasinya. Salah satu bentuknya ialah dengan menggunakan hak suaranya waktu pencoblosan / pemilihan calon di TPS sewaktu diadakanya pemilu. Mereka mempunyai kebebasan dalam menentukan siapa calon yang sekiranya pas / tepat menurut hati nurani mereka. Karena sesua dengan prinsip / asas pemilu yakni LUBeR dan JurDil



Nabella Putri Alwin said...

2.a. Menanamkan nilai-nilai Pancasila, jiwa sebangsa dan setanah air dan rasa persaudaraan, agar tercipta kekuatan dan kebersamaan di kalangan rakyat Indonesia.
b. Menghilangkan kesempatan untuk berkembangnya primodialisme sempit pada setiap kebijaksanaan dan kegiatan masyarakat.
c. Meningkatkan ketahanan rakyat dalam menghadapi usaha-usaha pemecahbelahan dari anasir luar dan kaki tangannya.

3. Pelaksanaan sistem hukum di indonesia belum berjalan dengan baik, dimana banyak penegak hukum yang bertindak sewenang wenang dengan kekuasaannya. Bahkan orang yang punya uang meskipun dia salah dia bisa membeli hukum di indonesia

Unknown said...

4. pembatasan yang bisa dilakukan adalah pembatasan terhadap 3 pemerintahan kekuasaan negara. misalnya pemerintahan legislatif hanya menangani masalah yang berkaitan dengan pembentukan undang-undang, pemerintahan eksekutif hanya menjalankan undang-undang yang telah dibuat oleh pemerintahan legislatif, dan untuk pemerintahan yudikatif hanya bertugas untuk mengawasi pelaksanaan undang-undang.sehingga dengan adanya pembatasan kekuasaan tersebut tidak menjadikan presiden dan wakil presiden saja yang mengurus negara.

3. yang dapat melunturkan identitas nasional bangsa salah satunya adalah masuknya kebudayaan asing yang tidak disertai dengan adanya penyaringan terlebih dahulu, sehingga mengakibatkan para remaja saat ini lebih menyukai hal-hal yang berkaitan dengan budaya asing daripada budaya negeri sendiri. menurut pendapat saya seharusnya ketika ada budaya luar yang masuk ke indonesia kita harus menyaringnya terlebih dahulu, antara yang sesuai dengan kebudayaan kita dengan yang tidak sesuai. selain itu kita bisa mengadakan pagelaran berbagai seni indonesia dalam suatu acara untuk menumbuhkembangkan kesadaran para masyarakat bahwa kita bangsa indonesia memiliki budaya yang jauh luar biasa daripada budaya asing tersebut.

NOVA AGUSTINA
PAI 1-I
17201163156

Unknown said...

Name:M kholis bagus hidayaturrohman
Kls :PAI .1.i
Nim : 17201163206

2. Masyarakat madani merupakan elemen yang signifikan dalam membangun demokrasi. Salah satu syarat penting bagi demokrasi adalah terciptanya partisipasi masyarakat dalam proses-proses pengambilan keputusan yang dilakukan oleh negara atau pemerintahan. Demokrasi dapat dianggap sebagai hasil dinamika masyarakat yang menghendaki adanya partisipasi. Hanya dalam masyarakat madani yang kuatlah demokrasi dapat ditegakkan dengan baik dan hanya dalam suasana demokratislah masyarakat madani dapat berkembang secara wajar. Masyarakat madani merupakan tempat tumbuhnya demokrasi.

5.menuru saya cara untuk mengatasi terorisme adalah memperkuat pertahanan militer dan melakukan gerakan bawah tanah untuk menghancurkan terorisme,melakukan edukasi kepada para pemuda untuk lebih mencintai negara indonesia ,menekankan pendidikan pancasila sejak dini kepada generasi muda,

pacipnuippnupule said...

Nama: marisa khoirila
Kelas: PAI 1-i
NIM:17201163241
Soal no.3
1) sudah tidak lg mementingkan Fundamental bangsa/hal2 mendasar bangsa seperti : Falsafah Bangsa, Dasar Negara, dan ldeologi Negara.
2) sudah tidak menghormati lagi Instrumental negara yang berisi : Tata Perundangan, Bahasa, Lambang Negara, Bendera Negara, Lagu Kebangsaan.
3) Dan tidak menjaga dan merawat struktur Alamiah bangsa dan kebudayaan yang meliputi : wilayah Negara dan pluralisme dalam suku, bahasa, budaya, serta agama dan kepercayaan (agama).
Pemecahannya dengan penanaman pendidikan yang benar,Mengembangkan Nasionalisme,pelestarian budaya,dan bela negara.

Soal no.5
Saat ini pemerintah menempatkan sisi pencegahan sebagai garda terdepan dalam kebijakan penanggulangan terorisme di Indonesia melalui pendekatan halus (soft approach). Kebijakan pencegahan diarahkan pada penangkalan paham radikal terorisme agar tidak menular dan mempengaruhi masyarakat. Tujuan dari pencegahan ini adalah meningkatkan daya tahan masyarakat dari pengaruh paham radikal terorisme dengan cara pelibatan peran serta seluruh komponen masyarakat dalam pencegahan terorisme.

Unknown said...

Nama : Ahmad Saliq Faqihan
Nim : 17201163387
Kelas : PAI 1-i
2. Hubungan antara masyarakat madani dengan demokrasi . Keduanya bersifat ko-eksistensi atau saling mendukung. Hanya dalam masyarakat madani yang kuatlah demokrasi dapat ditegakkan dengan baik dan hanya dalam suasana demokratislah masyarakat madani dapat berkembang secara wajar. Masyarakat madani merupakan tempat tumbuhnya demokrasi. Pemilu merupakan simbol bagi pelaksanaan demokrasi. Masyarakat madani merupakan elemen yang signifikan dalam membangun demokrasi. Salah satu syarat penting bagi demokrasi adalah terciptanya partisipasi masyarakat dalam proses-proses pengambilan keputusan yang dilakukan oleh negara atau pemerintahan. Masyarakat madani mensyaratkan adanya civic magement yaitu keterlibatan warganegara dalam asosiasi-asosiasi sosial. Civic magement ini memungkinkan tumbuhnya sikap terbuka, percaya, dan toleran antara satu dengan lainnya. Masyarakat madani dan demokrasi merupakan dua kata kunci yang tidak dapat dipisahkan. Demokrasi dapat dianggap sebagai hasil dinamika masyarakat yang menghendaki adanya partisipasi.
5. Untuk memerangi tindakan terorisme pemerintah perlu memikirkan pendekatan yang tidak legalis represif terhadap terorisme salah satunya antara lain memikirkan kemungkinan rekonsialisasi dan terbukanya komunikasi intensif antara pemerintah-masyarakat dan unsur-unsur di dalam masyarakat itu sendiri baik melalui pendekatan Agama maupun Budaya. Karma Patut disadari bahwa terorisme merupakan rangkaian tindakan yang kompleks, maka pada dasarnya penanganan tindak pidana terorisme tidak akan memadai jika hanya mengandalakan undang-undang saja. Tampa di dukung oleh kinerja aparat penegak hukum yang professional dalam menegakan peraturan yg ada dan perlu dilakukanya Revisi UU anti terorisme yang harus di sesuai dengan kerangka hukum yang harus mengatur aspek-aspek yang berkaitan dengan pengawasan perbatasan, keamanan transportasi, bea cukai, keimigrasian, money loundring, basis rekruitmen dan pelatihan ( milisi atau pelatihan militer illegal), keuangan, bahan peledak, bahan kimia dan persenjataan serta perlindungan terhadap masyarakat sipil. Serta mewajibkan setiap prosedur dan tindakan hukum dilakukan secara nondiskriminatif , melindungi dan menghormati HAM.

Unknown said...

Nama : Muhamad sugeng Khaisa
Kelas: PAI 1-i
NIM : 17201163036
1. Karena konstitusi tersebut membatasi dan mengatur tentang hukum dasar suatu negara dan hukum dasar suatu negara itu terdiri dari peraturan yang tertulis berupa Undang-Undang dan peraturan yang tidak tertulis yaitu aturan penyelenggaraan negara yang terlaksana terus menerus dan berkesinambungan walaupun tidak ada peraturan tertulis yang mengaturnya atau biasa disebut dengan konvensi.
-Indonesia menganut konstitusi tertulis dan tidak tertulis. Indonesia menganut konstitusi tertulis yaitu yang ada dalam Undang-Undang Dasar dan sedangkan yang tidak tertulis adalah konvensi.
4. Konstitusi adalah pembatasan atas kekuasaan pemerintahan dalam suatu negara maksudnya agar penguasa tidak bertindak sewenang – wenang dalam memerintah suatu negara. Jika tanpa membatasi kekuasaan penguasa, maka konstitusi tidak akan berjalan dengan baik dan bisa saja kekuasaan penguasa akan merajalela dan bisa merugikan rakyat banyak.

Unknown said...
This comment has been removed by the author.
Unknown said...

Nama : Rina Miftakhul Janah
NIM : 17201163005
Kelas : PAI 1-I

jawaban soal no. 2
Indonesia merupakan salah satu negara yang ingin mewujudkan demokrasi, maka syarat terwujudnya demokrasi adalah terwujudnya masyarakat madani. Hal ini dikarenakan masyarakat madani adalah masyarakat yang beradab, masyarakat yang menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan, serta masyarakat yang maju dalam penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi. Hanya dalam masyarakat madani yang kuatlah demokrasi dapat ditegakkan dengan baik dan hanya dalam suasana demokratis masyarakat madani dapat berkembang secara wajar, karena antara masyarakat madani dan demokrasi saling berkesinambungan dan jika hal ini bisa berjalan dengan baik akan membangun suatu negara demokrasi yang kuat.

jawaban soal no. 3
Identitas Nasional merupakan Pandangan Hidup Bangsa, Kepribadian Bangsa, Kebudayaan Bangsa, Filsafat Pancasila dan juga sebagai Ideologi Negara. Banyak faktor penyebab lunturnya Identitas Nasional, misalnya karena kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi. Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi sebenarnya merupakan sebuah kemajuan peradaban. Di era kemajuan ini tentunya banyak media digital pergaulan antar bangsa yang semakin ketat. Batas antar negara hampir tidak ada artinya, batas wilayah tidak lagi menjadi penghalang. Pergaulan antar bangsa yang semakin kental ini menyebabkan banyak hal negatif penyebab lunturnya Identitas Nasional meskipun tidak dipungkiri era ini juga membawa dampak positif. Dengan demikian Identitas Nasional sangat perlu dijaga dan sangat penting untuk dipertahankan, bila perlu dikembangkan lagi beberapa bentuk identitas nasional yang baru yang tentunya bisa diterima oleh segenap warga bangsa dan tidak menyimpang dari dasar-dasar suatu negara guna memperkuat kesatuan bangsa dan tidak mudah digoyahkan dengan kultur budaya bangsa lain yang menyebabkan lunturnya jati diri bangsa Indonesia.

pacipnuippnupule said...

Nama: marisa khoirila
Kelas: PAI 1-i
NIM:17201163241
Soal no.3
1) sudah tidak lg mementingkan Fundamental bangsa/hal2 mendasar bangsa seperti : Falsafah Bangsa, Dasar Negara, dan ldeologi Negara.
2) sudah tidak menghormati lagi Instrumental negara yang berisi : Tata Perundangan, Bahasa, Lambang Negara, Bendera Negara, Lagu Kebangsaan.
3) Dan tidak menjaga dan merawat struktur Alamiah bangsa dan kebudayaan yang meliputi : wilayah Negara dan pluralisme dalam suku, bahasa, budaya, serta agama dan kepercayaan (agama).
Pemecahannya dengan penanaman pendidikan yang benar,Mengembangkan Nasionalisme,pelestarian budaya,dan bela negara.

Soal no.5
Saat ini pemerintah menempatkan sisi pencegahan sebagai garda terdepan dalam kebijakan penanggulangan terorisme di Indonesia melalui pendekatan halus (soft approach). Kebijakan pencegahan diarahkan pada penangkalan paham radikal terorisme agar tidak menular dan mempengaruhi masyarakat. Tujuan dari pencegahan ini adalah meningkatkan daya tahan masyarakat dari pengaruh paham radikal terorisme dengan cara pelibatan peran serta seluruh komponen masyarakat dalam pencegahan terorisme.

Unknown said...

Nama : M Misbahul Hasan/pai i/172011234
Soal no 4.
Di Negara-negara yang mendasarkan dirinya atas demokrasi konstitusional, Undang-Undang Dasar mempunyai fungsi yang khas, yaitu membatasi kekuasaan pemerintah sedemikian rupa sehingga penyelenggaraan kekuasaan tidak bersifat sewenang-wenang. Dengan demikian, diharapkan hak-hak warga negara akan lebih terlindungi. Gagasan ini dinamakan konstitusionalisme.
Hampir semua negara memiliki konstitusi. Dapat dikatakan konstitusi yang ada di negara-negara tersebut memiliki materi muatan atau menggambarkan keberadaan suatu pembagian dan pembatasan kekuasaan yang sudah dikenal yaitu kekuasaan membuat aturan/Undang-Undang (legislatif), kekuasaan melaksanakan aturan/Undang-Undang (eksekutif/administratif) dan kekuasaan peradilan (yudikatif).
Soal no 5.
Saat ini pemerintah menempatkan sisi pencegahan sebagai garda terdepan dalam kebijakan penanggulangan terorisme di Indonesia melalui pendekatan halus (soft approach). Kebijakan pencegahan diarahkan pada penangkalan paham radikal terorisme agar tidak menular dan mempengaruhi masyarakat. Tujuan dari pencegahan ini adalah meningkatkan daya tahan masyarakat dari pengaruh paham radikal terorisme dengan cara pelibatan peran serta seluruh komponen masyarakat dalam pencegahan terorisme.

pacipnuippnupule said...

Nama: Devian Marich Zakaria
Kelas: PAI 1-i
NIM: 17201163143

SOAL NO.3
A. Pengaruh globalisasi
Karena globalisasi negara lain dapat dngan mudah mengakses mengenai segala sesuatunya mengenai negara ini tnpa adanya penyaringan dan kebenaranya belum tentu benar. Globalisasi ini dapat mempengaruhi segalanya dengan cangkupan yg luas yaitu mendunia yg mnyebabkan perubahan-perubahan di segala aspek kehidupan
B. Tidak menjaga dan merawat struktur alamiah bangsa dan kebudayaan.
Banyak dari bangsa sendiri yang malah mengikuti kebudayaan dari luar negara mereka itu sendiri,dengan begitu bangsa mulai meremehkan kebudayaan sendiri dan tidak mau mengakui atau menjalankan kebudayaan yang dimiliki oleh negaranya..
C. Sudah tidak lagi menghormati Lagu kebangsaan, Lambang Negara,Bendera Negara dan Tata Perundangan.
Dengan begitu bangsa tidak akan menggrubis negaranya dan hidup dengan semena-mena.

SOAL NO.5
Yaitu dengan pendekatan halus kepada masyarakat-masyarakat dan pencegahan pada paham radikal terorisme agar tidak menular ke masyarakat-masyarakat lainya, dan meningkatkan daya tahan masyarakat dari pengaruh paham radikal terorisme, dengan pelibatan peran serta seluruh masyarakat dalam pencegahan terorisme.

Unknown said...
This comment has been removed by the author.
Unknown said...

Nama : Elsa fendi prasetyo
Nim : 17201163404
Kelas : PAI-1-I
3) Hal hal yang dapat melunturkan identitas nasional bangsa:
 a) Semakin menonjolnya sikap individualistis yaitu mengutamakan kepentingan pribadi diatas kepentingan umum, yang bersimpang dari azaz gotong royong.
e) Melemahkan dan menurunkan sensifitas, yaitu
b) Terjadi proses alkulturasi, saling meniru dan saling mempengaruhi antara budaya masing-masing.
c) Menyebabkan problem cultural yang kian parah.
d) Nilai barat yang tidak sesuai dengan budaya timur di adopsi mentah-mentah oleh para pemuda.
e) Melemahkan dan menurunkan sensifitas, yaitu menurunnya tingkat simpati dan empati seseorang terhadap dunia nyata, lebih memilih untuk memperhatikan sesuatu yang terjadi didunia maya (jejaring sosial).
Hal pemecah dari lunturnya identitas nasional bangsa yaitu:
a) Meningkatkan kerja sama bilateral dan internasional
b) Memperkuat nilai-nilai ideologi
c) Konflik dalam negeri jangan diintervensi oleh pihak asing.
5) cara mengatasi terorisme di indonesia:
a) Memperdalam pengetahuan mengenai keberagaman dan perdamaian.
b) perlu juga untuk meningkatkan pemahaman mengenai kehidupan berbangsa dan bernegara
c) Membentuk komunitas-komunitas kecil yang bertujuan untuk menjelaskan perdamaian dan indahnya keberagaman
d) membimbing anak muda untuk membuang pola berfikir yang radikal kepada hal-hal kenegaraan & agama.

Miftakhul Jannah Safitri said...

Nama : Miftahul Jannah Safitri
Kelas : PAI 1-i
NIM : 17201163339

2. Masyarakat Madani merupakan unsur penting dari pemerintahan demokrasi.karena sesuai dengan artinya yang berarti masyarakat yang beradab dan dapat memaknai hidupnya. masyarakat madani akan membantu pemerintah dalam melaksanakan sistem demokrasi.masyarakat madani membantu dalam menjaga stabilitas negara. peran masyarakat madani dalam demokrasi sangat penting.Bagi masyarakat madani,demokrasi tidak hanya dipegang oleh penguasa,akan tetapi demokrasi adalah bekerja sama dalam membangun negara,dan membangun kesejahteraan bagi masyarakat.hubungan antara demokrasi dan masyarakat madani yaitu sesuai dengan karaterisktik/ciri umum masyarakat madani yaitu menjunjung tinggi nilai-nilai demokrasi.sesuai dengan prinsip demokrasi yaitu dari rakyat,oleh rakyat, dan untuk rakyat masyarakat madani mewujudkan prinsip-prinsip demokrasi.Mereka ikut berpartisipasi untuk mewujudkan arti demokrasi yang sebenarnya.contohnya masyarakat madani mampu berlaku adil pada setiap orang dan menghargai pendapat orang. Kemudian masyarakat madani juga bertoleransi dalam hal agama,ras,suku, dll.masyarakat madani melindungi warga negara dari kekuasaan negara yang berlebihan.masyarakat madani juga membantu rakyat dalam menyalurkan aspirasinya kepada pemerintah.
3.yang dapat melunturkan identitas nasional salah satu contohnya yaitu globalisasi. globalisasi untuk zaman modern ini tidak dapat dihindari. sekat antar negara,benua,dan kota pun seakan tidak ada. kita dapat bebas berkomunikasi dengan siapapun baik dalam negeri maupun negeri. akan tetapi globalisasi akan mengakibatkan seseorang akan jarang bersosialisasi dengan orang disekitarnya dan bersikap individualis. contohnya seperti ketika kita chatting dengan teman di luar daerah pasti kita memegang gadget kemudian disebelah kita ada orang disebelah kita.kita mungkin akan fokus pada gadget kita tanpa memperdulikan orang disekitar kita. padahal orang Indonesia terkenal dengan keramahannya.
pemecahan atau solusi yang dapat dilakukan yaitu cobalah untuk mengurangi penggunaan gadget. gunakan gadget sesuai kebutuhan. kelola waktu antara chatting dengan teman jauh dan bersosialisasi dengan sekitar. karena menurut wacana yang pernah saya baca hidup akan lebih terasa bahagia tanpa gadget. Gadget memang penting dalam mengarungi globalisasi ini,akan tetapi hubungan antar tetangga secara langsung dengan berkomunikasi dengannya juga penting.

Unknown said...

Nama : anna syafitri laily
Kelas : pai 1i
Nim : 17201163004

2.Masyarakat madani, demokrasi, hak asasi manusia, dan rule of law, masing-masing mempunyai hubungan yang saling berkaitan dengan yang lainnya dan tidak dapat dipisahkan.
Masyarakat madani merupakan elemen yang signifikan dalam membangun demokrasi. Salah satu syarat penting bagi demokrasi adalah terciptanya partisipasi masyarakat dalam proses-proses pengambilan keputusan yang dilakukan oleh negara atau pemerintahan. Demokrasi dapat dianggap sebagai hasil dinamika masyarakat yang menghendaki adanya partisipasi. Hanya dalam masyarakat madani yang kuatlah demokrasi dapat ditegakkan dengan baik dan hanya dalam suasana demokratislah masyarakat madani dapat berkembang secara wajar. Masyarakat madani merupakan tempat tumbuhnya demokrasi. Dan demokrasi tersebut akan bisa terwujud kalau ada hak asasi manusia. Dalam pelaksanaan demokrasi terdapat nilai-nilai yang menjungjung tinggi tentang hak asasi manusia, karena dalam karakteristiknya masyarakat madani sangat menyadari akan hak-hak asasi manusia dalam menyuarakan pendapat dan mewujudkan kepentingan-kepentingannya. Seperti pemilu, sebuah pelaksanaan dari demokrasi yang di dalamnya sama dengan perwujudan hak asasi manusia untuk hak memilih dan dipilih.

1. ahwa tidak ada satupun konstitusi modern tertulis yang dapat menggambarkan norma hukum secara utuh. Disini, ia melihat konstitusi dari sudut pandang substansinya. Seperti halnya Hans Kelsen yang mengungkapkan adanya grund norm atau norma dasar sebagai norma pembentuk hukum, pada posisi yang sama Hans Nawiasky menyatakan adanya staatsfundamental norm, atau norma dasar negara. Keduanya berbeda pada segi bentuk dan substansi dasar tapi pada prinsipnya, posisi keduanya adalah letak dari konstitusi yang dimaknai sebagai norma hukum dasar.

Unknown said...

Nama : Karina Anum Musafi'
Kelas: PAI 1-I
Nim : 17201163289

2. Hubungan antara masyarakat madani dengan demorasi adalah sama-sama di dalam ketaatan menjalankan sebuah peraturan bedanya kalau masyarakat madani berdasarka peraturan dan ketaatan yang berdasar pada konsep ketuhanan,tetapi kalau demokrasi berlandas pada dasar pemikiran yang dibuat oleh dasar pemikiran manusia.bahkan masyarakat madani adalah tiang utama kehidupan politik yang demokratis,sebab masyarakat tidak saja melindungi warga negara dalam berhadapan dengan negara,tetapi juga merumuskan dan menyuarakan aspirasi masyarakat.

3. perkembangan tekhnologi dan pengetahuan manusia pada masa saat ini sangat berpengaruh pada identitas bangsa contohnya banyak generasi sekarang yang tidak mengetahui kebudayaan-kebudayaan daerah melainkan lebih paham cenderung ke budaya asing. menurut saya cara untuk mengatasi masalah ini yaitu dengan menyaring kebudayaan yang masuk ke negeri ini dan bisa memilah dengan cermat mana hal yang baik dan mana yang buruk serta mengembangkan pendidikan pancasila serta pendidikan kewarganegaraan dan sikap sosialis di kalangan warga negara.

Unknown said...

NAMA:MUHAMMAD ALI MAGFUR
KELAS:PAI 1-I
NIM:17201163431

2. Masyarakat madani merupakan elemen yang signifikan dalam membangun demokrasi. Salah satu syarat penting bagi demokrasi adalah terciptanya partisipasi masyarakat dalam proses-proses pengambilan keputusan yang dilakukan oleh negara atau pemerintahan. Demokrasi dapat dianggap sebagai hasil dinamika masyarakat yang menghendaki adanya partisipasi. Hanya dalam masyarakat madani yang kuatlah demokrasi dapat ditegakkan dengan baik dan hanya dalam suasana demokratislah masyarakat madani dapat berkembang secara wajar. Masyarakat madani merupakan tempat tumbuhnya demokrasi.
3. Hal hal yang dapat melunturkan identitas nasional bangsa:
a)mementingkan kepentinagan pribadi daripada kelompok
b)menonjolnya sifat individualisme
c)nilai nilai bangsa barat yang dimakan mentah mentah oleh para generasi bangsa
d)kurangnya rasa tanggung jawab
e)kurangnya sifat toleransi.

Unknown said...

Nama : Ririn Eka S
Kelas: PAI 1i
Nim : 1720116334

Soal
2
Masyarakat madani merupakan elemen yang signifikan dalam membangun demokrasi. Salah satu syarat penting bagi demokrasi adalah terciptanya partisipasi masyarakat dalam proses-proses pengambilan keputusan yang dilakukan oleh negara atau pemerintahan. Demokrasi dapat dianggap sebagai hasil dinamika masyarakat yang menghendaki adanya partisipasi. Hanya dalam masyarakat madani yang kuatlah demokrasi dapat ditegakkan dengan baik dan hanya dalam suasana demokratislah masyarakat madani dapat berkembang secara wajar. Masyarakat madani merupakan tempat tumbuhnya demokrasi. Dan demokrasi tersebut akan bisa terwujud kalau ada hak asasi manusia. Dalam pelaksanaan demokrasi terdapat nilai-nilai yang menjungjung tinggi tentang hak asasi manusia, karena dalam karakteristiknya masyarakat madani sangat menyadari akan hak-hak asasi manusia dalam menyuarakan pendapat dan mewujudkan kepentingan-kepentingannya. Seperti pemilu, sebuah pelaksanaan dari demokrasi yang di dalamnya sama dengan perwujudan hak asasi manusia untuk hak memilih.

Unknown said...

Nama : anna syafitri laily
Kelas : pai 1i
Nim : 17201163004

2.Masyarakat madani, demokrasi, hak asasi manusia, dan rule of law, masing-masing mempunyai hubungan yang saling berkaitan dengan yang lainnya dan tidak dapat dipisahkan.
Masyarakat madani merupakan elemen yang signifikan dalam membangun demokrasi. Salah satu syarat penting bagi demokrasi adalah terciptanya partisipasi masyarakat dalam proses-proses pengambilan keputusan yang dilakukan oleh negara atau pemerintahan. Demokrasi dapat dianggap sebagai hasil dinamika masyarakat yang menghendaki adanya partisipasi. Hanya dalam masyarakat madani yang kuatlah demokrasi dapat ditegakkan dengan baik dan hanya dalam suasana demokratislah masyarakat madani dapat berkembang secara wajar. Masyarakat madani merupakan tempat tumbuhnya demokrasi. Dan demokrasi tersebut akan bisa terwujud kalau ada hak asasi manusia. Dalam pelaksanaan demokrasi terdapat nilai-nilai yang menjungjung tinggi tentang hak asasi manusia, karena dalam karakteristiknya masyarakat madani sangat menyadari akan hak-hak asasi manusia dalam menyuarakan pendapat dan mewujudkan kepentingan-kepentingannya. Seperti pemilu, sebuah pelaksanaan dari demokrasi yang di dalamnya sama dengan perwujudan hak asasi manusia untuk hak memilih dan dipilih.

1. ahwa tidak ada satupun konstitusi modern tertulis yang dapat menggambarkan norma hukum secara utuh. Disini, ia melihat konstitusi dari sudut pandang substansinya. Seperti halnya Hans Kelsen yang mengungkapkan adanya grund norm atau norma dasar sebagai norma pembentuk hukum, pada posisi yang sama Hans Nawiasky menyatakan adanya staatsfundamental norm, atau norma dasar negara. Keduanya berbeda pada segi bentuk dan substansi dasar tapi pada prinsipnya, posisi keduanya adalah letak dari konstitusi yang dimaknai sebagai norma hukum dasar.

Unknown said...

Nama: Ahmad Fahmi Amrulloh
Kelas: PAI 1-i
NIM: 17201163393
SOAL NO.3
1. Tidak di hormatinya lambang negara dengan begitu bangsa akan melecehkan negaranya sendiri dan tidak membangga-banggakan negaranya sendiri
2. Tidak dipatuhinya undang-undang negara dengan begitu bangsa akan semena-mena sendiri dan tidak mau mematuhi hukum-hukum negara itu sendiri
3. Pengaruh globalisasi yang kian melesat. Karena pengaruh globalisasi dapat melihat negara-negara lain dengan mudah tanpa adanya kata sandi.

SOAL NO.5
Menurut saya dengan menanamkan kepada masyatakat ilmu sosial yang tinggi dan saling memahami satu sama lain, karena dengan begitu akan tumbuh rasa perduli, memahami, dan mengerti akan pentingnya kehidupan sosial. Dengan begitu akan muncul rasa sayang terhadap sesama bangsa atau masyarakat.

Unknown said...

Nama : RANITA TRI LESTARI
Kelas : PAI 1-I
NIM : 17201163408

2. Masyarakat madani merupakan bagian-bagian dasar yang penting dalam membangun demokrasi. Salah satu syarat yang penting bagi demrokratis yaitu terciptanya partisipasi masyarakat dalam proses-proses pengambilan keputusan yang dilakukan oleh negara atau pemerintah. Demokrasi dapat ditegakkan dengan baik dan masyarakat madani dapat berkembang secara wajar dalam suasana demokratis. Masyarakat madani merupakan tempat tumbuhnya demokrasi. Demokradi dapat dianggap sebagai hasil dinamika masyarakat yang menghendaki adanya partisipasi.

4. konstitusi sebagai dasar dari keberlangsungan sebuah negara yang dapat digunakan untuk mengontrol pemerintahan agar tidak berlaku sewenang-wenang dan melampaui batas kekuasaannya. Pemerintahan bergantung pada sasaran yang hendak dicapai oleh para pembuat konstitusi, disinilah peran dari seluruh dari warga negara untuk merumuskan segala aturan-aturan yang dituangkan dalam sebuah konstitusi tertulis yang akan menjadi hukum dasar bagi seluruh warga negara. Konstitusi tidak dapat diubah begitu saja tanpa alasab yang jelas.

Unknown said...

Nama : Siti Umu Nafidatul Chusna
NIM : 17201163163
Kelas : PAI 1-I

2. Masyarakat madani dengan demokrasi bagaikan dua sisi mata uang. Keduanya bersifat koeksistensi atau saling mendukung. Dalam masyarakat madani yang kuatlah demokrasi dapat ditegakkan dengan baik. Masyarakat madani merupakan tempat tumbuhnya demokrasi. Salah satu syarat penting bagi demokrasi adalah terciptanya partisipasi masyarakat dalam mengambil keputusan yang dilakukan oleh pemerintah atau negara. Masyarakat madani mensyaratkan adanya civic engagement yaitu keterlibatan warga negara dalam asosiasi-asosiasi sosial.

5. Solusinya : Memperkenalkan dan memahamkan ilmu pengetahuan yang benar, meminimalisir kesenjangan sosial, menjaga persatuan dan kesatuan, mendukung aksi perdamaian, berperan aktif dalam melaporkan radikalisme dan terorisme, meningkatkan pemahaman akan pentingnya kebersamaan, menyaring segala informasi yang kita dapatkan dan aktif mensosialisasikan kepada masyarakat apa itu terorisme.

Unknown said...

Nama: Dwi Yuni Nely Lasyavira
NIM: 17201163098
Kelas: PAI 1-I

3.
 Lunturnya identitas naional biasanya ditandai oleh dua faktor berikut:
a. Semakin menonjolnya sikap individualistis. Hal ini bertentangan dengan asas gotong royong.
b. Semakin menonjolnya sikap materialistis yang berarti harkat dan martabat manusia hanya diukur dari hasil atau keberhasilan seseorang dalam memperoleh kekayaan. Hal ini bisa berakibat bagaimana cara memperolehnya menjadi tidak dipersoalkan lagi. Bila hal ini terjadi, berarti etika dan moral telah dikesampingkan. Misal seperti penjabat-penjabat yang mengingkan kekuasaan/harta kekayaan, sampai-sampai mereka berkorupsi dan tidak memikirkan nasib rakyatnya.
 Cara pemecahan atau menanggulanginya
Dengan cara mengembangkan nasionalisme, Pendidikan, Pelestarian budaya, Bela Negara.
5.
 Pertama: Deradikalisasi (soft Aproach) Kita harus mengembangkan pemikiran Islam rahmatan lil’alamin. Penyimpangan pemikiran kalangan teroris dan radikalis dalam memaknai teks-teks Al-Qur’an dan Al-Hadist, harus kita imbangi dengan harakah pemikiran sesuai dengan tafsir yang sejalan dengan nilai-nilai luhur ajaran Agama Islam. Ideologi dan theologi kekerasan harus kita lawan dengan ideologi dan theologi yang cinta damai.
 Kedua: penindakan (hard approach), artinya harus ada ketegasan dari pihak pemerintah untuk menindak pada kelompok-kelompok teroris dan radikalis, termasuk golongan yang anti NKRI dan Pancasila. Tindakan tegas ini tentu tidak hanya dipihak hilir, justru yang sangat urgen adalah pihak hulunya sebagai aktor intelektual dan pensuplai dana.
 Ketiga: Pembinaan, pemerintah harus mengetahui warga Negara Indonesia yang ada diluar negeri, terutama mereka yang menimba ilmu maupun yang bekerja.

Unknown said...

Nama : Alfrida Rizki Qoirunnisa
Kelas : 1-i PAI
NIM : 17201163222

2. masyarakat madani merupakan elemen yang sangat penting dalam membangun demokrasi. sebab salah satu syarat penting bagi demorasi adalah terciptanya partisipasi masyarakat dalam proses pengambilan keputusan yang dilakukan oleh negara atau pemerintah.
5. kalau menurut saya ya menerapkan keterbukaan dan keadilan dalam kehidupan berbangsa atau semua lapisan dan golongan masyarakat yang sadar akan hukum dan aturan. Membangun jaringan kerja bersifat kemitraan dengan segenap instansi
pemerintah baik di tingkat Pusat dan Daerah serta dengan komponen
masyarakat non-pemerintah.

fifi kholifah said...

Nama : Fifi kholifah
kelas : PAI 1-i
NIM : 17201163101
2. Masyarakat madani dengan demokrasi mempunyai hubungan yang saling berkaitan dan tidak dapat dipisahkan. Karena demokrasi dapat dianggap sebagai hasil dinamika masyarakat yang menghendaki adanya partisipasi. Hanya dalam masyarakat madani yang kuatlah demokrasi dapat ditegakkan dengan baik dan hanya dalam suasana demokratislah masyarakat madani dapat berkembang secara wajar. Masyarakat madani merupakan tempat tumbuhnya demokrasi. Dan demokrasi tersebut akan bisa terwujud kalau ada hak asasi manusia.
5. solusi terorisme di Indonesia Pemerintah bersama tokoh-tokoh agama wajib membantu dan menyadarkan generasi muda di tempat-tempat pendidikan agama kemudian sistem politik harus ditata ulang dalam kaitannya dengan bahaya teror

Faqih Ilmawati said...

Nama : Faqih Ilmawati
kelas : PAI 1-i
NIM : 17201163094

2. Masyarakat madani adalah masyarakat yang beradab. Yang merupakan elemen atau dasar penting dalam demokrasi. Sehingga masyarakat madani membutuhkan atau dapat melaksanakan demokrasi.

5. Menurut saya penanggulangan kejahatan dengan hukum pidana meliputi hakikat, dimensi, dan perkembangan, kejahatan, pandangan pro dan kontra terhadap kebijakan hukum pidana yakni kebijakan integral dalam penggunaan hukum pidana, tahap-tahap kebijakan hukum pidana, masalah-masalah sentral dalam kebijakan hukum pidana, yakni kebijakan kriminalisasi dan kebijakan penalisasi.

Unknown said...

Nama :Samrotul Hani 'ah
Kelas :PAI / 1-I
NIM :17201163072

SOAL NO: 1
Karena konstitusi membatasi dan mengatur tentang hukum dasar suatu negara dan hukum dasar suatu negara itu terdiri dari peraturan yang tertulis berupa Undang-Undang dan peraturan yang tidak tertulis yaitu aturan penyelenggaraan negara yang terlaksana terus menerus dan berkesinambungan walaupun tidak ada peraturan tertulis yang mengaturnya atau biasa disebut dengan konvensi.Indonesia juga mempunyai peraturan yang tertulis dan tidak tertulis.
contoh : Hukum adat yang diakui dan dihormati seryta di laksanakan di daerah itu.
Etika dan sopan santun , norma sosial yang diakui masyarakat serta diikuti oleh masyarakat itu.

SOAL NO: 5
terorisme adalah suatu cara atau taktik atau strategi yang digunakan oleh kelompok radikal dalam melakukan aksi, ancaman, dan kekerasan demi mencapai tujuan tertentu.
Contohnya seperti pembajakan, peledakan bom, teror, bom bunuh diri, dan lain sebagainya. Yang mana semua aksi tersebut kebanyakan terjadi tanpa terduga dan bisa menimpa siapa saja tanpa memilih merek, baik itu anak-anak, anak muda, orang dewasa, maupun orang tua.
solusi terorisme: penanggulangan , kejahatan dengan hukum pidana meliputi: hakikat , dimensi dan perkembangan , kejahatan , pendangan pro dan kontra terhadap kebijakan hukum pidana yakni kebijakan integral dalam penggunaan hukum pidana, tahap-tahap kebijakan hukum pidana, masalah-masalah sentral dalam kebijakan hukum pidana, yakni kebijakan kriminalisasi dan kebijakan finalisasi.

Unknown said...

Nama : Uswatun Khasanah
Nim : 17201163002
kelas: PAI 1-I

2. Hubungan keduanya sama-sama didalam ketaatan dalam menjalankan sebuah peraturan demi kepentingan rakyat,namun berbeda dalam moralitas dan mekanisme pelaksanaanya. Masyarakat madani memanfaatkan Moralitas Agung (ketaatan terhadap kehendak Alloh).pelaksanaanya menggunakan mekanisme dosa dan pahala menurut ajaran islam. Sedangkan demokrasi memanfaatkan Moralitas Tertip Hukum (ketaaatan terhdap hukum buatan manusia, bukan hukum Allah, yang seuai dengan kehendak rakyat) yang menggunakan mekanisme memilih pemimpin dalam kurun waktu yang disepakati oleh rakyat, jadi bukan atas dasar dinasti atau keturunan melainkan dipilih oleh rakyat, bukan pemimpin yang mengatasnamakan Alloh.
5. solusi permasalahan terorisme di Indonesia yaitu:
penerapan setrategi militer yaitu setiap orang merencanakan dan membantu operasi teroris harus mengerti bahwa dia akan diburu dan dihukum. dalam operasi ini mereka akan diganggu keuangan akan dikeringankan tempat persebunyian akan terus diserbu.akan tetapi dalam sektor ini berhasil maka tidak ada lagi yang menjadi masalah disektor militer.dalam hal ini yang harus berperan penuh dalam kasus penanganan terorisme ini adalah pemerintah.

Unknown said...

Nama:AHMAD ZAINUL ARIFIN
kelas:PAI 1-i
Nim:17201163293
Nomer 4.
Konstitusi adalah pembatasan atas kekuasaan pemeritahan dalam suatu negara,jika tanpa pembatasan ,maka konstitusi tidak berjalan dengan baik
Nomer 5.
Sukses indonesia dalam mengungkap sejumlah tindakan teroris tidak berarti bahwa terorisme benar-benar di berantas,apa yg di butuhkan adalah untuk mengungkap dan memperbaiki akar penyebab terorisme . Oleh karena itu,kebijakan memerangi terorisme tidak seharusnya hanya menekan aspek fisik atau operasional melalui pendekatan keamanan

CHAPLUK said...

Fifi Septina Anggraini
PAI 1-I
17201163392

2. Masyarakat madani dengan demokrasi mempunyai hubungan yang saling berkaitan dan tidak dapat dipisahkan. Masyarakat madani merupakan anggota yang penting dalam membangun demokrasi . salah satu syaratnya adalah terciptanya partisipasi masyarakat dalam proses pengambilan keputusan yang dilakukan oleh negara atau pemerintahan. Demokrasi dapat dianggap sebagai hasil dinamika masyarakat yang menghendaki adanya partisipasi. Dalam masyarakat madani yang kuatlah demokrasi dapat ditegakkan dengan baik dan dalam suasana demokratislah masyarakat madani dapat berkembang. Masyarakat madani merupakan tempat tumbuhnya demokrasi. Demokrasi tersebut akan tumbuh jika ada Hak Asasi Manusia (HAM). Dalam pelaksanaan demokrasi terdapat nilai-nilai yang menjunjung tinggi tentang Hak Asasi Manusia (HAM), karena dalam karakteristiknya masyarakat madani sangat menyadari akan hak-hak manusia dalam menyuarakan pendapat dan mewujudkan kepentingan-kepentingannya. Misalnya pemilu.

5. Solusi permasalahan terorisme dimulai dari kesadaran untuk penyembuhan penyakit ini, bahkan membentengi diri darinya adalah nasihat islam yang lurus dan untuk melakukan pemeriksaan, diperlukan perangkat hukum yang mengatur tentang tindak pidana terorisme.

Unknown said...
This comment has been removed by the author.
Unknown said...

NAMA:AROH TRI WAHYUDI
KELAS:PAI 1-I
NIM:17201163146

NOMOR 4)
Di Negara-negara yang mendasarkan dirinya atas demokrasi konstitusional, Undang-Undang Dasar mempunyai fungsi khusus, yaitu membatasi kekuasaan pemerintah sehingga penyelenggaraan kekuasaan tidak bersifat sewenang-wenang. Dengan demikian, diharapkan hak-hak warga negara akan lebih terlindungi. Gagasan ini dinamakan konstitusionalisme.
Hampir semua negara memiliki konstitusi. Dapat dikatakan konstitusi yang ada di negara-negara tersebut memiliki materi muatan atau menggambarkan keberadaan suatu pembagian dan pembatasan kekuasaan yaitu kekuasaan membuat aturan/Undang-Undang (legislatif), kekuasaan melaksanakan aturan/Undang-Undang(eksekutif/administratif) dan kekuasaan peradilan (yudikatif).

nomor 1)Karena konstitusi yang membatasi dan mengatur hukum dasar suatu negara dan hukum dasar suatu negara itu terdiri dari peraturan yang tertulis berupa Undang-Undang dan peraturan yang tidak tertulis yaitu aturan penyelenggaraan negara yang terlaksana terus menerus dan berkesinambungan walaupun tidak ada peraturan tertulis yang mengaturnya atau biasa disebut dengan konvensi.
contoh :pidato presiden pada tanggal 16 agustus,hal tersebut tidak ada dalam undang-undang ,tetapi sudah menjadi kebiasaan dan selalu dilaksanakan setiap tahunnya.

Unknown said...

Nama: binti kholishotun ni'mah
kelas: pai 1i
NIM :17201163172

3.salah satu identitas bangsa indonesia adalah kebudayaannya. semisalnya tarian reog ponorogo. tarian itu hampir saja direbut oleh negara malaysia. karena mungkin saja masyarakat indonesia sudah terpengaruh oleh budaya barat. penduduk indonesia merupakan penduduk yang terbanyak dalam penggunaan media sosial. jadi bisa jadi budaya itu akan luntur, karena penduduk indonesia sibuk dengan urusannya sendiri. jadi acuh dengan budaya budaya negara sendiri. dan cara pemecahannya yaitu dibekali dengan pendidikan karakter. dan mengenalkan keanekaragaman budaya bangsa indonesia yang akan kaya dengan budaya, kalau bisa jangan hanya memperkenalkan saja, tetapi juga mengajarkan bagaimana cara melestarikan budaya indonesia tersebut dan menjaganya agar tidak direbut oleh negara lain.

5. solusinya dengan cara memperkenalakan tentang hukum dan hak asasi manusia. dan memberikan hukuman yang lebih berat lagi. menjungjung tinggi demokrasi. dan memperkenalkan ilmu - ilmu pengetahuan yang benar.

Unknown said...

NAMA: YOGA ADI YAHYA
NIM: 17201163367
KELAS: PAI 1 I
3. Hal hal yang dapat melunturkan identitas nasional bangsa:
a)mementingkan kepentinagan pribadi daripada kelompok
b)menonjolnya sifat individualisme
c)nilai nilai bangsa barat yang dimakan mentah mentah oleh para generasi bangsa
d)kurangnya rasa tanggung jawab
e)kurangnya sifat toleransi.

2. Hubungan antara masyarakat madani dengan demokrasi . Keduanya bersifat ko-eksistensi atau saling mendukung. Hanya dalam masyarakat madani yang kuatlah demokrasi dapat ditegakkan dengan baik dan hanya dalam suasana demokratislah masyarakat madani dapat berkembang secara wajar. Masyarakat madani merupakan tempat tumbuhnya demokrasi. Pemilu merupakan simbol bagi pelaksanaan demokrasi. Masyarakat madani merupakan elemen yang signifikan dalam membangun demokrasi. Salah satu syarat penting bagi demokrasi adalah terciptanya partisipasi masyarakat dalam proses-proses pengambilan keputusan yang dilakukan oleh negara atau pemerintahan.

Unknown said...

Nama: ALI ROBIDIN
Kelas: PAI I
NIM: 17201163173

2. Masyarakat Madani merupakan tempat tumbuhnya demokrasi ,dalam pelaksanaan demokrasi terdapat nilai-nilai yang menjunjung tinggi hak asasi manusia,karena dalam karakteristik masyarakat Madani sangat menyadari akan hak-hak asasi manusia dalam mengutarakan pendapat dan mewujudkan kepentingan-kepentingannya

5. Solusinya yaitu dengan cara memperkenalkan ilmu pengetahuan, memahamkan ilmu pengetahuan yang baik dan benar, meminimalisir kesenjangan sosial, menjaga persatuan dan kesatuan, mendukung aksi perdamaian, meningkatkan pemahaman akan hidup kebersamaan, menyaring informasi yang di dapatkan, ikut aktif mensosialisasikan terorisme agar masyarakat Indonesia menjadi damai dan sejahtera dan tidak ada perselisihan

Unknown said...

Nama:MUZAKKI DARMAWAN
kelas:PAI 1-i
Nim : 17201163218
Nomer 3.Hal hal yang dapat melunturkan identitas nasional bangsa :
A.mementingkan individu dari pada klompok
B.menonjolnya sifat individualisme
C.kurangnya rasa tanggung jawa
D.kurangnya sifat toleransi
E.nilai nilai bangsa barat yang di makan mentah mentah oleh para generasi bangsa
Nomer 5.
Sukses indonesia dalam mengungkap sejumlah tindakan teroris tidak berarti bahwa terorisme benar-benar di berantas,apa yg di butuhkan adalah untuk mengungkap dan memperbaiki akar penyebab terorisme . Oleh sebab itu,kebijakan memerangi terorisme tidak seharusnya hanya menekan aspek fisik atau operasional,tetapi melalui pendekatan keamanan.

Unknown said...

NAMA : RIRIN EKA S
KELAS : 1I
NIM : 17201163342

SOAL NO. 2 DAN 5

2. Masyarakat madani merupakan elemen yang signifikan dalam membangun demokrasi. Salah satu syarat penting bagi demokrasi adalah terciptanya partisipasi masyarakat dalam proses-proses pengambilan keputusan yang dilakukan oleh negara atau pemerintahan. Demokrasi dapat dianggap sebagai hasil dinamika masyarakat yang menghendaki adanya partisipasi. Hanya dalam masyarakat madani yang kuatlah demokrasi dapat ditegakkan dengan baik dan hanya dalam suasana demokratislah masyarakat madani dapat berkembang secara wajar. Masyarakat madani merupakan tempat tumbuhnya demokrasi. Dan demokrasi tersebut akan bisa terwujud kalau ada hak asasi manusia. Dalam pelaksanaan demokrasi terdapat nilai-nilai yang menjungjung tinggi tentang hak asasi manusia, karena dalam karakteristiknya masyarakat madani sangat menyadari akan hak-hak asasi manusia dalam menyuarakan pendapat dan mewujudkan kepentingan-kepentingannya. Seperti pemilu, sebuah pelaksanaan dari demokrasi yang di dalamnya sama dengan perwujudan hak asasi manusia untuk hak memilih dan dipilih.
5. Saat ini pemerintah menempatkan sisi pencegahan sebagai garda terdepan dalam kebijakan penanggulangan terorisme di Indonesia melalui pendekatan halus (soft approach). Kebijakan pencegahan diarahkan pada penangkalan paham radikal terorisme agar tidak menular dan mempengaruhi masyarakat. Tujuan dari pencegahan ini adalah meningkatkan daya tahan masyarakat dari pengaruh paham radikal terorisme dengan cara pelibatan peran serta seluruh komponen masyarakat dalam pencegahan terorisme.

Unknown said...

Nama: ALI ROBIDIN
Kelas: PAI I
NIM: 17201163173

2. Masyarakat Madani merupakan tempat tumbuhnya demokrasi ,dalam pelaksanaan demokrasi terdapat nilai-nilai yang menjunjung tinggi hak asasi manusia,karena dalam karakteristik masyarakat Madani sangat menyadari akan hak-hak asasi manusia dalam mengutarakan pendapat dan mewujudkan kepentingan-kepentingannya

5. Solusinya yaitu dengan cara memperkenalkan ilmu pengetahuan, memahamkan ilmu pengetahuan yang baik dan benar, meminimalisir kesenjangan sosial, menjaga persatuan dan kesatuan, mendukung aksi perdamaian, meningkatkan pemahaman akan hidup kebersamaan, menyaring informasi yang di dapatkan, ikut aktif mensosialisasikan terorisme agar masyarakat Indonesia menjadi damai dan sejahtera dan tidak ada perselisihan

Unknown said...

Nama: taufiq abdul rozikin
Kelas: 1i
Nim: 17201163443
.
4.Konstitusi adalah pembatasan atas kekuasaan pemerintahan dalam suatu negara maksudnya agar penguasa tidak bertindak sewenang wenang dalam memerintah suatu negara. Jika tanpa membatasi kekuasaan penguasa, maka konstitusi tidak akan berjalan lncar.
5.solusi untuk penyakit terorisme di negeri-negeri Islam berada di tangan orang-orang yang mempunyai aqidah shahihah yang bersih dan murni di bawah naungan wahyu ilahi yang dibawa dan disampaikan oleh orang yang mau memahami maknanya dan yang baik penyampaiannya, dan sungguh para dokter mereka itu adalah waliyul amri dari kalangan ulama rabbani dan para pemimpin yang shalih kemudian masyarakat dengan segala lapisannya, kecil atau besar dalam dan luar yang tersifati dengan sifat yang disebutkan terdahulu.

Unknown said...

Nama: taufiq abdul rozikin
Kelas: 1i
Nim: 17201163443
.
4.Konstitusi adalah pembatasan atas kekuasaan pemerintahan dalam suatu negara maksudnya agar penguasa tidak bertindak sewenang wenang dalam memerintah suatu negara. Jika tanpa membatasi kekuasaan penguasa, maka konstitusi tidak akan berjalan lncar.
5.solusi untuk penyakit terorisme di negeri-negeri Islam berada di tangan orang-orang yang mempunyai aqidah shahihah yang bersih dan murni di bawah naungan wahyu ilahi yang dibawa dan disampaikan oleh orang yang mau memahami maknanya dan yang baik penyampaiannya, dan sungguh para dokter mereka itu adalah waliyul amri dari kalangan ulama rabbani dan para pemimpin yang shalih kemudian masyarakat dengan segala lapisannya, kecil atau besar dalam dan luar yang tersifati dengan sifat yang disebutkan terdahulu.

Unknown said...

Nama: taufiq abdul rozikin
Kelas: 1i
Nim: 17201163443
.
4.Konstitusi adalah pembatasan atas kekuasaan pemerintahan dalam suatu negara maksudnya agar penguasa tidak bertindak sewenang wenang dalam memerintah suatu negara. Jika tanpa membatasi kekuasaan penguasa, maka konstitusi tidak akan berjalan lncar.
5.solusi untuk penyakit terorisme di negeri-negeri Islam berada di tangan orang-orang yang mempunyai aqidah shahihah yang bersih dan murni di bawah naungan wahyu ilahi yang dibawa dan disampaikan oleh orang yang mau memahami maknanya dan yang baik penyampaiannya, dan sungguh para dokter mereka itu adalah waliyul amri dari kalangan ulama rabbani dan para pemimpin yang shalih kemudian masyarakat dengan segala lapisannya, kecil atau besar dalam dan luar yang tersifati dengan sifat yang disebutkan terdahulu.

Unknown said...

Nama : Nisa'ul Mu'alifah
NIM : 17201163208
Kelas : PAI 1-I
2. Hubungan antara masyarakat madani dengan demokrasi yaitu masyarakat madani sangat berperan penting dalam demokrasi.Masyarakat madani memiliki peran keterlibatan dalam menyusun suatu aturan yan akan diambil oleh pemerintah atau negara. Dengan adanya demokrasi tersebut, masyarakat madani akan mencegah pemerintahan yang otoriter. Masyarakat madani juga dapat melakukan asosiasi sosial sebagai wujud keterlibatan mereka dengan demokrasi. Maka dari itu demokrasi dan masyarakat madani sangat sulit untuk terpisahkan.
5. Solusi mencegah terorisme di Indonesia yaitu sebagai berikut :
1. Memulai dari dalam diri kita sendiri penanaman sikap serta moral yang beragama, berbangsa dan bernegara.
2. Reorientasi pendidikan. Karena sering kali pendidikan dijadikan sebagai ajang untuk menumbuhkan sikap radikalisme. Kita harus meningkatkan pendidikan yang jauh dari radikalisme.
3. Pemerintah harus melakukan tindakan preventif sebagai bentuk pencegahan terhadap terorisme. Utamanya oleh pihak lembaga keamanan itu sendiri.
4.Menambahkan kurikulum anti terorisme di dalam sekolah dasar hingga perguruan tinggi sebagai upaya pencegahan.

Unknown said...

Nama : Novita Sari
Nim : 17201163096
Kelas : PAI 1-I

SOAL NOMOR 4 DAN 5
4. Fungsi pokok konstitusi adalah membatasi kekuasaan pemerintah, sehingga penyelenggaraan kekuasaan tidak bersifat sewenang-wenang. Pemerintah sebagai suatu kumpulan kegiatan yang diselenggarakan oleh rakyat dan atas nama rakyat, terkait dengan itu maka ada, beberapa pembatasan dalam konstitusi negara sehigga menjamin bahwa kekuasaan yang dipergunakan untuk memerintahan. Dengan demikian diharapkan hak-hak warganegara akan terlindungi. konstitusi merupakan tonggak atau awal terbentuknya suatu negara dan menjadi dasar utama bagi penyelenggara negara. Oleh sebab itu, konstitusi menempati posisi penting dan dalam kehidupan ketatanegaraan. Konstitusi juga menjadi tolok ukur kehidupan berbangsa dan bernegara. Konstitusi memberikan arahan kepada generasi penerus bangsa dalam menjalankan pemerintahan
agar berjalan dengan lancar.
5. Menanggulangi terorisme di indonesia
a)Meningkatkan sistem koordinasi dan kapasitas lembaga pemerintah dalam pencegahan dan penanggulangan teroris
b)Penguatan kesatuan anti teror dalam mencegah , menindaki dan mengevakuasi aksi teroris
c)Penegakan hukum dalam penanggulangan terorisme berdasarkan prinsip demokrasi dan ham
d)Peningkatan kegiatan dan operasi penanggulangan aksi terorisme melalui antisipasi dan penanganan serta penangkapan tokoh utama pelaku terorisme
e)Peningkatan ketahanan masyarakat dalam menanggulangi aksi terorisme

Unknown said...

NAMA: AMALIA ROSIDAH
KELAS: PAI 1-I
NIM: 17201163297

3. Yang dapat melunturkan identitas nasional,antara lain:

a. semakin menonjolnya sikap individualistis, yaitu mengutamakan kepentingan pribadi di atas kepentingan umum, hal ini bbertentangan dengan asas golong-royong.
b. semakin menonjolnya sikap materialisis, yang bcrarti harkat dan martabat kemainusiaan hanya diukur dari hasil atau keberhasilan scseorang dalam memperoleh kekayaan. Hal ini bisa berakibat bagaimana cara memperolehnya menjadi tidak dipersoalkan lagi. Apabila hal ini lerjadi, berarti etika dan moral telah dikesampingkan.
c. Arus informasi yang semakin pesat mengakibatkan akses masyarakat terhadap
nilai-nilai asing yang negatif semakin besar.Akan berakibat lebih serins ketika pada puncaknya masyarakat tidak bangga lagi pada
bangsa dan negaranya.

CARA PENCEGAHANNYA

a.Pasal 27 ayat 3 UUD 1945 berbunyi : setiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam upaya pembelaan negara. Dari bunyi pasal tersebut menunjukkan bahwa bela negara merupakan hak dan sekaligus kewajiban bagi setiap warga negara, ini membuktikan bahwa bela negara juga menjadi suatu aturan agar setiap warga negara harus melakukan tindakan bela negara demi ketahanan dan eksistensi sebuah negara.
b.Menggunakan barang-barang hasil bangsa sendiri, karena bisa menambah rasa cinta dan bangga akan hal yang di buat oleh tangan-tangan kreatif penduduknya.
c.Menghargai perjuangan para pahlawan dalam mempertahankan bangsa ini, bisa dilakukan dengan beberapa perbuatan misalkan membaca, menonton, mengunjungi hal-hal yang berkaitan tentang sejarah bangsa ini lahir. Hal ini bertujuan untuk membangkitkan jiwa nasionalisme yang sudah ada dari masing-masing individu.
d.Berprestasi dalam semua bidang misalkan dari bidang olah raga, akademik, teknologi dan lain-lain. Hal ini bertujuan untuk menambahkan rasa bangga dan sikap rela berkorban demi bangsa.
e.Pembinaan jati diri bangsa indonesia dapat dilaksanakan melalui jalur formal maupun informal . Melalui jalur formal jati diri bangsa Indonesia dapat dikembangkan melalui pendidikan.

5. solusi permasalahan terorisme di indonesia,antara lain:

-Mengalahkan organisasi teroris dengan menghancurkan persembunyiannya,
kepemimpinan, komando, kontrol, komunikasi, dukungan materil
dan keuangan.
-Meningkatkan kesiapsiagaan dan kewaspadaan semua komponen bangsa
terhadap ancaman terorisme untuk mencegah dijadikannya wilayah tanah
air Indonesia sebagai tempat persembunyian para teroris dan tempat tum huh
subumya ideologi terorisme.
-Menghilangkan faktor-faktor korelatifpenyebab yang dapat dieksploitasi
menjadi alasan p·embenaran aksi teroris seperti kesenjangan sosial,
kemiskinan, konflik politik dan SARA.
-Mengembangkan suatu Pusat Informasi Intelijen Terpadu tentang ancaman
terorisme berdasarkan Inpres. Nomor 5 Tahun 2002, di mana Badan
Intelijen Nasional (BIN) sebagai koordinator dari semua kegiatan intelijen.
-Membangunjaringan kerja bersifat kemitraan dengan segenap instansi
pemerintah baik di tingkat Pusat dan Daerah serta dengan komponen
masyarakat non-pemerintah.

Unknown said...

Nama : Dihin Srinanda
Kelas : PAI 1-I
NIM : 17201163095
2. Hubungan masyarakat madani dengan demokrasi.
Masyarakat madani dan demokrasi masing-masing mempunyai hubungan yang saling berkaitan. Masyarakat madani merupakan elemen yang kuat dalam membangun demokrasi. Salah satu syarat penting bagi demokrasi adalah terciptanya partisipasi masyarakat dalam proses pengambilan keputusan. Demokrasi dapat dianggap sebagai dinamika masyarakat . Hanya dalam masyarakat madani yang kuatlah demokrasi dapat ditegakkan.
3.Hal yang melunturkan identitas nasionat bangsa
1. Semakin menonjolnya sikap individualistik
2. Semakin menonjolnya sikap materialistik
3. Lunturnya sikap gotong royong
4. Masyarakat lebih cinta dengan produk luar negeri
Pemecahannya
1. Menggunakan barang-barang produk bangsa sendiri
2. Belajar cinta tanah air
3. Menyaring budaya luar yang masuk ke negara kita.
4. Mengembalikan jati diri bangsa

Unknown said...
This comment has been removed by the author.
Unknown said...

Nama : Novita Sari
NIM : 17201163096
JAWABAN LANJUTAN
5. Terorisme diartikan sebagai suatu aksi kekerasan yang tidak diakui oleh
pemerintah dimana aksi ini dilakukan oleh orang atau sekelompok orang yang ingin mendapatkan kekuasaan dan pengaruh di masyarakat. Di Indonesia, istilah terorisme mulai dikenal di masyarakat lewat adanya aksi pengeboman. Tujuan dari aksi terorisme di Indonesia, masuk ke dalam kategori criminal terrorisme, karena didasari oleh motif kelompok tertentu yang didalamnya terdapat bentuk terror dari suatu agama atau kepercayaan yang bertujuan untuk membalas dendam Banyaknya aksi pengeboman yang marak terjadi di Indonesia, membuat pemerintah Indonesia mengambil beberapa tindakan untuk dapat memberantas dan menanggulangi terorisme.
CARA penanggulanginya
a) Meningkatkan sistem koordinasi dan kapasitas lembaga pemerintah dalam pencegahan dan penanggulangan teroris
b) Penguatan kesatuan anti teror dalam mencegah , menindaki dan mengevakuasi aksi teroris
c) Penegakan hukum dalam penanggulangan terorisme berdasarkan prinsip demokrasi dan ham
d) Peningkatan kegiatan dan operasi penanggulangan aksi terorisme melalui antisipasi dan penanganan serta penangkapan tokoh utama pelaku terorisme
e) Peningkatan ketahanan masyarakat dalam menanggulangi aksi terorisme

CHAPLUK said...

Nama: Wiwik Dwi Agustina
NIM: 17201163141
Kelas: PAI 1I

Soal no.2 Hubungan antara masyarakat madani dan demokrasi saling berkaitan. hanya dalam masyarakat madani yang kuatlah demokrasi dapat ditegakkan dengan baik. dan hanya dalam suasana demokrasilah masyarakat madani dapat berkembang secara wajar.
No. 5 Solusi mengatasi terorisme.
1. memperkenalkan ilmu pengetahuan dengan baik dan benar
pengenalan ilmu pengetahuan bukan hanya sebatas ilmu umum juga ilmu agama yang merupakan pondasi penting terkait perilaku dan keyakinan pada Tuhannya. keduanya harus seimbang.
2. meminimalisir kesenjangan sosial
pemerintah harus mampu merangkul pihak median yang menjadi perantaranya dengan rakyat sekaligus melakukan aksi nyata secara langsung. begitu jg rakyat, mereka harus selalu memberi dukungan dan kepercayaan pada pemerintah.
3. menjaga persatuan dan kesatuan
dengan adanya kemajemukan sebuah negara maka diperlukan rasa persatuan dan kesatuan dengan cara memahami dan menjalankan nilai nilai yang terkadung dalam pancasila dan UUD 1945.

Unknown said...

NAMA : HANIF KHASBULLOH
KELAS : PAI 1-I
NIM : 17201163252

2. Masyarakat di Indonesia sangat menjunjung nilai-nilai demokrasi. Jelaskan hubungan antara masyarakat madani dengan demokrasi!
Antara masyarakat madani dengan demokrasi memiliki hubungan yang saling berkaitan dan tidak dapat dipisahkan. Masyarakat madani merupakan elemen yang signifikan dalam membangun demokrasi. Salah satu syarat penting bagi demokrasi adalah terciptanya partisipasi masyarakat dalam proses-proses pengambilan keputusan yang dilakukan oleh negara atau pemerintahan. Demokrasi dapat dianggap sebagai hasil dinamika masyarakat yang menghendaki adanya partisipasi. Hanya dalam masyarakat madani yang kuatlah demokrasi dapat ditegakkan dengan baik dan hanya dalam suasana demokratislah masyarakat madani dapat berkembang secara wajar. Jadi masyarakat madani merupakan tempat tumbuhnya demokrasi.
5. Permasalahan yang sering menimbulkan keresahan bagi sebagian besar masyarakat adalah adanya terorisme. Bagaimana solusi permasalahan terorisme di Indonesia?
Dalam rangka pemberantasan dan pencegahan terorisme di Indonesia, pemerintah Indonesia menyusun Undang-Undang tentang pemberantasan terorisme. Indonesia memberlakukan Undang-Undang nomor 15/2003 tentang pemberlakuan Perpu nomor 1/2002 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Terorisme dan Undang-Undang nomor 16 tahun 2003 tentang pemberlakuan Perpu nomor 2/2002 tentang Pemberlakun Perpu nomor 1/2002 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Terorisme, pada peristiwa peledakan bom di Bali tanggal 12 Oktober 2002. Untuk menjamin adanya sinergi upaya secara komprehensif dalam pemberantasan terorisme, pemerintah RI telah mengeluarkan Inpres nomor 4 tahun2002 yang memberikan tugas kepada Menko Polkam untuk merumuskan strategi pemberantasan terorisme dan memberi kewenangan untuk mengkoordinasikan semua langkah operasional dalam memberantas terorisme. Selain itu, pemerintah juga harus membuat kebijakan tentang hukuman yang tegas bagi para Terorisme, seperti halnya hukuman mati. Aparat kepolisian dalam hal ini harus bertindak tegas untuk menekan aksi terorisme serta melakukan penjagaan yang ketat di seluruh wilayah Indonesia dan tidak boleh lengah. Sosialisasi kepada warga juga penting dalam rangka pemberantasan terorisme. Selain itu dengan melakukan tindakan preventif dengan menggugah warga untuk pro-aktif apabila ada warga asing yang patut dicurigai. Dengan kata lain warga juga harus berperan aktif dalam memberantas terorisme di Indonesia. Memperbaiki moral manusia dirasa penting agar tindakan terorisme tidak terjadi.

Unknown said...

NAMA : THAMRIN BUDI SANTOSA
KELAS: PAI I-i
NIM: 17201163189


2. Masyarakat di Indonesia sangat menjunjung tinggi nilai-nilai demokrasi , jelaskan hubungan masyarakat madani dengan demokrasi
Jawab
Masyarakat madani memanfaatkan moralitas Agung(ketaatan terhadap kehendak Allah). Pelaksanaanya menggunakan mekanisme dosa dan pahala menurut islam
masyarakat demokrasi memanfaatkan moralitas tertib hukum (ketaatan terhadap hukum buatan manusi, bukun hukum Allah, yang sesuai dengan kehendak rakyat), jadi bukan atas dasar dinasti atau keturunan melainkan dipilih oleh rakyat karena dipercaya pleh rakyat, bukan pemimpin yang mengatas namakan Allah. Jadi kedunya sama-sama bertujuan dalam meningkatkan kepentingan rakyat, namun berbeda dalam moral dan mekanisme pelaksanaannya, dan jika pemerintahan demokrasi yang di dasari dengan adanya masyarakat yang madani, maka akan terciptanya Negara yang kokoh dalam bidang ketaatan (ketaatan terhadap hukum maupun ketaatan terhadap agamanya).


5. Permasalahan yang sering menimbulkan keresahan bagi sebagian besar masyarakat adalah adanya terorisme , bagaimna solusi permasalahan terorisme di Indonesia
Jawab
Kita harus mengembangkan pemikiran islam rahmatan lil’alamin. Penyimpangan pemikiran kalangan teroris dan radikalis dalam memaknai teks-teks Al-qur’ann dan Al-Hadist, harus kita imbangi dengan harakah pemikiran sesui dengan tafsir yang sejalan dan nilai-nilai luhur ajaran islam. Ideologi dan theology kekerasan harus kita lawan dengan ideology dan theology yang cinta damai. Termasuk pemikiran yang ingin mendirikan daulah islamiyah di negeri RI dengan system khilafiah Islamiyah , harus di luruskan dengan pemikiran AL-Wasathiyyah Al-islamiyah wa Madzharuha fi daulati pancasila, termasuk penjelasan yang ada pada pancasila dan UUD RI.
Dari pihak pemerintah, pemerintah harus tegas dalam menindak kelompok-kelompok teroris yang anti NKRI dan pancasila. Tindakan tegas ini tentu tidak hanya dipihak hilir, justru yang sangat urgen adalah pihak hulunya sebagai actor intelektual dan pensuplai dana. Dalam tindakan tegas yang harus dengan kekerasan senjata maupun fisik, pihak densus 88 harus dengan ukuran akurasi dan persisi yang vailid. Pihak pemerintah dalam hal ini kepolisian dan TNI jangan menunggu masyarakat yang harus mengadili dan menghakimi mereka.

Unknown said...

Nama : Nurul Halimah
Kelas : PAI 1I
NIM : 17201163308
3. Hilangnya identitas nasiona lkarena pengaruh budaya yang datang dari luar negeri. Contoh: Generasi saat ini lebih bangga menggunakan pakaian yang minim dan terbuka daripada menggunakan pakaian seperti kebaya dan batik.
Solusinya:
a. Mengembangkan nasionalisme
b. Mengembangkan sikap bela negara
c. Mengembangkan pendidikan pembinaan, jati diri bangsa Indonesia baik dengan cara formal maupun informal
d. Melestarikan budaya bangsa

5. Solusinya yaitu:
a. Melakukan pengembangan nilai-nilai luhur ajaran agama islam, ideologi, dan theologi.
b. Melakukan penindakan, dalam arti harus ada ketegasan dari pihak pemerintah untuk menindak pada kelompok-kelompok teroris
c. Pembinaan. Seperti program pembinaan kepada masyarakat, contohnya: Pelatihan anti radikal, terorisme kepada ormas, sosialisasi kepada segenap unsur pendidikan.
d. Pemerintah perlu mengajak masyarakat terutama tokoh-tokoh agama yang mempunyai visi misi nasionalis.
e. Pemerintah harus mengupayakan untuk mensejahterakan rakyat Indonesia.

Unknown said...

Nama : Ade Nur muhklis
Kelas: pai 1-i


2. Masyarakat Madani merupakan tempat tumbuhnya demokrasi ,dalam pelaksanaan demokrasi terdapat nilai-nilai yang menjunjung tinggi hak asasi manusia,karena dalam karakteristik masyarakat Madani sangat menyadari akan hak-hak asasi manusia dalam mengutarakan pendapat dan mewujudkan kepentingan-kepentingannya

5. Solusinya yaitu dengan cara memperkenalkan ilmu pengetahuan, memahamkan ilmu pengetahuan yang baik dan benar, meminimalisir kesenjangan sosial, menjaga persatuan dan kesatuan, mendukung aksi perdamaian, meningkatkan pemahaman akan hidup kebersamaan, menyaring informasi yang di dapatkan, ikut aktif mensosialisasikan terorisme agar masyarakat Indonesia menjadi damai dan sejahtera dan tidak ada perselisihan

Unknown said...

PAI-1C/17201163302
4. banyaknya perbedaan pendapat di Indonesia dapat menyebabkan suatu konflik. salah satunya yaitu konflik lingkungan kota,konflik perbedaan agama dan sesama agama . Masyarakat di lingkungan kota memiliki sifat hidup individualis. Jadi kurangnya komunikasi antara masyarakat sekitar akan berpengaruh pada konflik sosial . konflik perbedaan agama dan sesama agama juga dipicu akibat perbedaan pendapat ,misalnya pada saat hari raya idhul adha .
Dengan cara memahami atau menghargai antar perbedaan satu dengan yang lainnya ,saling toleransi, Mengikuti Peraturan-peraturan yang ada, Saling menjaga sikap,menambah wawasan ilmu pengetahuan supaya kita dapat berpikir kedepan bahwa konflik itu hanya menimbulkan dampak negatif,salah satunya yaitu kericuhan dan jika hal tersebut terus dibiarkan dapat menimbulkan perpecahan dinegara ini. Jika konflik sampai berdampak pada negeri ini, pemerintah harus turun tangan dan bertindak tegas untuk membantu menyelesaikan masalah tersebut.
5) Demokrasi yang diberlakukan di Indonesia saat ini dapat dibilang sudah lebih baik dari pada demokrasi sebelumnya. Demokrasi saat ini diambil dari suara rakyat. Akan tetapi ada permasalahan yang terjadi akibat pemilihan melalui suara rakyat yaitu masih banyaknya masyarakat di Indonesia yang melakukan Golput atau tidak mengikuti pemilu. Hal ini perlu ditanggulangi karena satu suara masyakarat sangat berarti bagi kemajuan bangsa indonesia kedepannya. Upaya pemecahan masalah bila tidak mengikuti pemilu yaitu 1. menghimbau atau bersosialisasi kepada masyarakat akan pentingnya mengikuti kegiatan pemilu 2. pemilu dilakukan beberapa hari jangan cuma sehari saja karena jika sehari mungkin pada hari itu ada kesibukan yang tidak dapat ditinggalkan 3. dengan diadakannya sanksi tegas atau sanksi hukum yang ringan supaya masyarakat jera.

faisolroziqin said...

(1)bagaimana relevansi pendidikan kewarganegaraan dalam konteks kehidupan bangsa dan Negara Indonesia saat ini? "dizaman sekarang pendidikan kewarganegaraan berperan penting dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. dengan pancasila dan UUD 1945 sebagai dasar mewujudkan tujuan bangsa, pendidikan kewarganegaraan diharapkan dapat menghantarkan Indonesia menuju tujuannya. pendidikan kewarganegaraan dapat menanamkan sikap patriotisme, Cinta tanah air, demokratis, kritis, yang pasti menghasilkan warga Negara yang baik yang bermanfaat untuk bangsanya, Sehingga ketika dihadapkan pada sebuah masalah kewarganegaraan, masyarakat cepat tanggap dlm berpartisipasi menyelesaikan atau memberi solusi akan masalah tersebut. dengan pendidikan kewarganegaraan masyarakat lebih mengenal, menaati politik dan hukum yg berlaku disuatu negara. pendidikan ini juga bermuatan pendidikan moral yang berpengaruh pada karakter warga Negara dalam menjalankan perannya, yang sesuai norma dan nilai luhur bangsa Indonesia. apa lagi sekarang, dengan perkembangan peradaban di hempir segala aspek kehidupan, pendidikan kewarganegaraan sangat penting bagi bangsa, sehingga warga Negara dapat mengaplikasikan pancasila dan UUD 1945 sbg pedoman dan dasar Negara serta jati diri bangsa dalam kehidupan sehari hari."
(2) globalisasi dan korelasinya dengan jati diri bangsa? "globalisasi adl proses menyeluruh/mendunianya gagasan tentang suatu hal seperti iptek, ideologi, budaya, ekonomi, dll, yang dimana setiap orang tidak terbatasi oleh tempat dan waktu. globalisasi dapat berpengaruh pada jati diri bangsa, hal tersebut dapat kita lihat dalam bidang" kehidupan, seperti bidang ekonomi yang masyarakat kita lebih menyukai produk" luar negeri dari pada produk lokal yang kualitasnya tidak kalah dengan produk luar. dalam bidang budaya dan sosial misal, remaja yang lebih tertarik pada budaya luar seperti Korean-POP dan lebih tertarik mempelajari tari dance barat dari pada tari tari tradisional, dalam hal sosial seperti mulai lunturnya karakter sopan santun di kalangan remaja, stile pakaian, rambut, dan gaya hidup lainnya yang dapat dikatakan bertentangan dengan nilai masyarakat Indonesia,.dengan adanya globalisasi dapat jg berpengaruh pada politik/
pemerintahan suatu Negara, banyak ideologi yang masuk dan dianggap cocok jika diterapkan di Indonesia, hal ini dapat mengancam ideologi Negara kita yaitu pencasila yang lahir dari Indonesia sendiri. Dan masih banyak lagi dampak globalisasi terha dap jati diri bangsa ,walau pun tidak secara langsung, tetapi pengaruh tersebut dapat berpengaruh pada rasa nasionalisme yang mulai luntur, solusi dr semua itu adalah menyaring budaya yang masuk dan tetap mencintai bangsa Indonesia sendiri." sekian (mohammad faisol roziqin- 17201163151. -PAI 1-C)

Hedigaluh said...

1.Berarti Pendidikan Kewarganegaraan diwajibkan untuk dipelajari dan diamalkan. Mengajarkan bagaimana sejarah indonesia sebelum merdeka sampai setelah merdeka hingga keadaan indonesia sampai saat ini. Mengetahui tokoh yang berjuang untuk negara dan bagaimana caranya berjuang memperebutka bangsa Indonesia. Memperebut bangsa Indonesia tidaklah mudah , maka dari itu kita sebagai mahsiswa harus meneruskan perjuangan bangsa. Dengan cara membentuk kepribadian kita untuk menjadi mahasiswa yang mampu mewujudkan nilai pancasila. Pancasila adalah dasar negara kita. Maka dari itu kita hrs bisa menjalankan nilai pancasila yang sudah ada di sila yang terkandung. Nilai kehidupan kita sudah ditulis dalam pancasila. Denga nilai kelima pancasila ada korelasi antara pendidikan kewarganegaraan dengan konteks kehidupan bangsa dan negara. Agar mahasiswa sadar bahwa pentingnya Pendidikan Kewarganegaraan bagi kehidupan bangsa dan negara. Dengan adanya Pendidikan Kewarganegaraan mempelajari politik indonesia , identitas nasional , demokrasi indonesia, hukum yang ada di indonesia dsb. Semua dipelajari dalam pendidikan kewarganegaraan, maka kita sebagai mahasiswa bisa mengamalkan ajaran ini dikehidupan nyata agar indonesia bisa merdeka dan menjadi negara maju serta dipandang penuh(berkuasa) oleh negara Eropa. Indonesia pernah menjadi pusat pandangan negara Eropa saat Soekarno membacakan pancasila dimuka umum negara Eropa. Bangganya menjadi Indonesia. Tetapi sekarang Indonesia menjadi rendah dan dipandang sebelah mata oleh dunia. Maka kita sebagai penerus bangsa harus memikirkan Indonesia agar lebih maju, damai, makmur dan sejahtera

4. Demokrasi di Indonesia menggunakan demokrasi pancasila. Demokrasi adalah pemerintahan atau kekuasaan dari rakyat oleh rakyat dan untuk rakyat.
Artinya kekuasaan penuh ada ditangan rakyat. Seperti yang dituliskan dalam pancasila sila ke-4. Rakyat adalah subjek pendukung pokok negara. Negara dan pemerintahan tidak akan terbentuk jika tidak ada rakyat.
 sistem demokrasi pancasila dinilai paling cocok dengan keadaan negara kita sehingga tujuannya mampu untuk mengatasi permasalahan sosial yang terjadi pada masyarakat Indonesia. Dalam pelaksanaannya, demokrasi pancasila belum mampu dijalankan secara optimal.
Contohnya adalah pemilu. Pemilu di indonesia seharusnya melakukan suara rakyat untuk memilih pemimpinnya yang pantas untuk dicontoh dan diteladani. Tetapi pemilu ini disalah gunakan bagi calo calo yang mencalonkan. Di indonesia saat ini semua dapat dibeli dengan uang. Para calon pemimpin ini memberi uang ataupun bentuk yang lain agar ia terpilih menjadi pemimpin. Sifat seperti ini berarti rakyat tidak bebas dalam berdemokrasi. Padahal dengan adanya demokrasi pancasila membuat kita bebas memilih sesuai hak dan kewajiban kita tidak luput dari nilai pancasila. Sebagai warga Indonesia harus mewujudkan rasa keadilan sosial agar adil saat mencalonkan jadi pemimpin, artinya harus konsisten, tidak menyuap rakyat agar mendukungnya. Pengambilan keputusan dengan musyawarah mufakat. Dengan adanya musyawarah mufakat saat pemilu tidak akan terjadi permusuhan. Hak dan kewajiban rakyat harus seimbang untuk memilih pemimpin sesuai keinginan dan cara kerjanya.
Mengutamakan persatuan nasional dan kekeluargaan. Meskipun tidak terpilih menjadi pemimpin haruslah tetap bersifat kekeluargaan karena satu negara adalah satu keluarga.
Menjunjung tinggi tujuan dan cita-cita nasional yaitu kesejahteraan rakyat dan perdamaian dunia agar menjadi masyarakat makmur.
Upaya untuk menjalankan demokrasi pancasila dengan adanya kesadaran diri masyarakat dan niat untuk memahami nilai-nilai demokrasi seperti yang terkandung dalam nilai pancasila. Memahami dan mempraktekkan nilai-nilai demokrasi memerlukan pemberlajaran, yaitu belajar dari pengalaman masa lalu untuk mewujudkan budaya demokrasi dengan lebih baik.
(pai-1c / 17201163403)

Dewi said...

PAI 1-C/17201163038
2. Berikan penjelasan tentang globalisasi, apakah ada korelasi secara langsung antara globalisasi dengan pelemahan identitas atau jati diri bangsa indonesia?
5. Bagaimana pelaksanaan demokrasi di indonesia, apa permasalahannya serta bagaimana upaya yang dapat dilakukan untuk pemecahan masalah tersebut?
Jawab :
2. Globalisasi adalah proses menjadikan dunia ini menjadi terbuka bagi siapa saja , dalam hal ini terjadi pertukaran pandangan, produk-produk, pemikiran antara negara satu dengan yang lainnya, kebudayaan, ilmu pengetahuan dan teknologi Menurut pendapat saya ada korelasi antara globalisasi dengan pelemahan identitas atau jati diri bangsa indonesia karena adanya globalisasi semakin lunturnya semangat gotong royong,banyak hal-hal yang menyimpang (misal,banyak anak sekarang masih kecil melihat video-video yang berbau sara melalui internet ), dan banyak orang indonesia gaya hidup nya kebarat-baratan ( misal, orang desa yang bekerja dikota memakai pakaian yang membeberkan auratnya mereka tidak malu justru mereka senang karena tubuhnya bisa memikat lawan jenisnya). Oleh karena itu sebagai generasi penerus bangsa kita boleh saja mengikuti arus globalisasi asalkan bisa membedakan atau menyeleksi yang perlu diterapkan atau tidak di indonesia.
5. Pada saat demokrasi di indonesia adalah demokrasi pancasila namun dalam pelaksanaannya masih jauh dari sempurna karena banyak jalan yang menghadang. Salah satu karakteristik demokrasi pancasila adalah sebagian besar hak dasar rakyat bisa terjamin seperti adanya kebebasan menyatakan pendapat, kebebasan pers, persamaan kedudukan di muka hukum,dan sebagainya. Namun hal itu berbanding terbalik disini persamaan kedudukan di depan hukum, dalam hal ini mereka yang tidak mempunyai jabatan apabila melakukan kesalahan dia akan terjerat sedangkan orang yang mempunyai jabatan akan terbebas dari jeratan hukum, padahal hukum mengatur bagaimana seharusnya penguasa bertindak, bagaimana hak dan kewajiban dari penguasa da juga rakyatnya. Semua rakyat mmepunyai kedudukan yang sama didepan hukum, artinya hukum harus dijalankan secara adil dan benar, hukum tidak pandang bulu. Siapa saja yang bersalah harus dihukum sesuai ketentuan yang berlaku. Selain itu masih ada pemilihan kepala daerah dengan memberi suapan untuk menjadi pemilihnya walaupun orang tersebut pernah tersandung masalah yag terpenting adalah yang memberi uang terbanyak itulah yang dipilih, sedangkan orang baik uang nya kecil mereka tidak akan memilihnya.Upaya untuk menyelesaikan dengan hal ini aparat hukum harus tegas dan bijaksana , bebas dari pengaruh pemerintahan yang berkuasa dan berani menghukum siapa saja yang bersalah, membiasakan diri untuk berbuat sesuai dengan aturan main atau hukum yang berlaku, membiasakan diri bertindak demokratis dalam segala hal, membiasakan diri memilih pemimpin melalui cara-cara yang demokratis.

Unknown said...

NAMA : MOH ALI
KELAS : 1C
NIM : 17201163231

1. Jelaskan pelaksaan demokrasi di indonesia, dan apa permasalahannya serta bagaimana upaya yang dapat dilakukan untuk pemecahan masalah tersebut.?
2. Jelaskan reformasi dari tahun 1998 yang telah membawa terhadap struktur ketatanegaraan dan sistem pertahanan indonesia.?
Jawaban :
1. Pelaksaan demokrasi setiap negara berbeda-beda. Hal ini ditentukan oleh sejarah, budaya, dan pandangan hidup dalam dasar negara. Serta tujuan tersebut sesuai dengan pandangan hidup dan dasar negara. Pelaksanaan demokrasi di indonesia telah mengacu pada landasan idiil dan landasan konstitusional UUD 1945.
Dalam dasar demokrasi di indonesia kedaulatan rakyat yang seperti tercantum dalam pemikiran pembukaan UUD 1945. Pelaksaan demokrasi di indonesia sering mengalami pasang surut karena adanya perubahan bentuk demokrasi yang telah dilaksanakan di indonesia, pelaksaan demokrasi pada masa revolusi pada saat itu pelaksanaan tidak berjalan dengan baik karena pada awal pertama masih terdapat kekuasaan. Banyak permasalahan pada saat pelaksanaan demokrasi seperti pelaksanaan pemilihan pemilu di indonesia.
Pada pelaksanaan pemilihan tersebut banyak pelanggaran-pelanggaran yang sering terjadi yang bersangkutan dengan prinsip-prinsip ideologi yaitu, dari salah satu calon membagi-bagikan uang kepada masyarakat dengan syarat harus memilih calon tertuntu. Juga akan terjadi kasus kekerasan dan intimidasi pada berlangsungnya pemilihan pemilu tersebut.
Menurut pendapat saya cara mengatasi kasus tersebut harus dengan hati rohani agar ketika pemilihan tidak terjadi konflik dan paksaan dari orang lain, sehingga pada saat pemilihan pemilu akan terlaksana dengan baik tanpa adanya permasalahan antara calon satu dengan calon yang lain.

2. Pada reformasi di indonesia pada tahun 1998 membawa dampak perubahan dalam peraturan dalam politik, berbagai regulasi yang berkaitan dengan sistem politik dan ketatanegaraan termasuk juga perubahan yang dilakukan terhadap UUD 1945 itu sangat cepat, hal ini karna adanya dorongan tertentu yang sangat kuat pada awal reformasi, diantaranya. Tuntutan dalam kehidupan negara penyelenggaraan pemerintah penegakan hukum yang lebih baik penghormatan dalam hak-hak asasi manusia berbagai tuntutan lainnya.

SRI WULANDARI said...

SRI WULANDARI
PAI 1 C
NIM 17201163329


3. a. jika pada masa orde baru pemuli yang diadakan 5 tahun sekali hanya sebagai alat legitimasi kekuatan Suharto dengan memobilisasi masa rakyar, tapi sekarang dilakukan dengan sistem distrik dan tidak ada lagi ketakutan untuk menentukan pilihan terhadap parti dan yang dikehendaki. informasi struktur dan fungsi poltitik yang melekat pada struktur tersebut.
b. jika pada masa orde baru, pertanggung jawaban presiden cukup untuk meminta pertanggung jawaban presiden sebagaimana daktris, tapi kenyataannya tidak punya kekuatan cukup untuk meminta pertanggung jawaban presiden, selain itu revormasi struktur politik dan pemerintahan juga menyentuh usaha pemuatan fungsi legislatif c. diantara memiliki fungsi legislatif anggaran dan penguasaan revormasi sistem kepartaian pada masa orde baru, partai politik tidak diberi ruang untuk berkembang dan melaksanakan fungsinya, tatapi kini setiap parti politik dapat mencantumkan ciri tertentu sesuai dengan kehendak dan cita-citanya asalkan tidak bertentangan dengan pancasila dan UUD 1945 d. revormasi penyelenggaraan pemerintah daerah selama masa orde baru penyelenggaraan pemerintahan daerah diwarnai kuatnya peran pusat dalam menentukan pembangunan di daerah, namun setelah adanya revormasi , kini pembangunan daerah dapat sesuai dengan aspirasi dan potensi yang ada di daerah.

4.dalam praktek orde baru hanya membawa kebahagiaan semu, perekonomian merosot, ekonomi mengarah pada kapitalis dan banyak lagi, maka timbul sebagai gerakan masyarakat yang menuntut revormasi disegala bidang terutama politik, ekonomi, dan hukum.
contoh permasalahan pelaksanaan demokrasi yang ada diIndonesia

1. kemiskinan, pada akhir tahun 1996 jumlah penduduk miskin Indonesia sebesar 22,5 juta jiwa atau sekitar 11,4% dari jumlah seluruh jumlah penduduk Indonesia. namun sebagai akibat dari krisis ekonomi yang berkepanjangan sejak pertengahan tahun 1997, jumlah penduduk miskin pada akhir tahun melonjak menjadi sebesar 47 juta jiwa atau sekitar 23,5% dari jumlah seluruh penduduk Indonesia. pada akhir 2000, jumlah miskin turun sekitar menjadi sebesar 37,3 juta jiwa atau sekitar 19% dari jumlah seluruh penduduk Indonesia. dari segi distribusi pendapatan nasional, penduduk indonesia berada dalam kemiskinan, sebagian kekayaan banyak dimiliki kelompok berpenghasilan besar atau kelompok kaya di Indonesia

- upaya penanggulangan kemiskinan, dapat dengan mengadakan program IDT (inpres desa tertinggal), KUK (kredit usaha kecil), KMKP (kredit modal kerja permanen), PKT (program kawasan terpadu, GN-OTA dan program wajib belajar)

2. masalah keterbelakangan, masalah yang dihadapi adalah rendahnya tingkat pendapatan dan pemerataannya, rendahnya pelayanan kesehatan, kurang terpeliharanya fasilitas umum, rendahnya tingkat disiplin masyarakat, rendahnya tingkat keterampilan, rendahnya tingkat pendidikan formal, kurangnya modal produktivitas kerja, lemahnya manajemen usaha.

- Upaya penanggulangan keterbelakangan, meningkatkan kualitas SDM, pertukaran ahli, transfer teknologi dari negara maju dsb.

Umi Sofina said...

Nama : Umi Sofinatus Solihah
Kelas : PAI-1 C
NIM : 17201163108

1. Nilai-nilai perjuangan pahlawan bangsa Indonesia dalam merebut,mempertahankan,dan mengisi kemerdekaan mengalami pasang surut dan sekarang semangat perjuangan bangsa telah mengalami penurunan yang sangat drastis.Disamping itu, pengaruh globalisasi, baik dari aspek positif maupun negatif,telah memberi pengaruh tersendiri pada kehidupan bangsa dan negara Indonesia. Dalam aspek ilmu pengetahuan dan teknologi semakin berkembang dan bermunculan produk dari informasi,komunikasi,dan teori baru dalam bidang pendidikan. Hal ini sangat mempengaruhi pola pikir dan mental bangsa dalam menghadapi situasi dunia yang seperti ini.Berdasarkan situasi tersebut,perlunya membekali para siswa dan mahasiswa dengan kurikulum mengenai Pendidikan Kewarganegaraan yang didalamnya menekankan pentingnya kesadaran berbangsa dan bernegara,mengetahui hak dan kewajiban warga negara,dll.Melalui Pendidikan Kewarganegaraan warga negara diharapkan mampu memahami,menganalisis,dan menjawab masalah2 yang dihadapi oleh masyarakat,bangsa dan negara yang sesuai cita2 bangsa Indonesia.

2. Era globalisasi adalah era yang dapat berpengaruh terhadap nilai2 budaya bangsa Indonesia. Globalisasi merupakan ancaman,tantangan,dan sekaligus peluang bagi bangsa Indonesia untuk berkreasi dan berinovasi disegala bidang aspek kehidupan.Dengan adanya globalisasi,pergaualan antar negara menjadi semakin tinggi dan kuat.Dengan demikian,hubungan pergaulan antar bangsa yang semakin ketat itu terjadilah proses akulturasi yang dapat merongrong nilai2 yang telah ada di dalam masyarakat,dan kecenderungan munculnya kejahatan semakin luas. Kejahatan tersebut antar lain terkait dengan terorisme dan merajalelanya peredaran narkoba yang sangat merusak kepribadian dan moral bangsa,khususnya bagi penerus generasi bangsa.Masalah tersebut berpengaruh terhadap nilai2 budaya bangsa Indonesia yang selama ini dijunjung tinggi menjadi memudar.Jika hal ini tidak dapat diatasi,hal tersebut akan meganggu ketahanan nasional disegala aspek kehidupan,bahkan menyebabkan lunturnya nilai2 identitas nasional bangsa Indonesia.

hisamirzaki98 said...

2. Globbalisasi merupakan perkembangan iptek yang sangat pesat. Sedangkan pendidikan di indonesia masih banyak yang belum menggunakan teknologi dalam proses pendidikan. Sehingga masyarakat indonesia terjadi ketertinggalan iptek. Ini dapat dilihat dari banyaknya SDA yang masih diproses oleh masyarakat luar negeri, contohnya PT freeport di Papua.
4. Demokrasi di indonesia saat ini belum berjalan dengan baik, ini disebabkan karena egoisme (mementingkan sendiri). Contohnya dalam pemilu, pemilu akan memilih asalkan dibayar sedangkan yanh dipilih bila berhasil memenangkan pemilu mereka akan memanfaatkan jabatannya yaitu mengambil ganti rugi dalam pemilu melalui korupsi. Namun ini dapat dengan pemilihan yang didasari oleh pengetahuan dan sosialasasi tentang pemilu yaitu pemilu yang luberjurdil. sehingga terjadi pemilihan pemilihan yang adil dan jujur. Karena dibalik pemimpin yang baik rakyat-nya juga baik dan dibalik rakyat yang jujur pasti pemimpin-nya juga jujur.
Kelas :PAI-1C
Nama :Moh.hisam irzaki
Nim :17201163455

Unknown said...

NAMA:DEVI WAHYUNI
NIM:17201163086
Kls: PAI 1-C

2.Adanya era globalisasi dapat berpengaruh terhadap nilai budaya bangsa indonesia,era tersebut datang dan menggeser nilai yang telah ada.Nilai tersebut bersifat positif dan negative.ini semua merupakan ancaman,tantangan dan sekaligus peluang indonesia untuk berkreasi dan berinovasi di segala aspek kehidupan.Di era globalisasi ini pergaulan antar bangsa semakin ketat ,batas antar negara hampir tak ada artinya,di dalm pergaulan yang semakin kental itu akan terjadi alkulturasi,saling memengaruhi dan meniru antara budaya msing2 ,hal tersebut dapat melunturkan tata nilai yang mrupakan jati diri bangsa indonesia yang disebabkan semakin menonjolnya sikap individualitass ,smakin menonjolnya sikap materialistis .Pengaruh negative akulturasi tersebut dapat merongrong nilai yang telah ada di dalm masyarakat kita dan akan mengganggu ketahanan di segala aspek bahkan mengarahkan kepada kredibilitas sebuah ideologi. Untuk membendung arus globalisasi tersebut kita hrus berupaya menciptakan kondisi/konsepsi agar ketahanan nasional dapat terjaga dengan cara membangun konsep nasinalisme kebangsaan yang mengarah kepada konsep identitas nasional ...

3.Dalam perkembangan demokrasi konstitusional yg berkeinginan untuk menyelenggarakan hah politik secara efektif di wujudkanya dlam konstitusi yg membatasi kewenangan pemerintah baik tertulis atau tidak dengan ditegakkanya rule of law sebagai berikut: Supremasi hukum ,Persamaan hak dan kewajiban setiap warga negara didepan hukum dan pemerintahan,Terjaminya hah-hak warga negara dlm UUD .Elite politik juga memiliki pengaruh besar dalam menentukan demokrasi baru menjadi stabil ,efektif ,terkonsolidasi .Perilaku elite politik menjadi contoh bagi nonelite dalam membentuk kultur politik .Dalam sebuah demokrasi yg terkonsolidasi ,para elite mengakui sisem legitimasi dan memperlihatkan kepercayaan trhadap demokrasi dgn cara bkerja memajukan agenda politik dlm kerangka institusi politik. Peran masyarakat madani untuk mengurangi polarisasi politik dan menciptakan kultur toleransi,dan mengajarkan sikap menghargai pandangan yg berbeda..

Unknown said...

3. Jelaskan reformasi tahun 1998 telah membawa perubahan terhadap stuktur ketatanegaraan dan sistem pemerintahan indonesia ?
Pada masa reformasi telah mengubah kondisi pemerintahan di indonesia. Misalnya adanya amandemen UUD 1945, Sistem pemerintahan Indonesia menganut sitem pemisahan kekuasaan (legislatif, eksekutif dan yudikatif), dimana setelah amandemen struktur ketatanegaraan Indonesia berubah, UUD 1945 merupakan hukum tertinggi kemudian UUD membagi kekuasaan kepada BPK, legislatif, eksekutif, yudikatif. Dalam bidang legislatif adalah MPR yang terdiri dari DPR dan DPD (memegang kekuasaan membentuk undang-undang), dalam bidang eksekutif adalah presiden (dimana presiden memegang kekuasaan pemerintah) dan wakil presiden yang mana presiden dan wakil presiden dipilih langsung oleh rakyat dan masa jabatannya 5 tahun dan dapat dipilih kembali dala 1 kali jabatan, dalam bidan Yudikatif adalah MA, MK, KY sebelum amandemen kekuasaan kehakiman oleh MA setelah amandemen kekuasaan kehakiman ada MA, MK. Dengan adanya perubahan amandemen inilah menjadikan pemerintah lebih tanggung jawab dan programnya lebih tertata rapi bahkan rakyat mulai aktif dalam menanggapi kinerja pemerintah, apakah baik atau tidak.
4. Bagaimana pelaksanaan demokrasi di Indonesia, apa permasalahannya serta bagaimana upaya yang dapat dilakukan untuk memecahkan masalah tersebut ?
Di Indonesia pelaksanaan demokrasi belum tertata dengan baik dan belum mampu menciptakan kesejahteraan masyarakat karena kurangnya partisipasi rakyat. Zaman sekarang ini banyak masyarakat yang golput ketika pemilu, calon yang akan dipih biasanya memberi uang suap kepada rakyat agar memilihnya, mendahului kampanye sebelum waktunya selain itu banyak masyarkat yang tidak mematuhi kebijakan dari pemerintah. Upaya Kita sebagai warga negara yang menerapkan sistem demokrasi dengan cara menerima dan melaksanakan saja kebijakan dari pemerintah, ketika pemilu berlaku jujur dan adil, meningkatkan partisipasi kita dalam kegiatan berpolitik.

(PAI 1C / 17201163193)

Unknown said...

MANZILATUR ROHMAH
PAI 1C
NIM 17201163009


4. Pelaksanaan demokrasi indonesia masih kurang baik.Dalam lembaga yudikatif hukum di indonesia masih tumpul ke atas dan tajam ke bawah.Bagi yang punya uang pastilah akan jadi pemenang,namun apabilan tidak punya uang pastilah yang tertindas.
Upaya yang harus dilakukan adalah pemerintah harus bertindak adil memperjuangkan yang benar dan memberi hukuman bagi yang salah.
5. sesama bangsa indonesia haruslah saling menghargai antar umat beragama.Harus saling toleransi dan berbuat baik .kita harus sadar bahwa dalam hidup kita membutuhkan bantuan orang lain.Agar kita terhindar dari konflik antar umat beragama kita harus saling mengerti urusan masing masing,saling membantu dalam hal sosial dan saling tegur sapa .

miftahurrohmah said...

MIFTAHURROHMAH
PAI-1C
17201163007

4. Bagaimana perlaksanaan demokrasi di indonesia,apa permasalahannya, serta bagaimana upaya yg dapat di lakukan untuk pemecahan masalah tersebut?

jawab : demokrasi di indonesia saat ini belum terlaksana dengan baik, karena sampai sekarang indonesia masih terkenal dengan korupsi. menurut saya upayanya, pemerintah harus lebih menegakkan keadilan. supaya yang melakukan korupsi mendapatkan konsekuensi yang telah di tetapkan atau bahkan lebih karena sebagian besar pelaku korupsi adalah pejabat. dan tidak membedakan hukuman antar rakyat biasa dengan pejabat atau yang berduit dan yang tidak berduit.

5. Bagaimana cara menejemen konflik yang terjadi dalam kehidupan masyarakat. baik konflik lingkungan kota sampai pada konflik beda agama dan sesama agama?

jawab: menghormati setiap masyarakat baik konflik atau masalah dalam lingkungan seperti tidak rukunnya antar tetangga, konflik beda agama dimisalkan saja seperti pada lingkungan ada perbedaan agama, dan kita harus bersikap menghormati. dan pada sesama agama contohnya tidak sependapat dalam suatu masalah tertentu. menurut pendapat saya kita harus menghormati atau menghargai antar pendapat orang lain baik yang sesama agama maupun bukan asalkan pendapat tersebut masih bisa di pertimbangkan dan di pertanggungjawabkan.

Unknown said...

Jawaban:
2. Globalisasi adalah perubahan kemajuan iptek negara dengan berjalannya waktu.
Iya ada, dengan kemajuan globalisasi yang tinggi menyebabkan jati diri bangsa indonesia ini banyak yang luntur terutama di kalangan pemuda indonesia, hal ini bisa di contohkan dengan gaya dan tingkah laku para pemuda indonesia yang begitu menurun moralnya setelah kemajuan globalisasi oleh iptek yg di salah gunakan
4. Pelaksanaan demokrasi di indonesia belom lancar meski sudah di lakukan dalam setiap pemilihan pengurus negara atau pemimpin negara. Karena pada saat pemilihan pengurus tersebut sebelumnya sudah melakukan sistem suap dari para calon pengurus yang mampu menyuap, sehingga ada yg berfikir seperti ini: "Mana yang besar pemberian suapnya mereka akan saya pilih dan jika yang rendah pemberian suapnya tidak akan saya pilih". Hal ini terbukti, bahwa masyarakat tidak memikirkan bagaimana kedepannya negara indonesia jika di jabat oleh orang" yang salah jika dalam pengelolaan negara ini di kelolah oleh orang yg salah bisa menjadikan cela bagi negara asing untuk menguasai negara indonesia.
Upaya dalam pemecahan masalah tersebut:
>Pemerintah harus menyadarkan para pemilih calon pengurus akan pentinya pengurus yang adil, jujur, bijak sana,tegas, dan berwawasan luas juga peduli akan kepentingan rakyatnya.
>Pemerintah tidak memperbolehkan para calon pengurus negara melakukan suap kepada calon pemilih pengurus negara, jika ada yang melakukan suap akan di kenai hukuman berupa: tidak boleh menjadi calon pengurus negara.

(PAI-1C/17201163347/
Binti khoirun nikmah)

Unknown said...

PAI-1C/17201163459
1. Dalam kehidupan bangsa dan negara pendidikan kewarganega dapat mengembangkan niali kebangsaan serta mempunyai peranan penting dalam membentuk bangsa indonesia lebih baik, dalam mencetak watak, serta kriteria bangsa yang bermartabat dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

4. Banyaknya permasalaha-permasalahan di indonesia banyak menimbulkan konflik antar beberapa masyarakat seperti hal nya burukna kinerja lembaga perwakilan rakyat,banyak dari mereka menyelewenkan jabatanya untuk melakukan tindakkan korupsi,menghambur-hamburkan uang negara untuk hal pribadi. dalam mengatasi hal tersebut masyarakat harus cermat dalam memilih lembaga perwakilan rakyat, serta berfikir ke depan bahwa wakil rakyat tersebut adalah yang terbaik dalam memimpin bangsa indoneisa,karena dalam hal tersebut bisa membawa bangsa indonesia menjadi lebih maju.

Unknown said...

Nama : Rahayu Nur Fatmawati
NIM : 17201163081
Kelas : PAI 1 C

Soal no. 2
Menurut saya, globalisasi berdampak hampir terhadap seluruh aspek kehidupan, khususnya mengenai lemahnya identitas atau jati diri bangsa Indonesia. Salah satu ciri-ciri semakin berkembangnya fenomena globalisasi adalah meningkatnya interaksi kultural melalui perkembangan media massa. Semakin kita bisa mengakses berbagai informasi lewat media massa, semakin banyak kita mengenal budaya asing. Akan tetapi, kebanyakan masyarakat Indonesia belum bisa menyeleksi dalam berbagai hal mengenai budaya asing yang seharusnya tidak menyebabkan masyarakat Indonesia lupa akan identitas atau jati diri bangsa Indonesia. Banyak masyarakat Indonesia yang lebih bangga akan budaya-budaya asing. Masyarakat kita menganggap budaya asing itu lebih keren, lebih kekinian. Padahal masyarakat luar negeri sangat mengagumi keberanekaragaman budaya di Indonesia. Mereka rela menghabiskan banyak uang, waktu, dan tenaga mereka untuk melihat keindahan budaya Indonesia. Mereka sangat kagum dengan keramahan masyarakat Indonesia, keunikan wayang, keunikan angklung, dan keunikan-keunikan lainnya.
Jadi, menurut saya, globalisasi memiliki korelasi secara langsung maupun tidak langsung dengan pelemahan identitas atau jati diri bangsa Indonesia.

Soal no. 4
Di Indonesia sistem pemerintahannya adalah demokrasi. Singkatnya, arti demokrasi adalah pemerintahan dari rakyat, oleh rakyat, dan untuk rakyat. Dalam hal ini, berarti pemegang kekuasaan tertinggi adalah rakyat. Akan tetapi, kenyataannya demokrasi belum bisa terwujud dengan baik di Indonesia. Salah satu dari unsur-unsur demokrasi adalah peradilan yang bebas dan mandiri. Maksud dari bebas disini adalah tidak berpengaruh dengan tekanan dan kepentingan sepihak. Sedangkan maksud dari mandiri adalah tidak dapat diintervensi oleh pihak manapun. Akan tetapi, dalam masyarakat Indonesia permasalahan yang sering muncul adalah sistem peradilan Indonesia yang tajam ke bawah dan tumpul ke atas. Permasalahan seperti ini sangat sulit diberantas dalam masyarakat Indonesia, karena ini hal mendasar mengenai kepribadian masyarakat Indonesia yang sudah menjadi hal yang biasa terjadi di Indonesia.
Menurut saya, salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk pemecahan masalah tersebut adalah dengan sosialisasi mengenai pentingnya pendidikan berkarakter dan pentingnya mewujudkan peradilan yang bebas dan mandiri untuk tercapainya cita-cita masyarakat Indonesia untuk menjadikan Indonesia sebagai negara demokrasi. Selanjutnya, pemerintah hendaknya memberi sanksi tegas kepada lembaga peradilan yang melakukan pelanggaran, khususnya mengenai hal-hal yang merugikan kehidupan rakyat Indonesia, seperti tindakan Korupsi, Kolusi, dan Nepotisme.

faisolroziqin said...

no.2.globlalisasi adalah suatu hubungan keterkaitan antara manusia maupun bangsa di seluruh dunia. Hal ini dapat dilihat langsung dalam masyarakat indonesia yang melupakan budaya sendiri dan memilih budaya asing. Hal ini lambat tahun akan melemahkan jati diri bangsa indonesia. No 4.pelaksanaan demokrasi di indonesia belum berjalan dengan baik,sesuai dengan visi misinya. Contoh permasalahanya :calon kepala desa menyuap masyarakat dengan memberikan uang dengan harapan masyarakat akan memilihnya. Solusinya mengajarkan sejak dini pada masyarakat pendidikan politik yang baik
muhammad rojik . PAI-1C (17201163217)

Unknown said...

NAMA: APRILIA SUCI SYAHRENA
NIM: 17201163044
KELAS: PAI 1-C

2.Globalisasi adalah suatu proses tatanan masyarakat yang mendunia dan tidak mengenal batas wilayah.Globalisasi mempunyai dampak negatif maupun positif dalam jati diri bangsa.dampak negatif globalisasi dalam bidang ekonomi adalah hilangnya rasa cinta terhadap produk dalam negeri dan memilih produk luar negeri.Dengan hilangnya rasa cinta terhadap produk dalam negeri,menunjukkan gejala berkurangnya dan lunturnya rasa nasionalisme terhadap bangsa Indonesia.Globalisasi akan berpengaruh negatif terhadap jati diri bangsa jika kita menghadapi globalisasi dengan tindakan antisipasi dari pengaruh negatif juga memberikan solusi globalisasi terhadap eksistensi jati diri bangsa dengan memberikan gambaran tentang tantangan dampak negatif dari globalisasi yang dihadapi bangsa Indonesia saat ini.

3.Pelaksanaan demokrasi di Indonesia ternyata masih belum optimal,masih belum matang,dan masih banyak pelanggaran-pelanggaran yang terjadi,contohnya pada saat pemilu,yaitu salah satu seorang kader telah membagikan uang kepada masyarakat ,dengan syarat masyarakat harus memilih bakal calon tersebut.
Upaya mengatasi masalah tersebut adalah:
-Seluruh pihak dalam pelaksanaan pemilu harus bekerjasama menjaga ketertiban dan kelancaran
-Semua warga dalam pelaksanaan pemilu harus saling menghargai pendapat agar tidak terjadi kericuhan saat pemilihan berlangsung
Kita sebagai warga negara yang baik dan benar,harus mengerti hak dan kewajiban sebagai warga negara,lalu kita harus bertindak JURDIL (Jujur Adil) saat memilih pemimpin yang benar.Permasalahan-permasalahan demokrasi di Indonesia harus segera ditangani,apabila dibiarkan begitu saja tanpa ada upaya penyelesaian demokrasi di Indonesia akan mati.

Unknown said...
This comment has been removed by the author.
Unknown said...
This comment has been removed by the author.
Unknown said...

Jawaban untuk nomor 1 dan 2

1.pendidikan kewarganegaraan dirasa perlu dan sangat relevan untuk kehidupan saat ini karena dalam pendidikan kewarganegaraan termuat di dalamnya landasan hukum negara,pancasila,dan dasa-dasar negara untuk mengatur kehidupan berbangsa dan bernegara dengan baik.

2. era globalisasi adalah era dimana komunikasi antar manusia/bangsa dapat secara meluas bahkan budaya-budaya dari bangsa lain pun tersebar dan dapat diakses dengan mudah. menurut saya itu kedua-duanya, dengan masuknya globalisasi secara langsung dan tanpa filter akan merusak identitas bangsa, bisa kita lihat mulai melemahnya budaya nasional seperti tari-tarian tradisional, lagu tradisional, kesemua itu adalah identitas bangsa sejak dulu dan sekarang telah merebak tarian budaya lain seperti hip-hop dll. dan untuk jati diri bangsa hubungan dari globalisasi itu adalah sejatinya pengertian dari jati diri bangsa itu sendiri adalah identitas budaya bangsa yang ada dalam struktur sosial kita sehari-hari atau lebih tepatnya adat istiadat, dengan adanya globalisasi yang tak struktur dengan baik bisa merubah jati diri bangsa, bisa kita lihat kehidupan di kota sudah tidak ada kehidupan gotong royong dan sejatinya orang jawa pada khususnya dan orang indonesia pada umumnya terkenal santun dan gotong royong.

NAMA : NURUDIN SYAFII
PAI 1 C
NIM : 17201163225

Unknown said...


2. Globalisasi adalah proses dimana individu, kelompok, atau antarnegara saling berinteraksi, bergantung, terkait, dan mempengaruhi baik dalam hal positif atau negatif. Hubungan peningkatan dengan ketergantungan antarbangsa dan antarmanusia adalah melalui, perdagangan, investasi, budaya populer (gaya hidup), dan bentukinteraksi yang lain.
Tentunya terdapat Korelasi secara langsung antara globalisasi dengan pelmahan identias atau jati diri bangsa Indonesia. Salah satu contohnya gaya hidup orang Indonesia yang meniru kebarat-baratan, dengan berpakaian yang meniru orang Barat atau lebih menyukai produk makanan yang instan milik orang Barat. Tidak hanya itu, budayanya pun mengikuti budaya orang asing dan bahkan budayanya sendiri tidak dilestarikan dan mungkin banyak orang Indonesia yang tidak mengetahui budayanya sendiri.
4. Demokrasi adalah bentuk pemerintahan yang setiap warga negara memiliki hak yang setara dalam pengambilan keputusan yang menentukan hidup mereka. Demokrasi juga dapat diartikan sebagai bentuk pemerintahan yang dipegang oleh rakyat atau rakatlah yang mempunya kedaulatan tertinggi. Demokrasi mengizinkan warga negaranya untuk berpartisipasi baik secara langsung atau dengan perwakilan dalam perumusan, pengembangan, dan juga pembuatan hukum. Demokrasi disebut juga pererintahan dari rakyat, oleh rakyat dan untuk rakyat. Demokrasi di Indonesia adalah demokrasi langsung yaitu rakyat ikut berartisipasi dalam menyampaikan aspirasi. Contohnya pada pemilu. Namun permasalahannya adalah warga Indonesia tidak semua menggunakan hak tersebut dengan baik. Kadang banyak yang enggan atau tidak tahu apa-apa dan tidak ada yang memberitahu. Solusinya adalah pemetintah seharusnya lebih bisa berkoordinasi dengan warganya dan pemerintah menjalankan roda pemerintahan sesuai dengan janji yang telah diucapkan. Dan warga harus bisa menjadi warga yang baik. Cotoh jika ada pemilu para calon haus benar-benar dapat dipercaya agar warga tidak enggan untuk memilih dan tidak golput.
PAI 1-C
17201163185

Unknown said...

4. Menurut saya Pelaksanaan demokrasi diindonesia itu belum berjalan seperti apa yang diharapakan dan masih belum sesuai dengan apa yang telah ditargetkan,karena demokrasi di Indonesia masih jauh dari sistem pemerintahan yang terbaik.
Masalahnya:

Menurut saya yaitu terjadinya banyak penyalahgunaan kekuasaan pejabat,sehingga kurang terbukanya sikap pemerintah terhadap rakyat,sehingga menyebabakan banyak terjadinya kasus korupsi,sehingga akan merugikan rakyat dan Negara.
Upaya yang dapat dilakukan menurut saya: seharusnya pemerintah itu melindungi masayarakat,serta melakukan sikap terbuka terhadap rakyatnya,supaya masyarakat dapat percaya terhadap pemerintah,dan pemerintah juga harus membaiki citranya supaya menciptakan interaksi yang baik 5. antara rakyat dan pemerintah.
5. menurut saya dengan melakukan pendekatan dan kerjasama serta menjalani hubungan yang lebih baik demi kepentingan bersama.dan melakukan komunikasi langsung secara kasat mata.
NAMA: NIYATUS SOLIKAH
NIM:17201163337
KELAS:PAI 1C

MUHAMMAD AZIZ said...

2.menurut saya globalisasi adalah berkembangnya kebiasaan warga indonesia yang merujuk kepada budaya yang dimiliki bangsa negara lain tetapi mempertimbangkan adanya aturan agama yang kita percayai,mulai pengaruh dari elektronik ,budaya atau kebiasaan bangsa indonesia.jadi menurut saya dengan adanya globalisasi kalau warga indonesia tanpa melakukan filter maka akan menyebabkan berubahnya identitas warga indonesia ini.
5.kalau menurut saya konflik itu terjadi karena adanya kurang sadarnya pemikiran yang baik dari bangsa kita ini,nah menurut saya cara memenejemnya yang pertama di masyarakat konflik lingkungan kota.menurut saya dengan cara meningkatkan intruksi atau hubungan yang baik dulu dengan warga sekitar karena biasanya di perkotaan itu cenderung tidak tumbuh kehidupan yang bermasyarakat karena terlalu sibuk dengan urusannya pribadi.
konflik beda agana caranya memanejemen kita harus bisa menanamkan pemikiran toleransi (atau menghargai perbedaan ) karena di indonesia negara yang tidak fokus dalam satu agama,tetapi dalam penerapannya kita tanamkan terlebih dahulu ke pemikiran kita setelah itu demi sedikit memberikan pemikiran itu kepada orang lain.
konflik dalam satu agama biasanya konfliknya aturan yang disepakati oleh jamaahnya sendiri beda dengan jamaah yang lain ,kalau menurut saya tidak beda jauh dengan konflik dalam beda agama yaitu kuncinya torelansi.jadi dengan adanya perbedaan tersebut kita harus tetap menghargai perbedaan,karena tujuannya sama yaitu beribadah kepada Allah atau melakukan kewajiban bagi seorang muslim.

PAI 1C/17201163266

dzykara said...

2. Globalisasi dapat diartikan sebagai era atau perubahan zaman yang ditandai dengan tatanan kehidupan akibat kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, khususnya teknologi informasi. Globalisasi dapat berpengaruh terhadap nilai-nilai budaya bangsa Indonesia terutama pada faktor kebudayaan. Globalisasi bisa berdampak positif dan juga bisa berdampak negatif bagi jati diri bangsa Indonesia.
- Contoh dari dampak positif: masyarakat lebih luas dalam mencari informasi seperti dalam hal perdagangan, investasi, budaya, dan hubungan antar negara.
- Sedangkan contoh dari dampak negatif misalnya: dari segi kebudayaan masyarakat Indonesia yang lambat laun melupakan kebudayaannya sendiri, lebih condong dan tertarik pada kebudayaan Barat. Hal ini bisa terlihat dari kebiasaan dan tingkah laku remaja Indonesia yang meniru gaya hidup budaya Barat.
Gaya hidup seperti inilah lambat laun akan melemahkan jati diri masyarakat Indonesia

5. Konflik merupakan suatu pendapat yang berbeda antara perseorangan atau kelompok. Konflik juga disebabkan oleh beberapa hal misalnya perbedaan pandangan, keyakinan, ataupun gaya hidup seseorang. Dan tak kalah penting perbedaan dari diri pribadi dan pendidikan seseorang. Sering kita jumpai disekitar kita baik itu dalam lingkup organisasi, masyarakat bahkan agama.
Kita sebagai warga negara dan sebagai generai muda penerus bangsa apabila melihat situasi dan kondisi yang berupa konflik di masyarakat harus bisa mencari solusi agar redamnya konflik tersebut.
Misalnya saja :
1. Mencari penyebab terjadinya konflik
2. Mencari faktor-faktor pemicu terjadinya konflik
3. Menghubungi pimpinan/tokoh masyarakat dan pemuka agama untuk bermusyawarah agar konflik bisa lerai atau damai.

NAMA : DZYKA ROKHMATUN NUR'AZYZAH
(PAI 1C/17201163049)

Unknown said...
This comment has been removed by the author.
Unknown said...

IZZUDDIN MUHAMMAD
NIM : 17201163272
PAI 1-C

1. Bagaimana relevansi pendidikan kewarganegaraan dalam konteks kehidupan bangsa dan Negara Indonesia saat ini?
JAWAB
Pendidikan Kewarganegaraan sangat dibutuhkan bagi kehidupan bangsa dan negara Indonesia saat ini karena bangsa indonesia saat ini telah memasuki era keemasannya dimana rakyatnya sangat mencintai negara Indonesia Tetapi Rakyatnya tidak sedikit yang berbuat seenaknya dengan negara ini maka untuk itu rakyat indonesia sangat membutuhkan Pendidikan Kewarganegaraan yang berfungsi untuk membenahi semua yang tidak tepat yang dilakukan terhadap Negara Indonesia Seperti Para Pejabat yang sesukanya sendiri Korupsi.

4. Bagaimana pelaksanaan demokrasi di Indonesia, apa permasalahannya serta bagaimana upaya yang dapat dilakukan untuk pemecahan masalah tersebut?
JAWAB
Pelaksanaan Demokrasi diindonesia tidak lepas dari 4Pilar Kebangsaan yaitu:
PANCASILA
UUD 1945
NKRI
Bhinneka Tunggal Ika
Dimana Dengan memperkuat 4 pilar ini diharapkan para pemimpin bangsa dapat mengatasi permasalahan -permasalahan yang ada di Indonesia Seperti masalah Pemilihan Pemimpin di indonesia dimana ada pemimpin-pemimpin yang dipilih oleh wakil rakyat padahal mayoritas rakyat tau bahwa yang dipilih wakil rakyat ada yang buruk dan wakil rakyat tetap dengan pilihannya dikarenakan ada ikatan keluarga. Padahal Itu Sangat Merugikan Bangsa.

Unknown said...

Pai 1C / 17201163155
2) Globalisasi adalah proses tatanan masyarakat yang akan membawa seluruh bangsa di dunia semakin terikat satu sama lain dan tidak mengenal batas wilayah.Era globalisasi memang membawa banyak keuntungan, seperti terbukanya komunikasi antar bangsa, adanya pasar internasional yang mampu meningkatkan kesempatan kerja dan devisa negara, juga kemajuan arus informasi juga ilmu pengetahuan yang pesat. Tetapi dengan adanya globalisasi tanpa batas yang tidak di filter dengan falsafah bangsa akan mampu melemahkan jatidiri bangsa, bagaimana tidak, kalau kita tidak memilah-milah dampak dari globalisasi dan terseret arusnya kita akan melupakan tradisi,budaya, dan falsafah bangsa,seperti lebih mencintai produk luar negeri,merasa keren dengan bersikap kebarat-baratan,pergaulan bebas, individualis juga konsumtif. Untuk mencegahnya kita dapat melakukan beberapa hal diantaranya menggunakan pancasila sebagai filter dalam IPTEK, Memberikan gambaran kesadaran tentang tantangan global yang dihadapi bangsa,Memiliki rasa harga diri dan kepercayaan pada diri sendiri untuk ikut serta dalam tata masyarakat com-petitive system, dan berfikir kritis juga memiliki ilmu pengetahuan yang luas untuk menghadapi globalisasi.
4) Demokrasi di Indonesia belum sepenuhnya berjalan sesuai dengan asas dan prinsip demokrasi, dengan demokrasi sepatutnya dapat menuntun bangsa Indonesia menjadi lebih baik, mampu mencapai tujuan dan cita-cita bangsa. Permasalahan demokrasi paling nampak pada proses pemilu, dalam pemilu seharusnya berasas luberjurdil tetapi kenyataannya tidak demikian, banyak penipuan dalam pemilu mulai dari kandidat yang mencalonkan menyogok masyarakat,melakukan kampanye sebelum waktu kampanye dengan visi misi yang menggiurkan , bahkan ada kaandidat yang memalsukan syarat ijazahnya demi menjadi kandidat, Dari pihak KPU/KPUD ada yang melakukan korupsi dana Pemilu atau mnyuruh kandidat membayar lebih untuk proses pemilu, dan pihak masyarakat yang senang menerima uang dari kandidat pemilu, sungguh luar biasa kotor dunia politik tanpa kita sadari untuk mencegahnya marilah kita tanamkan sikap cinta tanah air, belajar dan mengajarkan pendidikan politik yang baik dan benar, dan mengawasi bersama keamanan pemilu juga jalannya pemilu.

trianawahyu said...

NAMA:TRIANA WAHYU YOLANDA
NIM: 17201163033
Kelas: PAI 1-C

2.globalisasi adalah proses perubahan dari zaman yang tidak tau apa-apa kepada zaman yang sungguh luar biasa,zaman dimana semuanya serba elektronik dan canggih. hubungan antara globalisasi dengan perlemahan jati diri bangsa sangatlah mencolok di kehidupan bangsa. contohnya merajalelanya film-film porno yang ada di dunia maya,merajalelanya sex bebas remaja,semua itu bermula dari canggihnya teknologi yang ada. remaja,warga serta anak yang ada tidak bisa memanfaatkan dengan baik sehingga mereka terbawa oleh arus globalisasi yang salah. sehingga menjatuhkan harga diri bangsa indonesia yang awalnya bangsa indonesia mempunyai jati diri yang sangat luar buasa dan sekarang mempunyai jati diri yang sangat mengenaskan. karena warga yang mendiaminya mempunyai moral yang sangat memalukan.
4. Demokrasi sendiri mempunyai pengertian oleh rakyat dari rakyat dan untuk rakyat.dan rakyat memilih wakilnya yang berupa DPR. Namun, dapat dilihat sekarang wakil rakyat (DPR) tidak menjunjung derajat dan harga diri rakyat. Mereka lebih tajam ke atas untuk membela mati-matian yang bersalah dan tumpul ke bawah membiarkan rakyat yang benar.contohnya perusahaan yang membakar 20.000 pohon di fonis tidak bersalah,sedangkan nenek asyani mencuri 2 batang pohon vonis 1 tahun penjara. mereka lebih membela yang salah dan punya banyak uang daripada membela nenek yang hanya mengambil 2 batang pohon yang tidak ada banding nya bila dilihat dengan perusahaan yang menebang pohon 20.000.permasalahanya hukum di negara kita bisa di beli dengan uang dan DPR sebagai wakil rakyat tidak membela sama sekali rakyat yang tertindas. semua itu terdapat pada hati nurani dan iman seorang DPR,jika DPR mempunyai hati nurani dan iman tidak mungkin DPR akan menyengsarakan rakyat karena rakyatlah yang telah memilih mereka. dan jika DPR mempunyai iman pasti DPR akan melaksanakan janji-janjinya dulu sebelum di angkat menjadi DPR. pasti mereka akan takut jika mengingkari janji-janjinya dahulu. karena mereka mempunyai iman. pemecahan masalahnya dengan cara DPR yang baru di pilih di karantina yang di dalamnya di gembleng tentang agama,di cetak iman yang kuat di hati para DPR dan diberikan pengarahan bagaimana cara memimpin dan membantu rakyat.

Unknown said...

Nama : ELVIKA PUTRI NUR WAHYUNI
NIM: 17201163082
KELAS : PAI 1C

2. Menurut saya, Globalisasi memiliki dampak positif dan negatif. Globalisasi saat ini berkembang sangat pesat yang memudahkan terjadinya pertukaran kebudayaan dan kebiasaan ataupun yang lainnya antar satu negara dengan yang lain. Hal ini menyebabkan banyak dari masyarakat yang mulai mengikuti kebudayaan dan kebiasaan dari bangsa lain. Sebagai contohnya banyak remaja yang meniru gaya pakaian dari bangsa Barat yang menurut bangsa Indonesia kurang sopan dan tidak sesuai dengan jati diri dari Bangsa Indonesia. Dari aspek ekonomi, adanya globalisasi menyebabkan mudahnya perdangangan antar negara. Hal ini dapat memicu hilangnya rasa cinta produk negeri dengan di karenakan banyaknya produk-produk luar membanjiri Negeri ini, sedangkan menurut bangsa Indonesia produk luar negeri lebih berkualitas di banding produk dalam negeri dan dalam jangka waktu yang lama bukan tidak mungkin banyak produk-produk dalam negeri hilang dengan sendirinya.
Jadi secara langsung maupun tidak langsung globalisasi sangat berpengaruh terhadap melemahnya jati diri Bangsa Indonesia


4. Menurut saya, demokrasi yang ada di indonesia belum dilaksanakan dengan sepenuhnya. Salah satu unsur adanya demokrasi adalah masyarakat madani . masyarakat madani adalah masyarakat yang berpartisipasi secara aktif dalam pengambilan keputusan yang dilakukan oleh negara maupun pemerintahan. Sedangkan pada kenyataannya banyak masyaarkat di Indonesia yang memilih menjadi golongan putih di bandingkan menyumbangkan suaranya terhadap suatu ketetapan maupun pemilihan umum dalam pemerintahan. Bukan cuma rakyat, banyak para politisi yang ingin menduduki jabatan dalam pemerintah, namun dengan melaukan tindakan yang tidak sesuai dengan asas dari ,pemilu yaitu luber bdan jurdil. Contohnya, banyak para politisi yang melakukan politik uang terhadap rakyat agar masyarakat bersedia memilihnya menjadi kepala suatu daerah. Cara pemecahan permasalahannya yaitu dengan menindak hukum para politisi dan yang terlibatya dalam politik uang dengan hukuman yang setimpal. Karena, rakyat menjadi golongan putih karena adanya politik uang itu sendiri

Unknown said...

Akbar Bagus Hermawan/PAI-1C/17201163471

1. Bagaimana relevansi pendidikan kewarganegaraan dalam konteks kehidupan bangsa dan negara Indonesia saat ini?

Jawab : Pendidikan kewarganegaraan sangat memiliki peran dalam hubungan dalam menjalankan kehidupan dalam bernegara karena bisa menjadikan pegangan dalam melaksanakan kehidupan berbangsa dan bernegara, apalagi jika suatu individu mempunyai dasar pendidikan kewarganegaraan yang kuat dan juga diimbangi dengan prinsip agama atau keimanan yang sangat kuat pasti individu itu akan menjadi individu yang ideal. Jadi keseimbangan ilmu pendidikan itu sangat diperlukan. Jika individu hanya tinggi dalam ilmu pkn saja tanpa diimbangi ilmu agama yang kuat, sudah dapat dipastikan individu tersebut belum ideal. Jadi, Kehidupan berbangsa sangat terpengaruh pada pendidikan awal yaitu pendidikan kewarganegaraan, dan juga jangan lupa mengimbangi dengan ilmu agama yang ada.

2. Berikan penjelasan tentang Globalisasi, Apakah ada korelasi secara langsung antara globalisasi dengan pelemahan identitas atau jati diri bangsa Indonesia?

Jawab : Globalisasi merupakan proses mendunia jadi tidak ada lagi batas batas manusia dalam berkomunikasi walaupu melalui media elektronik (dunia maya) maupun maupun media cetak. Sebenarnya korelasi dari dampak globalisasi itu tergantung dari masyarakat lebih khususnya individu dari negara Indonesia.Bagaimana seseorang menyikapi dari globalisasi itu sendiri, apa sikap yang harus diambil itu juga harus dipikirkan matang matang.Jika setiap masyarakat atau individu dapat memfilter dengan baik dampak dampak globalisasi saya rasa identitas dan juga jati diri bangsa Indonesia tidak akan luntur. Kita sebagai manusia yang hidup pada zaman modern seperti saat ini boleh boleh saja mengikuti perkembangan zaman seperti sekarang, Tapi jangan sampai lupa akan identitas dan jati diri bangsa Indonesia. dan sebenarnya ada korelasi antara masalah jati diri dan identitas bangsa dengan globalisasi itu sendiri tapi semua itu kembali lagi pada setiap individu masing masing. Oleh karena itu, jadilah pribadi yang teguh akan pendirian, kritis, jangan labil, ambil sisi positif setiap kejadian, buang sisi negatif.

Unknown said...

Nama : Akhidzhusnatul hikmah
Kelas : PAI 1-C
NIM : 17201163182
2. Berikan penjelasan tentang Globalisasi, apakah ada korelasi secara langsung antara globalisasi dengan pelemahan identitas atau jati diri bangsa Indonesia?
Globalisasi adalah suatu proses sosial yang muncul diakibatkan dari kemajuan dan inovasi teknologi, erta pperkembangan komunikasi dan informasi. Sedangkan identitas nasional itu sendiri meliputi bahasa nasional, bendera negara, lagu kebangsaan, lambang negara, semboyan negara, dasar falsafah negara, konstitusi, bentuk negara kesatuan republik Indonesia, konsepsi wawasan nusantara, kebudayaan daerah yang telah diterima sebagai kebudayaan nasional.
Globalisasi sebagai akibat dari kemajuan zaman dapat melemahkan identitas bangsa Indonesia seperti contoh konkrit di masyarakat sekarang banyak orang yang lebih bangga jika yang dikenakannya atau barang yang mereka miliki adalah buatan dari luar negeri, selain itu anak muda sekarang juga lebih suka meniru bangsa lain baik fashion, kehidupan, bahkan kebudayaannya. Ini dikarenakan mudahnya informasi yang kita dapat. Peristiwa ini sudah sangat jelas bahwa kemajuan dari perkembangan zaman dapat melemahkan jati diri bangsa Indonesia.
Jadi globalisasi itu patut diwaspadai dan dihadapi dengan sikap arif bijaksana. Salah satu sisi negatif dari globalisasi adalah menguatnya nilai-nilai materialistis pada masyarakat Indonesia. Di sisi lain, nilai-nilai solidaritas sosial, kekeluargaan, keramahtamahan, sosial, dan rasa cinta tanah air yang pernah di anggap sebagai kekuatan pemersatu dan ciri khas bangsa Indonesia semakin memudar. Sisi negatif ini dimungkinkan karena masuknya nilai-nilai global. Inilah yang menyebabkan krisis pada jati diri bangsa.
4. Bagaimana pelaksanaan demokrasi di Indonesia, apa permasalahannya serta bagaimana upaya yang dapat dilakukan untuk pemecahan masalah tersebut?
dari segi teknis pelaksanaan demokrasi yang ada di Indonesia sudah terlakasana. Terbukti dengan pemilu tahun 1955 hingga 2014. Hanya saja tingkat golput semakin meningkat. Selain itu pelaksanaan demokrasi di Indonesia mengalami pasang surut sejalan dengan sejarah ketatanegaraan Indonesia yang berubah pula dari sejak kita merdeka pada tahun 1945 hingga sekarang.
Indonesia memang merupakan negara yang demokrasi hanya dari segi strukturnya saja , terbukti dengan adanya lembaga-lembaga politik demokrasi. Akan tetapi, demokrasi sekarang ini cenderung pada sikap kebebasan yang semakin liar, kekerasan, bentrokan fisik, konflik antar ras dan agama, brutal, ancaman bom, teror, rasa tidak aman, dan sebagainya. Ini disebabkan karena perilaku demokrasi belum tegak di masyarakat.
Upaya untuk mengatasi masalah tersebut yaitu:
a. Menguatkan struktur ekonomi yang berbasis keadilan sehingga memungkinkan terwujudnya prinsip kesederajatan warga negara.
b. Tersedianya kebutuhan-kebutuhan dasar untuk kepentingan hidup warga negara, seperti pangan, kesehatan, dan pendidikan.
c. Pemimpin yang tidak hanya bijak dan piawai dalam mengatur demokrasi tetapi adil dan jujur.
d. Pengetahuan yang luas, pendidikan, kedewasaan, sikap toleransi, dan tanggung jawab warga negara, khususnya masyarakat pemilih.
e. Tata pemerintah yang terbuka dan bertanggung jawab dalam menggunakan sumber-sumber publik secara efisien.

Unknown said...

Nama : Muhammad Adib Auliya
Nim : 17201163057

1. Bagaimana relevansi pendidikan kewarganegaraandengan dalam konteks kehidupan bangsa dan Negara saat ini?
Jawab : pendidikan kewarganegaraan adalah sebagai tonggak yang penting dalam proses kemajuan bangsa dan Negara, karena saat ini banyak kejadian yang sudah keluar dari jalur konteks kehidupan bangsa . seperti halnya tawuran antar pelajar yang marak terjadi saat ini. Kembali pada hakikat pendidikan kewarganegaraan yang mendidik dan membangun warga dan Negara agar menjadi individu yang yang berkualitas ,karena tiada halnya pendidikan kewarganegaraaan yang sifatnya menyakiti bangsa dan Negara. Dalam hal ini hubungan dalam konteks kehidupan bangsa saat ini sebagai cerminan yang harus dilihat oleh semua orang untuk merubah dan meningkatkan kualitas berbangsa dan bernegara kita.
2. berikan penjelasan tentang globalisasi,apakah ada korelasi secara langsung antar globalisasi dengan pelemahan identitas atau jatidiri bangsa ?
Jawab : globalisasi adalah zaman modern,dimana dalam zaman ini semua telah banyak mengalami kemajuan di setiap bidang meskipun tidak semua mengalami kemajuan pesat.
Jika dilihat zaman sekarang jatidiri bangsa mulai banyak mengalami pelemahan ,dapat dilihat dari kualitas bangsa yang semakin menurun meski teknologi semakin maju. Karena bangsa yang kurang bisa menyaring mana yang baik dan mana yang buruk karena zaman globalisasi semua masuk tanpa ada penyaringan .oleh karena itu kembali ditegaskan harus bisa menyaring segala sesuatu yang masuk didalam kita.

Unknown said...

Nama: M.IRFA SAFI'I
KELAS: PAI 1-C
NIM :17201163051
JAWABAN NO
1.dengan pendidikan kewarganegaraan kita bisa mempelajari dasar negara dan undang-undang sebagai dasar kita bertindak dalam kehidupan berbangsa dan bernegara dan sebagai pedoman dalam membedakan antara baik dan buruk dari segi kaca mata hukum.
2.globalisasi merupakan era dimana dunia ini semakin sempit, kita bisa melihat keragaman budaya budaya didunia dan diiringi dengan kemajuan teknologi yang sangat pesat dengan begitu bangsa indonesia bisa meniru kebudayaan bangsa lain, namun sayangnya masyarakat lebih tertarik budaya barat dari pada melestarikan budaya sendiri dan melupakan jati diri bangsa.

Unknown said...

1. Pendidikan kewarganegaraan berelevansi dalam konteks kehidupan bangsa dan Negara Indonesia saat ini. Karena dengan adanya pendidikan tersebut kita sebagai warga Negara dapat mengetahui hak & kewajiban serta larangan – larangan yang tidak diperbolehkan dalam Negara Indonesia. Sehingga diharapkan kehidupaan berbangsa dan bernegara bisa sesuai dengan pancasila dan undang – undang dasar 1945.
2. Globalisasi adalah modernisasi kehidupan di dunia. Korelasi secara langsung antara globalisasi dengan pelemahan identitas atau jati diri bangsa Indonesia adalah banyaknya masyarakat yang meniru budaya barat tanpa adanya filterasi budaya. Akibatnya banyak masyarakat Indonesia yang melupakan budaya dan juga jati diri Negara Indonesia. Kemudian juga renggangnya rasa gotong royong dan sosialisasi dengan masyarakat.

(AGUS ARJU RIDLWANI / PAI 1C / 17201163178)

Unknown said...

1.
Relevansi pendidikan kewarganegaraan dalam konteks kehidupan bangsa dan nergara saat ini sangatlah erat kaitannya. Karena Pendidikan Kewarganegaraan mengajarkan kita agar mampu berpikir kritis, rasional dan kreatif dalam menanggapi masalah kewarganegaraan yang saat ini semakin dipengaruhi oleh perkembangan zaman atapun globalisasi. Dengan adanya kemampuan seperti itu pasti kita akan mampu meningkatkan ketahanan nasional Negara Indonesia ini. Berfikir secara logis dan rasional lalu berusaha mengaplikasikannya dengan cara – cara yang kreatif bukan sekedar dengan kepala panas yang akhirnya menyebabkan pertengkaran. Selain itu, juga berpastisipasi secara aktif, berpastisipasi secara aktif disini bukan hanya sekedar berpastisipasi saja. Tetapi berpastisipasinya juga dilandasi dengan budaya demokratis Indonesia dan dilandasi dengan pedoman bangsa Indonesia (UUD 1945 dan PANCASILA). Hal ini agar menuju tujuan utama bangsa Indonesia ini yaitu untuk membentuk masyarakat yang demokratis. Lalu bertangung jawab dan bersikap cerdas sebagai masyarakat berbangsa dan Negara. Setiap kita melakukan perbuatan kita harus berfikir secara cerdas dan kita harus menerima konsekuisinya. Sebagai warga Negara harus mampu menjaga ketahanan Negara Indonesia dengan cara membela Negara dan meningkatkan Rasa cinta tanah air sebagai warga negara. Lalu kita juga harus mampu berkembang menuju kemajuan dengan hal – hal yang positif sesuai dengan budaya kita yaitu demokrasi untuk membentuk diri berdasarkan karakterdan jati diri bangsa Indonesia yang hidup bersama dengan bangsa – bangsa lainnya. Dengan adanya pendidikan kewarganegaraan juga sebagai warga Negara kita harus mampu berinteraksi dan bekerja sama dengan bangsa lainnya baik melalui dengan penukaran perkembangan informasi ilmu pengetahuan dan juga teknologi yang semakin berkembang di zaman modern ini , bahkan kegiatan ekonomi guna untuk pertumbuhan ekonomi Negara Indonesia ini.

2.
Globalisasi sangatlah cepat mempengaruhi identitas dan jati diri bangsa khususnya Bangsa Indonesia. Bahkan saat ini bangsa Indonesia mengalami pelemahan identitas atau jati diri bangsa. Contohnya saja dengan ilmu pengetahuandan teknologi yang saat ini semakin canggih. Nyatanya, saat ini budaya membaca buku sepertinya sudah semakin hilang dan luntusr. Karena saat ini para pelajar lebih suka belajar di alat – alat teknologi yang canggih. Karena memreka berfikir halini lebih praktis. Praktis disini maksudnya kita bias langsung mengcopy paste tanpa harus menulis lagi. Hal ini yang dinamakan dengan plagiat. Hal ini sangatlah berdampak negative otak kita tidak akan bisa berkembang. Zaman yang super canggih ini anak mulai masih balita sudah banyak yang dipegangi HP. Dengan alasan orang tuanya masih repot jadi tidak bisa momong ataupun supaya anak tidakketinggalan zaman. Hal ini salah karena akan banyak mudaratnya contohnya anak akan kecanduan HP, sehingga pastinya saat bersosialisasi dengan teman – temannya yang di fokuskan pasti akan HP. Dan akhirnya si anak akan tidak punya teman karena hilangnya budaya menjadi pendengar baik dan persahabatan. Selain itu, anak akan bebas membuka situs apapun yang ada di HP tersebut saat oran tua lepas. Karena, sikap keingintahuannya yang sangat tinggi. Selain itu, pola perilaku yang sudah semakin rusak. Pola perilaku dalam berpakaian contohnya Orang Indonesia khususnya remaja saat ini lebih suka memamerkan gaya kearah kebarat - baratannya yang sama sekali tidak sama dengan budaya Indonesia. Bahkan mereka merasa sangat banggsa saat menggunakan pakain tersebut. Lalu pola perilaku dalam memilih-milih makanan. Saat ini para remaja lebih suka dengan makanan yang berasal dari luar negeri dengan alasan lebih praktis dan bersih. Dan mereka menganggap itu perilaku yan keren. Tanpa berfikir bagaimana langkah-langkah membuatnya. Sehat ataupun tidak.

NAMA : ANNISA RISMA DEVI
NIM : 17201163249
KELAS : PAI 1C

Unknown said...

Nama: M.IRFA SAFI'I
KELAS: PAI 1-C
NIM :17201163051
JAWABAN NO
1.dengan pendidikan kewarganegaraan kita bisa mempelajari dasar negara dan undang-undang sebagai dasar kita bertindak dalam kehidupan berbangsa dan bernegara dan sebagai pedoman dalam membedakan antara baik dan buruk dari segi kaca mata hukum.
2.globalisasi merupakan era dimana dunia ini semakin sempit, kita bisa melihat keragaman budaya budaya didunia dan diiringi dengan kemajuan teknologi yang sangat pesat dengan begitu bangsa indonesia bisa meniru kebudayaan bangsa lain, namun sayangnya masyarakat lebih tertarik budaya barat dari pada melestarikan budaya sendiri dan melupakan jati diri bangsa.

Unknown said...
This comment has been removed by the author.
Unknown said...

Nama : Prawangga (17)
kelas : pai 1-c

1. Pendidikan kewarganegaraan dalam konteks kehidupan berbangsa dan negara yaitu memperkenalkan bangsa negara yang utuh berdaulat adil dan makmur , serta membentuk generasi - generasi muda yang mengetahui tentang nilai - nilai dan keterampilan yang diperlukn dalam melestarikan demokrasi. pendidikan pun telah dirancang dengn tujuan untuk menumbuhan pengetahuan dan kesdaran untuk merasakan kebangsaan yang sesungguhnya, sikap dan perilaku seseorng untuk menghargai bagsa ini , menjadi warga negara yg memiliki daya saing, dan berpartisipasi dalam pengembanggan niali pancasila
tetapi dalam konteks kehidupan di indonesia sangatlah lemah karna disebabkan kurang nya pendidikan dan kebutuhn dan rendahnya mutu, keterampilan, dan relevansi pendidikan yang dibutuhkan ketika peserta didik memasuki dunia kerja. misalnya seperti sarana dan prasana dalam pendidikan , ataupun tenaga pengajaran yang kurang handal bila dibandingkan dengan pengajar lain diluar negri.

4.Proses demokrasi yang dilaksanakan di Indonesia belum sepenuhnya sesuai dengan asas dan prinsip demokrasi yang seharusnya bisa menuntun Negara ini menjadi lebih baik, sehingga tujuan dan cita-cita Negara pun belum bisa didapatkan. Pemilu yang merupakan salah satu contoh paling nyata dari keberlangsungan demokrasi yang mana seharusnya berjalan dengan langsung, umum, bebas, dan rahasia. Namun, pada kenyataannya masih ada yang berjalan dengan sebaliknya. Dalam proses demokrasi ini sendiri banyak contoh yang nampak terlihat, mulai dari pihak yang mencalonkan, KPU , hingga kepada masyarakat yang memilih.
dan dalam hal ini demookrasi mempunyai masalah seperti contohnya bersikap rasis,Beberapa orang terkadang tidak sadar bahwa Negara Indonesia ini merupakan Negara majemuk, dimana golongan mayoritas kebanyakan belum bisa menghargai golongan minoritas dan bersikap seolah mereka lah yang paling baik dan pantas untuk memimpin.
ataupun.Kampanye Negatif Kebanyakan orang di Indonesia lebih memilih untuk menjelekkan orang lain untuk menunjukkan bahwa dirinya lah yang lebih baik.

dan cara menyikapi permasalahan tersebut dengan cara , Tanggap dan kritis akan suatu permasalahan misalnya Dengan penyimpangan-penyimpangan yang dilakukan oleh orang-orang di sekitar kita terutama berkaitan dengan demokrasi ini, kita sebagai mahasiswa harus tanggap dan kritis serta melakukan suatu cara untuk mengatasinya dengan berdemo ataupun berunjuk rasa dengan damai, yang fungsinya untuk mendukung dan menghimbau kepada para pejabat, calon, dan masyarakat untuk melakukan demokrasi dan politik bersih, terutama di saat-saat hamper tibanya pemilu.

Unknown said...

Nama najib khoirun niam
PAI 1 C / 17201163215
1.indonesia adalah negara yang kaya akan SDA tapi indonesia belum mampu sepenuhnya memanfaatkannya. Dalam bidang pendidikan bangsa indonesia dalam hal ini pemerintah belum mampu mengoptimalkan pendidikan secara merata. Banyak daerah di indonesia yang belum mengenyam pendidikan khususnya bagi mereka yang tinggal di suku pedalaman sehingga informasi dari pemerintah sulit untuk masuk ke suku pedalaman tersebut....
4.demokrasi di zaman sekarang lebih baik daripada demikrasi di zaman dulu. Namun, demokrasi zaman sekarang juga terdapat banyak sekali penyimpangan. Salah satunya adalah maraknya politik uang saat pemilu.
Solusi
Para aparat penegak hukum harus lebih aktif. Di samping itu peran masyarakat sangat penting karena masyarakat lebih tahu penyimpanga tersebut dibandingkan aparat hukum. Dalam hal ini masyarakat harus lapor kepada pihak yang berwajib apabila terjadi penyimpangan saat pemilu. Hukum di indonesia harus di tegakkan seadil-adilnya.

Unknown said...
This comment has been removed by the author.
Unknown said...
This comment has been removed by the author.
Unknown said...

Nama : Amaliah Ahsani
NIM : 17201163133
Kelas : PAI 1C


2. Globalisasi mempunyai pengaruh yang sangat besar terhadap kehidupan masyarakat, pengaruh tersebut ada yang positif dan ada yang negatif. Banyak masyarakat Indonesia yang terjerumus ke dalam perkembangan globalisasi, salah satu nya yaitu masyarakat banyak yang lebih memilih produk luar negeri di bandingkan produk lokal. Jadi, menurut saya,globalisasi berhubungan dengan melemahnya jati diri bangsa Indonesia.
4. Demokrasi merupakan bentuk pemerintahan yang di mana sistem pemerintahannya kedaulatan berada di tangan rakyat, kekuasaan tertinggi berada di tangan rakyat. Pelaksanaan demokrasi di Indonesia mengalami pasang surut sejalan dengan sejarah ketatanegaraan Indonesia yang berubah pula dari sejak merdeka pada tahun 1945 sampai sekarang.Sistem demokrasi yang di pakai Indonesia yaitu demokrasi pancasila, yang di dalam nya harus ada pemerintahan yang baik. Akan tetapi, di Indonesia belum terwujud pemerintahan yang baik, karena permasalahannya adalah wakil rakyatnya masih banyak yang korupsi. Upaya yang dapat dilakukan untuk memecahkan masalah tersebut adalah dengan secara tegas pemerintah hendaknya memberikan sanksi kepada para koruptor.


Rizki Ainur said...

NAMA : RIZKI AINUR ROHMAH
NIM : 17201163305
JURUSAN/KELAS : PAI/1C

1.) Menurut saya adalah suatu pembelajaran yang dapat memperkenalkan kita sebagai suatu bangsa yang utuh, berdaulat, adil, dan makmurdan dapat membentuk generasi muda yang tahu makna/arti nilai-nilai dan keterampilan yang dibutuhkan dalam suatu proses perubahan secara berangsur-angsur, mengaktualisasikan, dan melestarikan demokrasi.
2.) Globalisasi menurut saya adalah suatu proses mendunia dimana setiap orang tidak terikat oleh negara yang terjadi karena pertukaran pandangan dunia, produk, pemikiran, dan aspek-aspek kebudayaan lainnya.
Ada, yaitu munculnya gerakan sparatis, terorisme, ancaman narkoba, korupsi, kemiskinan, tawuran, sikap anarkisme yang mengancam stabilitas keamanan dalam negeri, dan rusaknya adat istiadat budaya bangsa dengan paham materialisme, hedonisme, dan individualisme. Pada globalisasi saat ini, masyarakat harus memiliki karakter yang dapat membuat dirinya mampu bersaing dengan masyarakat internasional. Karakter tersebut adalah jati diri bangsa indonesia yang berbudaya, bermartabat, dan berjiwa gotong royong bukan bangsa yang individualisme. Bangsa Indonesia harus berdaulat dibidang politik, berdikari dibidang ekonomi, dan berkepribadian dibidang kebudayaan. Bangsa Indonesia juga harus memiliki sikap tanggung jawab untuk tetap melestarikan budaya agar tidak tergerus oleh ancaman globalisasi dan modernisasi, sehingga kekayaan bangsa dapat terjamin pemeliharaan dan pelestariannya.

avanzafuads@gmail.com said...

Nama : Moh Hanif Fuad Affandi
Pai 1 -C / 17201163071

1). Menurut saya relevansi pendidikan kewarganegaraan dalam konteks kehidupan berbangsa dan bernegara di indonesia sangat mengkhawatirkan . Karena pada kini dan masa yang akan datang itu berbeda ynag disebabkan adanya era globalisasi, perubahan sosial yang tidak dapat diduga lagi, dan menyebabkan bergesernya pola kehidupan berbangsa dan bernegara.
Dan sebagai solusinya kita harus intropeksi diri dulu. lalu kita berupaya gimana agar relevansi pendidikan kewarganegaraan itu sejajar dengan kehidupan bangsa dan negara tercinta ini. Dengan cara :
1. Mengetahui potensi diri
2. Mengetahui nilai-nilai kehidupan .

Kemudian kita padukan dengan nilai-nilai kebangsaan yakni :
1. Bhinneka Tunggal Ika
2. Pancasila
3. UUD 1945
4. Keyakinan adanya kesatuan indonesia.

4). Pelaksanaan demokrasi di indonesia ini menurut saya pasang surut . yang disebabkan oleh para pemimpin yang suka hati merubah dasar-dasar hukum, yang didasari oleh adanya haus akan kepemimpinan.
Dengan adanya pasang surut demokrasi dan permasalahan diatas . Marilah kita mulai dengan niat yang baik untuk membangun demokrasi di indonesia dengan cara memperkuat 4 pilar kengsaan:
1. Pancasila
2. UUD 1945
3. NKRI
4. Bhinneka Tunggal Ika

Dengan adanya 4 pilar kebagsaan tersebut akan memperkuat pondasi demokrasi dinegara kita. Dan yang kita harapkan terciptanya suasana yang indah dan sejahtera dalam berkehidupan berbangsa dan bernegara . sekian..

avanzafuads@gmail.com said...
This comment has been removed by the author.
Reasti Adinda Putri K.A said...

Nama : Reasti Adinda Putri Kusma Andini
Kelas / NIM : PAI 1-C / 17201163035

2) Globalisasi itu adalah perubahan yang sangat berpengaruh bagi kehidupan, seperti sekarang globalisasi sangat berkembang pesat di dunia. Menurut saya globalisasi terdapat korelasi terhadap jati diri bangsa ini dikarenakan korelasi sendiri artinya adalah hubungan timbal balik, jadi globalisasi dengan melebahnya jati diri bangsa sangat korelasi contohnya dalam berkembangnya budaya barat ke Indonesia, orang Indonesia jadi sok kebarat-baratan, tapi ada sisi positifnya juga yaitu semakin pesatnya pasar industry luar yang masuk ke dalam, bahkan pasar dalam negeri bisa menembus kancah luar negri.
4) Pelaksanaan konflik demokrasi di Indonesia pada sekarang ini tarik ulur dengan pemerintah maupun masyarakatnya dikarenakan hokum Indonesia yang semakin melemah, contohnya saja orang kecil yang mencuri kayu saja bisa di fonis 5 tahun penjara, sedangkan para koruptor kelas kakap seakan-akan diberi hukuman ringan seperti hadir dalam beberapa kali persidangan saja. Seharusnya tidak ada yang namanya membeda-bedakan derajat, jika bersalah hokum saja sesuai ketuntuan yang berlaku.

yusena said...

1) Pendidikan Kewarganegaraan sangat penting dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. PKN dapat menjadi dasar kita untuk mampu dan ikut serta dalam pembangunan bangsa dan negara. Apa saja hak-hak dan kewajiban kita dalam membangun dan membantu bangsa. Dalam PKN kita akan mendapat banyak pengetahuan tidak hanya dalam hal kebangsaan saja tapi juga dalam hal nilai keagamaan, moral dan kebudayaan bangsa yang dapat kita wujudkan dalam kehidupan sehari-hari. Dengan PKN kita akan mendapat pemahaman apa itu Nasionalisme dan Patriotisme bangsa sendiri, bayangkan sebuah negara yang tidak mengenal arti patriotisme dan nasionalisme sendiri akan berapa lama bangsa itu akan berdiri. Dengan PKNkita akan tahu bagaimana memertahankan negara yaitu misal dengan jalur pendidikan maupun militer,

2) Iya, memang ada, Dengan Globalisasi kita dapat mengakses seluruh informasi dengan mudah, cepat dan murah. bisa diakses oleh siapapun tanpa adanya kesadaran diri untuk membatasi dari hal-hal negatif, kita dapat mengakses video porno, cara merampok, membunuh bahkan tentang penggunaan narkoba yang semua itu disediakan oleh globalisasi. Dampak nyata Hal negatif terhadap bangsa kita sendiri adalah Tidak cinta produk lokal sendiri, sikap individualisme terhadap kebudayaan kita yang ramah tamah dan sosial, gaya hidup kita yang condong melihat ke barat : seks bebas, narkoba, tarian tradisional kita yang terganti oleh break-dance, makanan khas kita yang tergeser oleh KFC dll, lagu tradisional kita yang jarang terdengar terganti oleh pop dll.

yusena said...

Nama : Titin Mas'udah
NIM : 17201163100
Kelas : PAI 1-c

Soal Pendidikan Kewarganegaraan

PAI 1.C Bagaimana relevansi pendidikan kewarganegaraan dalam konteks kehidupan bangsa dan Negara Indonesia saat ini? Berikan p...